Qupas Healthy

Mengenal Benzodiazepin, Obat Psikotropika yang Dikonsumsi Lucinta Luna

12 February 2020, at 10:00
Mengenal Benzodiazepin, Obat Psikotropika yang Dikonsumsi Lucinta Luna

Artis Lucinta Luna kembali menghebohkan publik dengan berita penangkapannya. Kali ini, selebriti tersebut diamankan oleh pihak kepolisian dengan dugaan kasus penyalahgunaan narkoba.

Ditangkap bersama pasangan dan kedua stafnya, polisi mengamankan sejumlah obat terlarang yaitu ekstasi, tramadol, dan riklona. Setelah dilakukan tes urine, Lucinta Luna dinyatakan positif menggunakan obat jenis benzodiazepin.

Lantas, apa sih sebenarnya benzoduazepin itu? Penasaran, kan? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Apa Itu Benzodiazepin?

Benzodiazepin (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Benzodiazepin sebenarnya dikategorikan sebagai obat psikotoprika. Dalam dunia medis, obat ini berperan sebagai obat penenang, mengurangi kecemasan, bersifat hipnotik atau dapat membuat tidur lebih mudah, dan bisa melemaskan otot-otot tubuh yang tegang.

Maka dari itu, benzodiazepin biasanya digunakan untuk mengatasi masalah psikologis seperti gangguan kecemasan atau anxienty disorder, depresi akut, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, benzodiazepin nggak bisa dikonsumsi sembarangan. Penggunaannya harus sesuai dengan dosis yang telah diresepkan oleh dokter.

Depresi (Foto: terapist.com)
terapist.com

Selain mengatasi berbagai masalah psikologis seperti depresi dan lain sebagainya, berikut ini beberapa kegunaan benzodiazepin:

  • Sebagai obat penenang saat operasi
  • Mencegah dan mengatasi kejang pada kondisi medis tertentu
  • Mengatasi sakau akibat alkohol

2. Bagaimana Cara Kerja Benzodiazepin?

Obat Psikotropika (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Memiliki fungsi sebagai obat penenang, benzodiazepin bekerja langsung pada sistem saraf pusat dan memengaruhi proses pengiriman sinyal ke otak.

Apabila seseorang merasa cemas, otak akan menjadi terlalu aktif dan tertekan karena menerima rangsangan dari luar. Benzodiazepin akan meningkatkan respon sel saraf yang bertugas untuk memberikan sinyal “tenang” ke sel-sel lainnya dan menjaga efek tersebut terjadi lebih lama.

Baca juga: Ini Lho Cara Jaga Stamina Tanpa Pakai Narkoba, Yuk Coba!

3. Efek Samping Benzodiazepin

Mengantuk (Foto: lakalle.bluradio.com)
lakalle.bluradio.com

Pada umumnya, penggunaan benzodiazepin sebagai obat penenang menimbulkan beberapa efek samping seperti berikut.

  • Mengantuk
  • Sakit kepala dan pusing
  • Gangguan keseimbangan
  • Penglihatan kabur
  • Tubuh gemetar

Sakit Kepala (Foto: hellosehat.com)
hellosehat.com

Sebuah penelitian yang dimuat dalam British Medical Journal mengungkapkan bahwa penggunaan benzodiazepin dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan dan risiko demensia.

Selain itu, penggunaan yang nggak sesuai dosis dokter justru akan memperparah gangguan psikologis yang sedang diderita oleh seseorang.

4. Merupakan Obat Penenang, Mengapa Lucinta Luna Ditangkap?

Lucinta Luna (Foto: instagram.com/lucintaluna)
instagram.com/lucintaluna

Sebenarnya digolongkan sebagai obat psikotropika, mengapa Lucinta Luna ditangkap polisi karena mengonsumsi benzodiazepin?

Penyalahgunaan benzodiazepin ternyata nggak hanya dilakukan oleh Lucinta Luna. Beberapa artis seperti Tora Sudiro dan Nunung juga pernah melakukan hal serupa dan harus menanggung hukuman penjara sebagai akibatnya.

Overdosis (Foto: nach-welt.com)
nach-welt.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, meskipun merupakan obat penenang namun obat jenis benzodiazepin (termasuk riklona yang dikonsumsi Lucinta Luna) nggak bisa dikonsumsi secara bebas. Penggunaanya harus berdasarkan resep dokter.

Pasalnya, penyalahgunaan dapat menimbulkan banyak dampak negatif termasuk ketergantungan, halusinasi, bahkan kematian. Itulah mengapa, pengguna benzodiazepin dapat terjerat hukum apabila nggak bisa menyertakan bukti resep dari dokter.

Sekarang sudah tahu kan, Sobat Qupas?