Qupas Healthy

Mengapa Main HP di Mobil Bikin Pusing? Ini Lho Penyebabnya!

29 January 2020, at 08:00
Mengapa Main HP di Mobil Bikin Pusing? Ini Lho Penyebabnya!

Banyak orang mengalami sensasi pusing dan mual saat main HP di mobil atau kendaraan yang bergerak. Nggak hanya saat menggunakan gadget, membaca buku pun memiliki efek yang serupa lho!

Menjengkelkan sekali, kan? Niatnya ingin menghabiskan waktu dalam perjalanan dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan, hasilnya malah mabuk kendaraan.

Lantas, apa sih sebenarnya yang membuat seseorang mengalami pusing dan mual saat main HP di mobil? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

Main HP di Mobil (Foto: rawpixel.com)
rawpixel.com

Menurut Medical News Today, pada umumnya merasa mual di dalam kendaraan disebut sebagai mabuk kendaraan atau motion sickness. Hal tersebut biasanya ditandai dengan rasa pusing, mual, muntah, dan lemas.

Baca juga: Hindari Minum Obat, Inilah 4 Minuman Alami Untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Sementara itu, mual yang terjadi karena bermain gadget atau membaca buku di dalam mobil yang bergerak disebut dengan istilah digital motion sickness. Kondisi tersebut terjadi akibat adanya ketidakcocokan antara input sensorik di dalam otak.

Saat bermain HP di dalam mobil yang bergerak, keseimbangan akan terpengaruh karena tubuh menerima banyak input.

Penyebab Mabuk Kendaraan (Foto: helpinghandinc.com)
helpinghandinc.com

Dilansir dari Scientific America, seorang profesor neurologi dan otolaringolagi dari Northwestern University Medical School mengatakan bahwa otak menerima input dari berbagai sumber seperti penglihatan, sentuhan, posisi persendian, dan pendengaran.

Apabila input yang diterima oleh otak berlawanan atau nggak cocok, maka akan muncul konflik yang membuatmu mual, pusing, bahkan muntah.

Jadi, apa yang membedakan mabuk perjalanan biasa dengan mabuk perjalanan akibat main HP atau membaca?

Mabuk Kendaraan (Foto: healthreflect.com)
healthreflect.com

Pada mabuk perjalanan biasa, sistem tubuh mengalami ketidakcocokan karena gerakan di otot dan persendian serta suara yang didengar, namun bukan sesuatu yang dilihat.

Sedangkan mabuk karena main gadget atau membaca di dalam mobil diistilahkan sebagai mabuk kendaraan karena visual. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami cedera sensorik apabila ada hal-hal yang nggak cocok antara apa yang kamu lihat dan anggota tubuh lain rasakan.

Nah, sekarang sudah paham kan Sobat Qupas? Maka dari itu, sebaiknya kamu nggak bermain gadget atau membaca buku di dalam mobil yang bergerak agar nggak mual ya!