Mengenal 8 Kuliner Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Legit

28 June 2019, at 13:00
0
0
Mengenal 8 Kuliner Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Legit

Kalau sobat Qupas berkunjung ke Makassar, pasti akan menemukan berbagai macam makanan yang memiliki bahan dasar pisang atau pembungkus makanan daun pisang.

Seperti delapan kuliner khas Makassar berikut ini. Entah itu camilan sampai minuman, semua bisa kamu coba sesampainya di salah satu kota di Sulawesi Selatan tersebut.

1. Sanggara’ Balanda

sanggara balanda makassar
hesti-myworkofart.blogspot.com

Makanan khas Makassar yang satu ini menyematkan kata Sanggara’ yang berarti olahan pisang goreng. Jenis pisang yang diolah adalah pisang raja atau pun pisang tanduk yang sudah matang sempurna.

Pisang dibelah tengahnya dan digoreng, kemudian diberi campuran kacang tanah sangrai, karamel, dan gula aren. Pas banget nih buat camilan di waktu sore hari.

2. Bandang-bandang

bandang bandang
instagram.com/jennynovembria

Kue tradisional khas Bugis-Makassar ini juga berbahan dasar pisang. Termasuk dalam kue basah yang juga disebut dengan nagasari ini.

Kuliner ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula pasir. Semuanya diaduk hingga mengental, lalu ditaruh di sebuah daun pisang sebagai pembungkus. Nggak lupa pisang rebus yang sudah diiris sebagai isian kue.

3. Barongko

barongko makassar
instagram.com/_dewiarief

Camilan khas Bugis-Makassar berbahan dasar pisang yang legit ini adalah Barongko. Cara membuatnya pun cukup mudah lho, yaitu dengan menghaluskan pisang matang.

Setelah itu, masukkan telur, santan, dan gula pasir. Bungkus adonan dengan daun pisang, kemudian kukus.

4. Kambeng Kambeng Pisang

kambeng kambeng pisang
momylicious.com

Masih dengan olahan pisang yang enak digoreng dengan tepung. Di Makassar, kamu bisa temukan pisang goreng potongan dadu yang gurih dan renyah.

Biasanya disuguhkan saat jamuan minum teh yang menyegarkan di pagi hari.

Baca juga : 4 Kreasi Sate Pisang Nugget dengan Bahan Ekonomis, Rasanya Juara!

5. Pallu Butung

pallu butung makassar
instagram.com/hanhanny

Bukan hanya makanan saja lho yang dibuat dari pisang, tapi juga ada minuman menyegarkan dengan sajian irisan pisang yang manis. Pallu Butung namanya.

Sajiannya lengkap dengan bubur sumsum dan sirup merah. Menariknya, pallu butung tetap enak disantap walau tanpa es batu lho. Cobain gih!

6. Jadde' Utti

jadde utti
resephariini.com

Jadde’ memiliki arti olahan singkong dan Utti memiliki arti pisang. Jelas saja, bahan untuk membuat camilan khas Nusantara ini berasal dari keduanya.

Menariknya lagi, pisang yang dibungkus dengan adonan singkong memiliki warna cerah. Ditambah lagi dengan taburan kelapa parut yang gurih.

7. Pisang Epe

pisang epe
instagram.com/yulia_tokarmo

Berbeda dengan menu olahan lainnya, pisang epe ini dimasak dengan cara dibakar.

Spesialnya lagi, kuliner ini disajikan dengan saus gula aren yang manisnya khas. Kamu pun juga bisa membuatnya dengan aneka topping buah-buahan seperti durian.

8. Brownies Pisang

brownies pisang
instagram.com/rikhatiwi

Buat kamu yang mencari oleh-oleh khas Makassar, bisa nih membawa pulang brownies pisang sebagai buah tangan.

Teksturnya yang padat tapi lembut saat disantap, bisa bikin kamu ketagihan banget deh. Harganya pun cukup terjangkau sekitar Rp30.000,00 saja.

Itulah delapan kuliner khas Makassar dengan bahan dasar pisang yang nggak boleh kamu lewatkan sesampainya di sana.

0 Comment