Qupas Healthy

Mengenal Amfetamin, Jenis Narkotika yang Dikonsumsi Medina Zein

31 December 2019, at 04:00
Mengenal Amfetamin, Jenis Narkotika yang Dikonsumsi Medina Zein

Nama Media Zein tengah ramai diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia karena keterlibatannya dengan kasus narkoba Ibra Azari yang merupakan kakak iparnya.

Pengusaha muda ini dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis amfetamin setelah melakukan tes urin. Beberapa orang lantas mengaitkan hal tersebut dengan kondisi kesehatan mental Medina yang menderita bipolar II.

Jadi, apa sih sebenarnya amfetamin itu? Benarkah merupakan obat bipolar? Berikut ini beberapa hal tentang amfetamin yang perlu kamu ketahui.

1. Apa Itu Amfetamin?

amfetamin
medicalnewstoday.com

Amfetamin adalah stimulan sistem saraf pusat yang sering digunakan untuk mengobati penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), narkolepsi (gangguan tidur akibat gangguan saraf), penyakit parkinson, dan obesitas.

Hal tersebut karena amfetamin mampu mengaktifkan reseptor pada otak dan meningkatkan produksi dopamin sehingga menciptakan kebahagiaan dan meningkatkan konsentrasi serta energi.

2. Benarkah Amfetamin Bisa Menjadi Obat Bipolar?

bipolar
123rf.com

Ada berbagai tanggapan yang berbeda mengenai hal ini. Beberapa orang menyebut bahwa amfetamin nggak seharusnya dikonsumsi oleh penderita bipolar, sedangkan lainnya menyatakan bahwa hal tersebut bisa saja terjadi dengan resep dokter.

Menurut dr. Hari Nugroho yang merupakan Pakar Adiksi dan Peneliti Obat-obatan Terlarang dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, prevalensi penggunaan amfetamin pada penderita bipolar II dan depresi cukup tinggi.

Psikiater dari RSJ Marzoeki Mahdi, dr. Lahargo Kembaren, SpKJ., menegaskan bahwa penggunaan amfetamin nggak seharusnya menjadi obat bipolar. Pasalnya, zat tersebut bersifat psikostimulan yang dapat menyebabkan munculnya episode pada penderita.

Baca juga: Cara Sederhana Jaga Stamina Tanpa Perlu Pakai Narkoba

3. Bolehkah Mengonsumsi Amfetamin?

minum obat
depositphotos.com

Meskipun secara farmakologi amfetamin digolongkan sebagai psikotropika, namun banyak turunan dari obat jenis stimulan tersebut khususnya metafetamina yang kemudian disalahgunakan. Hal tersebut kemudian menjadikan amfetamin digolongkan dalam narkotika dan ilegal di Indonesia.

Bagi penderita depresi maupun bipolar, apabila amfetamin harus dikonsumsi sesuai arahan dokter. Dosis yang nggak tepat dapat menjadikannya recreational drugs.

4. Efek Samping Amfetamin

efek samping amfetamin
healthyindians.co.in

Mengonsumsi amfetamin secara ilegal dapat menimbulkan efek samping yang merugikan. Pasalnya, obat ini bersifat stimulan sehingga menyebabkan kecanduan.

Gangguan fisik yang bisa terjadi yaitu gangguan jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke, Amfetamin juga nggak baik untuk mental apabila dikonsumsi nggak sesuai dosis.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang amfetamin yang perlu kamu katahui.