Qupas Healthy

Mengenal 6 Jenis Kanker Paling Mematikan di Indonesia yang Perlu Diwaspadai

04 February 2020, at 08:00
Mengenal 6 Jenis Kanker Paling Mematikan di Indonesia yang Perlu Diwaspadai

Tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong pencegahan, deteksi, serta pengobatan terhadap masalah kesehatan tersebut.

Pasalnya, menurut World Cancer Day, terdapat sekitar 9,6 juta orang meninggal karena kanker. Para ahli memprediksi jumlah tersebut akan terus meningkat apabila masyarakat nggak melakukan tindakan apapun sebagai pencegahan.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini 6 jenis kanker paling mematikan di Indonesia yang perlu diwaspadai (diurutkan dari yang kasus kematiannya lebih rendah).

1. Kanker Prostat

Kanker Prostat (Foto: alamy.com)
alamy.com

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang sabaiknya diwaspadai oleh laki-laki. Menjadi salah satu yang paling mematikan, penyakit ini biasanya ditemukan pada laki-laki yang berusia 65 tahun ke atas.

Dilansir dari American Cancer Society, laki-laki yang mengonsumsi banyak daging merah dan prosuk susu tinggi lemak lebih berisiko terkena kanker prostat. Untuk mencegahnya, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan konsumsi buah serta sayur ya!

Menurut WHO, angka kematian yang disebabkan oleh kanker prostat di Indonesia tahun 2014 mencapai 9.174 orang.

2. Kanker Serviks

Kanker Serviks (Foto: healthywomen.org)
healthywomen.org

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang umum terjadi pada perempuan. Penyakit mematikan ini disebabkan oleh virus Human Papillomavirus.

Maka dari itu, sangat penting bagi perempuan untuk melakukan tes pap smear yang dapat mendeteksi perubahan pada sel leher rahim sebelum menjadi kanker secara teratur.

Menurut WHO, angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks di Indonesia tahun 2014 mencapai 9.491 orang.

3. Kanker Hati

Kanker Hati (Foto: dreamstime.com)
dreamstime.com

Jenis kanker paling mematikan selanjutnya kanker hati. Masalah kesehatan ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari cacat lahir, penyalahgunaan alkohol, infeksi kronis penyakit hepatitis B dan C, hemochromatosis, serta sirosis.

Tumor stadium awal dapat diangkat dengan pembedahan sehingga pasien memiliki kesempatan untuk hidup lebih lama. Sayangnya, kanker hati biasanya nggak bisa dioperasi saat dideteksi karena kondisi organ yang lemah atau kankernya yang terlalu ganas.

Menurut WHO, angka kematian yang disebabkan oleh kanker hati di Indonesia tahun 2014 mencapai 12.681 orang.

Baca juga: Nggak Ada Alasan Untuk Menolak Berhenti Merokok, 8 Makanan ini Bisa Membantumu!

4. Kanker Usus

​​​​​​​Kanker Usus (Foto: healthination.com)
healthination.com

Seiring dengan bertambahnya usia, risiko kenkar usus menjadi semakin besar. Selain itu, risiko penyakit mematikan yang satu ini juga akan bertambah apabila kamu mengonsumsi alkohol, merokok, dan mengalami obesitas.

Menurut WHO, angka kematian yang disebabkan oleh kanker usus di Indonesia tahun 2014 mencapai 18.389 orang.

5. Kanker Payudara

Kanker Payudara (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Kanker payudara paling umum dialami oleh perempuan. Meskipun demikian, laki-laki ternyata juga bisa mengalaminya lho!

Risiko akan semakin tinggi apabila kamu memiliki bibit bawaan, mengalami perubahan gen tertentu, mengonsumsi alkohol, berat badan berlebih, mengalami menstruasi pertama sebelum usia 11 tahun, terlambat menopause, belum pernah atau sedang hamil pertama di atas usia 35 tahun, dan terkena radiasi.

Menurut WHO, angka kematian yang disebabkan oleh kanker payudara di Indonesia tahun 2014 mencapai 19.731 orang.

6. Kanker Paru-paru

Kanker Paru-paru (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Kanker Paru-Paru menjadi kanker pembunuh dengan angka kematian paling tinggi diantara yang lainnya. Dapat menyerang siapa saja, penyakit ini lebih banyak dialami oleh laki-laki.

Kebiasaan merokok menjadi penyebab terbesar dari kasus ini, yaitu sekitar 85 persen. Selain perokok aktif, perokok pasif pun memiliki risiko untuk mengalami kanker paru-paru lho.

Menurut WHO, angka kematian yang disebabkan oleh kanker usus di Indonesia tahun 2014 mencapai 30.866 orang.

Baca juga: Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara Loh, Berikut 5 Gejalanya!

Nah, itu dia Sobat Qupas 6 jenis kanker yang paling banyak memakan korban di Indonesia. Yuk tingkatkan kesadaran untuk mencegah dan mendeteksinya lebih dini!