Mengenal 8 Lokasi Syuting 'Memories of the Alhambra', Ternyata Ada Pusat Peradaban Islam Lho!

17 January 2019, pada 06:00
1
0
Mengenal 8 Lokasi Syuting 'Memories of the Alhambra', Ternyata Ada Pusat Peradaban Islam Lho!

Penggemar drama korea pasti sudah nggak asing dengan "Memories of the Alhambra". Yap! Serial yang diperankan oleh Park Shin-hye dan Hyun Bin ini memang masih menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Selain jalan cerita yang menarik dan membuat setiap penontonnya, ternyata ada satu hal yang jadi sorotan. Sebut saja lokasi syutingnya.

Seperti diketahui, lokasi pengambilan gambar "Memories of the Alhambra" bukan hanya ada di Korea Selatan saja. Tapi juga terdapat di Spanyol.

Nah, salah satu wilayah yang cukup banyak mendapat sorotan adalah Granada. Sebab di sini bukan hanya wilayahnya saja yang indah. Ternyata nilai sejarah pun ada di tempat ini, terutama tentang peradaban Islam.

Penasaran dengan beberapa lokasi syuting "Memories of the Alhambra" yang begitu ikonik dan punya niali sejarah? Yuk langsung simak ulasan Qupas yang dirangkum dari koreandramaland.com di bawah ini!

1. Alhambra

alhambra memories of the alhambra
instagram.com/tvndrama.official

Sesuai dengan judul, lokasi syuting drama korea terbaru ini ada di kastil yang sudah tersohor namanya. Alhambra, lokasi cantik yang ternyata juga merupakan simbol kejayaan Islam di Spanyol.

Nama Alhambra sendiri diambil karena istana ini banyak dihiasi ubin dan bata berwarna merah. Penghias dinding yang kemerahan dengan keramik bernuansa seni Islami pun menghiasi bangunan ini.

Istana ini juga dilengkapi dengan taman dan bunga. Uniknya lagi, pada bagian luar dan dalam istana ditopang pilar sebagai penyangga sekaligus penghias bangunan.

Dinding luar dan dalam istana pun banyak dihiasi kaligrafi dan ukiran khas yang cantik.

Lokasi: Granada, Spanyol 

2. Alcazaba Restaurant

alcazaba memories of the alhambra
koreandramaland.com

Tepat di episode 3, terdapat adegan ketika Yoo Jin-wo (Hyun Bin) bertemu seseorang untuk mendapat senjata baru. Tempatnya sendiri bernama Alcazaba Cafetaria.

Ternyata di kehidupan nyata, bangunan kosong yang terletak di Kota Tua ibukota Ljubljana, Slovenia dan dekat dengan Jembatan Cobblers.

Lokasi: Ljubljana, Slovenia

3. San Miguel Alto Shrine

san miguel alto shrine memories of the alhambra
koreandramaland.com

Terlihat di episode 2 dalam "Memories of the Alhambra", San Miguel Alto Shrine ini didirikan pada 1671 dan sekarang ditutup.

Tempat ini merupakan titik tertinggi di Distrik Albaicin Granada. Dari sini, pemandangan kota yang cantik bisa disaksikan.

Area ini sendiri merupakan pertapaan yang didedikasikan untuk malaikat utama San Miguel. Mungkin nggak berkaitan langsung dengan peradaban Islam.

Tapi seperti dijelaskan sebelumnya, Granada adalah wilayah yang merupakan kerajaan terakhir Islam di Spanyol.

Lokasi: Granada, Spanyol

4. Gavà Railway Station

gava railway station memories of the alhambra
koreandramaland.com

Lokasi syuting "Memories of the Alhambra" selanjutnya ada di Gavà Railway Station, stasiun untuk kereta komuter di Catalonia. Dalam drama korea tersebut, nama yang muncul adalah stasiun "Granada" (episode 1-2)

Gavà Railway Station sendiri terletak di kota kecil bernama Gavà yang lokasinya di selatan Barcelona, Spanyol. Tempat ini memang nggak secara langsung berkaitan dengan peradapan Islam.

Tapi tetap saja dengan menyinggung nama 'Granada', seolah ikut mengingatkan umat Muslim tentang sejarah peradapan Islam.

Lokasi: Barcelona, Spanyol

Baca juga: Nggak Cuma Kate Middleton, Kamu Juga Bisa Tinggal di Kastil ala Putri Raja

5. Hostel Bonita

hostel bonita memories of the alhambra
koreandramaland.com

Dalam drama, bangunan ini muncul dengan nama Hostel Bonita yang dijalankan oleh Jung Hee-joo (Park Shin-hye) di "Memories of the Alhambra".

Tapi dalam kehidupan nyata, bangunan ini merupakan rumah di kawasan tua (Barri Vell), Girona, Spanyol. Letaknya sendiri di area komunitas otonom Spanyol Catalonia.

Lokasi: Girona, Spanyol

6. La Terra

la terra memories of the alhambra
koreandramaland.com

Tepat di episode 1, Yoo Jin-woo (Hyun Bin) perlu mendapatkan senjatanya di toilet restoran ini untuk menguji permainan AR yang diserahkan oleh anonim kepadanya.

La Terra sendiri ternyata merupakan bar restoran yang terletak di kawasan tua (Barri Vell), Girona, Spanyol. Lokasinya pun dekat dengan estimasi waktu sekira enam menit jalan kaki dari 'Hostel Bonita'.

Lokasi: Girona, Spanyol

7. Hercules Fountain

hercules fountain memories of the alhambra
koreandramaland.com

Muncul di episode 1 juga, lokasi ini bernama Hercules Fountain. Tempat ini merupakan air mancur di pinggiran Kota Tua Ljubljana, Slovenia.

Memang letaknya bukan di Granada seperti yang dijelaskan di "Memories of the Alhambra". Kendati demikian, lagi-lagi drama korea romantis ini mengingatkan tentang peradapan Islam lagi.

Lokasi: Ljubljana, Slovenia

8. Calle Calderería Nueva

calle calderería nueva memories of the alhambra
koreandramaland.com

Awal episode 3 dari serial Korea Selatan "Memories of the Alhambra" tampak Yoo Jin-woo (Hyun-Bin) bergegas melalui jalanan sempit ini.

Nama area ini sendiri adalah Calle Calderería Nueva, jalan sempit yang terletak di Distrik Albaicín, Granada. Area ini terkenal dengan kedai teh serta toko suvenir yang menjual perhiasan, tembikar, pakaian dan lainnya.

Diketahui, Granada merupakan kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Spanyol. Lokasinya pun masih cukup dekat dengan bangunan ikonik, yakni Istana Alhambra.

Lokasi: Granada, Spanyol

Itulah deretan lokasi syuting "Memories of the Alhambra" yang ternyata beberapa di antaranya berpengaruh pada peradaban Islam.

Gimana, tertarik untuk mampir ke beberapa tempat wisata ikonik seperti yang sudah Qupas Travel jelaskan di atas? Nabung dulu, yuk!

Jangan lupa juga untuk selalu update informasi dari Qupas dengan download aplikasinya Google Playstore atau Apple App Store, ya!

0 Komentar