Qupas Family

Mengapa Usia Minimal Anak Masuk SD Harus 7 Tahun? Ini Lho Alasannya

11 January 2020, at 08:00
1
Mengapa Usia Minimal Anak Masuk SD Harus 7 Tahun? Ini Lho Alasannya

Tahun ajaran baru memang masih beberapa bulan lagi, namun beberapa sekolah sudah mulai membuka pendaftarannya. Begitu pula dengan para orang tua, mungkin sebagian sudah mulai memilih sekolah yang tepat dan mempersiapkan buah hatinya.

Akan tetapi, ada lebih banyak hal yang harus diperhatikan sebelum anak masuk sekolah dasar lho. Itulah mengapa pemerintah menetapkan usia minimal 7 tahun sebagai salah satu persyaratan masuk SD.

usia minimal anak sd
shutterstock.com

Dilansir dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, pada usia 5 sampai 6 tahun, anak-anak masih dalam tahap pengembangan keterampilan sosial dan motorik. Sedangkan untuk belajar di kelas 1 SD, mereka harus bisa fokus mengikuti pelajaran dalam waktu yang cukup lama dan ruang terbatas.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa alasan mengapa usia minimal anak masuk SD harus 7 tahun. Orang tua wajib paham ya!

1. Aspek Fisik

usia masuk sd

Usia 7 tahun dinggap paling ideal secara fisik untuk anak mulai masuk sekolah dasar. Pada masa tersebut, buah hati sudah bisa diam di kelas sampai siang, memiliki kemampuan motorik yang cukup baik, dan otot serta sarafnya pun sudah terbentuk.

Hal tersebut membuat anak akan lebih mudah dalam hal memegang pensil, misalnya, yang terkadang cukup baik dilakukan oleh anak usia 6 tahun.

2. Aspek Psikologis

syarat masuk sd
cochranetoday.ca

Selain aspek fisik, usia anak masuk SD minimal harus 7 tahun juga dipengaruhi oleh aspek psikologis. Disebutkan dalam teori perkembangan, anak mulai bisa berkonsentrasi dengan baik pada usia di atas 6 tahun. Kemampuan tersebut akan meningkat sejalan dengan bertambahnya umur si kecil.

Anak yang masuk SD terlalu dini sebelum usia 7 tahun akan mengalami kesulitan dalam hal berkonsentrasi dan memahami materi karena sebenarnya masih perlu banyak bermain dan mengembangkan keterampilan geraknya.

Baca juga: Catat! 6 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar untuk Anak

3. Aspek Kognitif

anak membaca
dailymail.co.uk

Saat masuk SD, anak diharapkan mampu membaca, menulis, dan berhitung sederhana. Nggak hanya itu, si kecil juga diharapkan bisa mengikuti instruksi serta paham dan bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Apabila si kecil masuk SD terlalu dini, bisa jadi aspek kognitifnya masih di bawah teman-teman sekelasnya. Selain membuatnya tertinggal, hal tersebut juga akan membuat mentalnya terbebani.

5. Aspek Emosi

usia minimal masuk sd
theodysseyonline.com

Apabila secara akadamik anak sudah cukup matang, bukan berarti secara emosi dan kemandirian si kecil sudah siap.

Padahal, di sekolah dasar anak-anak sudah nggak lagi mendapatkan perhatian lebih seperti saat di TK. Buah hati dituntut untuk menjadi lebih mandiri dan berani lho.

Meskipun ingin si kecil mendapatkan pendidikan terbaik sedini mungkin, namun beberapa aspek di atas tetap harus menjadi pertimbangan sebelum memasukkan anak ke sekolah dasar ya Sobat Qupas.