Qupas Healthy

Mengenal 5 Emosi Negatif yang Dapat Berdampak Buruk untuk Kesehatan Tubuh

11 February 2020, at 08:00
Mengenal 5 Emosi Negatif yang Dapat Berdampak Buruk untuk Kesehatan Tubuh

Manusia memiliki cukup banyak jenis emosi. Masing-masing memiliki peranan penting dan berpengaruh dalam hal berpikir, berperilaku, pengambilan keputusan, memahami diri sendiri maupun orang lain.

Selain kebahagiaan, manusia juga memiliki beberapa emosi negatif yang apabila nggak ditangani dengan baik dapat berdampak buruk untuk kesehatan apabila diekspresikan dengan cara yang salah dan berlebihan. Apa saja ya?

1. Amarah

Marah (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Setiap orang pasti pernah merasakan emosi yang satu ini. Pada dasarnya, amarah dibutuhkan untuk melindungi diri dan merespon ancaman. Biasanya, hal ini ditandai dengan nada suara yang tinggi dan perilaku agresif.

Amarah dapat memberikan dampak buruk bagi seseorang apabila nggak dikendalikan, dibiarkan berlebihan, dan diekspresikan dengan cara yang berbahaya. Kondisi tersebut justru akan membuatmu sulit untuk mengambil keputusan dan meningkatkan hormon stres dalam tubuh.

Di sisi lain, amarah sebenarnya dapat memotivasi seseorang untuk mengambil tindakan dan mencari solusi terhadap hal yang mengganggu apabila dilakukan dengan lebih tenang dan nggak berlebihan.

2. Cemburu

Cemburu (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Kecemburuan merupakan jenis emosi yang cukup rumit. Pasalnya, kondisi ini sebanarnya menunjukkan bahwa secara nggak langsung kamu mengakui suatu kekurangan yang ada dalam dirimu.

Apabila diekspresikan dengan cara yang kurang tepat, hal ini akan memunculkan kebencian terhadap orang lain. Maka dari itu, cobalah untuk mengubah emosi negatif kebencian menjadi sesuatu yang positif dengan melakukan evaluasi diri dan meningkatkan kukurangan yang ada.

3. Takut

Takut (Foto: anxiety.org)
anxiety.org

Takut merupakan salah satu jenis emosi negatif yang ditandai dengan waspadanya pikiran, detak jatung yang lebih cepat, dan otot yang menegang.

Apabila nggak dikendalikan, rasa takut akan membuat seseorang terkurung dan nggak berkembang. Akan tetepi, emosi tersebut juga dapat membuatnya mempertahankan diri, mencari solusi dan menjadi lebih berani untuk menghadapi kondisi yang sama apabila dikelola dengan baik.

Baca juga: Begini Caranya Stres Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Baik

4. Malu

Malu (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Meskipun kelihatannya sepele, namun rasa malu yang muncul akibat kepercayaan diri yang rendah bisa berdampak sangat buruk kepada tubuh lho.

Selain dapat menyebabkan tekanan yang menimbulkan produksi hormon stres, seseorang yang memelihara rasa malu karena memiliki kepercayaan diri yang rendah juga berpotensi melakukan bunuh diri.

5. Rasa Bersalah

Rasa Bersalah (Foto: psychologytoday.com)
psychologytoday.com

Mengakui kesalahan memang merupakan hal yang positif dan diperlukan. Akan tetapi, rasa bersalah yang berlebihan dapat bersifat destruktif atau merusak.

Emosi negatif yang satu ini dapat sangat mengganggu dan dapat membahayakan hidup seseorang. Berlarut-larut menyalahkan diri sendiri, merasa terkutuk dan berdosa akan membuat seseorang tertekan.

Lebih baik, lepaskan emosi negatif tersebut dengan meminta maaf dan instropeksi diri. Percayalah, setiap orang berhak bahagia.

Baca juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Depresi dan Jadi Bahagia

Sama halnya dengan emosi positif, emosi negatif juga merupakan sesuatu yang wajar untuk dirasakan. Akan tetapi, Sobat Qupas perlu mengelolanya dengan lebih bijaksana karena dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila diekspresikan dengan cara yang kurang tepat.