Qupas Healthy

Mengejutkan! Penelitian Menunjukkan Hand Sanitizer Lebih Efektif daripada Sabun Cuci Tangan

25 October 2019, at 03:00
1
Mengejutkan! Penelitian Menunjukkan Hand Sanitizer Lebih Efektif daripada Sabun Cuci Tangan

Menjaga kebersihan tangan biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu mencuci tangan menggunakan sabun dan membilasnya dengan air atau menggunakan hand sanitizer.

Beberapa orang menganggap bahwa mencuci tangan menggunakan sabun dan air merupakan cara yang paling tepat dan lebih efektif ketimbang menggunakan hand sanitizer. Pasalnya, sanitizer dianggap nggak mampu membunuh kuman dengan maksimal.

Nyatanya, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa mencuci tangan dengan hand sanitizer lebih efektif untuk mencegah penyakit lho. Mengejutkan bukan?

mencuci tangan
lifeglint.com

Studi tersebut meneliti hubungan cara anak-anak membersihkan tangan dengan kesehatan mereka. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang membersihkan tangan dengan hand sanitizer lebih sedikit mengalami infeksi pernapasan ketimbang yang menggunakan sabun serta air.

Anak-anak yang membersihkan tangan dengan cara tersebut juga diketahui lebih sedikit nggak masuk sekolah karena sakit dari 911 anak berusia 3 tahun yang ada di pusat penitipan anak Almeria, Spanyol.

Baca Juga: Jangan Asal Dicuci, Salah Membersihkan Luka Bisa Berbahaya Lho!

Selama delapan bulan penelitian, anak-anak yang mencuci tangan dengan hand sanitizer hanya absen sebanyak 3,25 persen hari. Sedangan mereka yang mencuci tangan dengan sabun absen sebanyak 3,9 persen hari.

hand sanitizer
brigitte.de

Penelitian ini juga menemukan bahwa anak-anak yang mencuci tangan dengan air dan sabun memiliki risiko sebanyak 21 persen lebih tinggi untuk terkena infeksi saluran pernapasan.

Selain itu, mereka juga memiliki kemungkinan 31 persen lebih banyak untuk diberikan obat antibiotik karena masalah kesehatan yang dialami.

Hal tersebut membuat para peneliti menyimpulkan bahwa membersihkan tangan dengan hand sanitizer sama baiknya dengan menggunakan antibiotik.

menggunakan hand sanitizer
baptisthealth.net

Kemungkinan besar, hal tersebut juga disebabkan karena anak-anak yang mencuci tangan dengan sabun dan air nggak melakukannya dengan benar.

Jadi Sobat Qupas, menurut badan pencegahan dan pengendalian penyakit Amerika Serikat, mencuci tangan yang baik seharusnya dilakukan selama 20 detik dengan menggosok punggung tangan, sela-sela jari, hingga bawah kuku.

Apabila hal tersebut nggak dilakukan dengan benar, maka hand sanitizer bisa menjadi pilihan dan lebih efektif untuk anak-anak.

25 Oct 2019 08:09