Mengenal Curug Cina, Wisata Subang yang Menyimpan Masa Lalu Kelam

26 June 2019, at 10:00
0
0
Mengenal Curug Cina, Wisata Subang yang Menyimpan Masa Lalu Kelam

Curug Cina bisa dibilang adalah salah satu bukti pariwisata Subang patut dapat acungan jempol. Destinasi ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang dipadukan dengan elemen-elemen alam yang menyegarkan mata.

Tapi di balik keindahannya, ada sisi kelam dari wisata air terjun di Subang ini. Buat kamu yang penasaran dengan kisahnya dan pengen tahu info lebih lengkap dari Curug Cina, simak ulasan Qupas berikut ini yuk!

Baca juga: Curug Cigorobog, Air Terjun di Sumedang Selatan Cantiknya Maksimal!

1. Surga tersembunyi di Subang

wisata curug cina subang
instagram.com/_kopites_man

Curug yang ada di aliran Sungai Ciasem ini menyimpan potensi tersembunyi dan terletak di antara lahan kebun dan sawah.

Tinggi air terjunnya sendiri sekira 50 meter. Debit airnya pun cukup deras, sehingga nggak disarankan buat main tepat di bawah alirannya.

2. Sisi kelam Curug Cina

air terjun curug cina
instagram.com/iwanherawanshr

Tahu nggak sih, di balik keindahannya, wisata curug di Jawa Barat ini punya sisi lain yang kelam. Ini ada kaitannya dengan asal-usul namanya.

Konon nama Curug Cina ini ada karena di zaman dulu ada seorang pemburu berdarah tionghoa yang mengalami kecelakaan di sekitar air terjun. Nahasnya, ia meninggal dunia. Cerita itu pun berkembang di kalangan warga sekitar Curugagung.

Sementara itu, belum diketahui apa nama sebenarnya wisata air terjun ini sebelum peristiwa nahas yang dialami sang pemburu terjadi.

3. Pemandian air panas Curug Cina

air panas curug cina
instagram.com/prandipratama

Curug Cina bukan air terjun biasa. Ini karena tepat di depan kolam alaminya, ada mata air hangat yang konon mengandung belerang.

Meski nggak sehangat air di Sari Ater, tapi kolam rendam ini punya potensi jadi destinasi baru di Subang kalau dikelola dengan baik. Apalagi pengunjung bisa berendam dengan latar belakang curug yang cantik.

Baca juga: Air Terjun di Cianjur Ini Punya Aliran Bak Tirai, Eksotis!

4. Tempat wisata hemat di Subang

curug cina
instagram.com/armanwigunaa

Air terjun yang baru ramai sekitar Maret 2016 lalu ini bisa kamu jadikan tempat liburan hemat. Soalnya kamu cuma perlu membayar uang parkir sekitar Rp5.000,00. Sementara untuk tiket masuknya gratis. Asyik, kan?

5. Cara ke Curug Cina

curug cina subang
instagram.com/a_zizul_

Secara administratif, lokasi Curug Cina ada di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang. Untuk menuju ke lokasi air terjun, aksesnya nggak terlalu sulit. Medannya pun demikian.

Jalur yang perlu kamu telusuri nantinya adalah pemukiman penduduk yang jaraknya juga nggak terlalu jauh. Ada dua jalan yang bisa kamu lalui, yaitu melalui Kampung Batukapur dan Desa Bunihayu.

Curug Cina menjadi salah satu pilihan wisata hemat di Subang. Selain menyuguhkan pemandangan air terjun, ada kolam rendam air hangat juga, lho.

0 Comment