Qupas Healthy

Mengenal 5 Gejala Kanker Ginjal Seperti yang Dialami Vidi Aldiano, Nggak Boleh Disepelekan!

16 December 2019, at 03:00
2
Mengenal 5 Gejala Kanker Ginjal Seperti yang Dialami Vidi Aldiano, Nggak Boleh Disepelekan!

Baru-baru ini, penyanyi tampan Vidi Aldiano memberikan kabar yang cukup mengejutkan terutama bagi para penggemarnya. Pelantun "Nuansa Bening" tersebut menyatakan bahwa ia telah terkena kanker ginjal dan harus menjalani serangkaian prosedur pengobatan di Singapura.

Vidi menuturkan bahwa pada awalnya, ia didiagnosis mengidap kista. Namun, kemudian penyanyi ini divonis menderita kanker ginjal stadium 3 sehingga harus melakukan operasi pengangkatan beberapa hari yang lalu.

vidi aldiano
instagram.com/vidialdiano

Ginjal sendiri merupakan salah satu organ penting yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dalam darah yang dibuang dalam urin. Selain itu, organ ini juga berperan dalam memproduksi hormon renin, mengendalikan tekanan darah, dan hormon erythropoietin.

Penderita kanker ginjal stadium awal biasanya nggak merasakan gejala tertentu. Namun, berikut ini beberapa gejala kanker ginjal yang perlu kamu ketahui dan waspadai sejak dini.

1. Urine Berdarah

urine berdarah
shutterstock.com

Salah satu gejala kanker ginjal adalah adanya darah dalam urine. Warna darah yang dikeluarkan dapat terlihat segar atau bahkan sangat gelap.

Apabila gejala ini sudah muncul, sebaiknya kamu nggak menyepelekannya ya. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa kanker ginjal sudah nggak lagi pada stadium dini.

2. Penurunan Berat Badan

penurunan berat badan
hellosehat.com

Organ yang satu ini memiliki peranan penting dalam proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Adanya kanker di ginjal bisanya akan menyebabkan penurunan berat badan yang cukup signifikan.

Pasalnya, hal tersebut akan berdampak pada proses penyerapan nutrisi dan membuat penderuta mengalami kehilangan nafsu makan.

3. Merasa Letih dan Lesu

kelelahan
shutterstock.com

Ada banyak masalah kesehatan yang ditandai dengan rasa lelah, letih, dan lesu yang berlebihan tanpa penyebab yang jelas. Kondisi tersebut juga menjadi salah satu gejala kanker ginjal lho.

Biasanya penderita akan merasa kelelahan terus-menerus. Apabila hal ini sudah dibarengi dengan nyeri punggung dan kencing darah, sebaiknya segera periksa ke dokter ya!

Baca Juga: Waspada, Inilah 8 Penyebab Sakit Pinggang yang Jarang Kamu Sadari

4. Sakit Punggung

sakit punggung
bigstockphoto.com

Gejala kanker ginjal lainnya adalah rasa sakit di punggung, seolah ada sesuatu yang menekan. Tanda ini akan muncul saat massa tumor sudah membesar dan menekan jaringan lainnya di sekitar ginjal.

Kebanyakan kanker ginjal baru bisa dideteksi setelah penderita menjalani CT scan maupun MRI karena masalah ini.

5. Bermasalah dengan Darah

gejala kanker ginjal
instagram.com/vidialdiano

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi sebagai penyaring darah. Maka dari itu, nggak heran kalau salah satu gejala kanker ginjal adalah adanya masalah dengan darah.

Masalah kesehatan seperti anemia, ketidakseimbangan kalsium, dan lain sebagainya bisa menjadi gejala awalnya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa gejala kanker ginjal yang perlu kamu waspadai. Yuk mulai terapkan pola hidup sehat untuk mengurangi risikonya!