Mengenal Diet Keto, Diet Bebas Makan Makanan Berlemak

25 July 2018, at 11:00
3
0
Mengenal Diet Keto, Diet Bebas Makan Makanan Berlemak

Ada begitu banyak jenis diet di dunia ini. Tiap diet pasti memiliki metodenya masing-masing. Salah satu diet yang akhir-akhir ini sedang booming adalah diet keto.

 

Jika diet-diet yang lain cenderung memusuhi lemak karena lemak dianggap sebagai biang kerok penyebab kegemukan dan masalah kesehatan lain, berbeda dengan diet keto. Diet ini justru memperbolehkan kita makan-makanan berlemak lho.

 

Diet keto membatasi asupan karbohidrat dengan tujuan agar tubuh menjadi ketosis. Saat tubuh dalam keadaan ketosis karena tak ada asupan gula dari karbohidrat, kadar glukosanya akan turun. Karenanya, tubuh akan dipaksa untuk memecah lemak sebagai sumber energi. Proses pemecahan lemak ini disebut dengan keton.

 

Diet yang pertama kali diperkenalkan oleh dr. Gianfranco Capello ini mampu menurunkan berat badan hingga 10 kg dalam dua kali siklus dietnya. Namun, Lisa Cimperman, seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa diet ini sebenarnya nggak mengurangi jumlah lemak dalam tubuh, tapi hanya mengurangi massa air tubuh.

 

pxhere.com

Adap beragam jenis menu yang bisa dinikmati pelaku diet keto, misalnya:

Daging sapi, daging ayam, daging bebek, ikan, telur, keju dan lemak alami yang berasal dari minyak zaitun, virgin coconut oil. Namun tetap ada makanan yang dibatasi konsumsinya terkait kalori. Misalnya pada kategori buah, pelaku diet keto diperbolehkan makan buah alpukat dan kelapa tapi nggak boleh makan buah-buahan manis seperti pisang, pepaya, mangga. Agar-agar dan biji-bijian tertentu diperbolehkan untuk dikonsumsi.

 

Yang pasti harus dihindari adalah makan karbohidrat seperti kentang, singkong dan jagung. Untuk minuman, boleh minum air putih, teh dan kopi tetapi pantang minum-minuman kemasan yang mengandung gula tinggi.

 

Meskipun begitu, untuk memulai diet keto kamu harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik. Ini dikarenakan asupan gula yang kurang dapat membuat tubuh menjadi lemas. Diet keto yang dilakukan asal-asalan juga akan berisiko pada rusaknya otot jantung.

 

Pada dasarnya, nggak ada satu pun diet di dunia ini yang benar-benar sempurna. Semua kembali lagi ke bagaimana kamu memperlakukan makanan dan terutama memperlakukan tubuhmu. Perbanyak istirahat, jauhi alkohol dan rokok serta perbanyak bergerak, niscaya tubuhmu akan sehat dengan kebiasaan makan yang wajar.

Topics:

0 Comment