Mengenal Glioblastoma, Kanker Otak yang Bikin Agung Hercules Nggak Lagi Bugar dan Berotot

18 June 2019, at 00:00
0
0
Mengenal Glioblastoma, Kanker Otak yang Bikin Agung Hercules Nggak Lagi Bugar dan Berotot

Lama menghilang dari dunia hiburan, kondisi terkini artis sekaligus binaragawan Agung Hercules mengejutkan masyarakat. Pasalnya, Agung yang biasa tampil berotot dengan rambut gondrong tersebut terlihat kurus dengan kepala botak.

Istri Agung Hercules dan beberapa rekan atris mengungkapkan bahwa hal tersebut disebabkan oleh kondisinya yang sedang sakit. Pelantun lagu “Astuti” tersebut didiagnosa mengidap kanker otak stadium 4 jenis glioblastoma.

Mungkin istilah tersebut belum terlalu familier bagi banyak orang. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa hal tentang glioblastoma yang membuat Agung Hercules nggak lagi bugar dan berotot yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Bawang Putih, Bisa Mencegah Kanker Lho!

1. Glioblastoma adalah...

glioblastoma
medicalnewstoday.com

Saat mengetahui kabar mengejutkan tentang masalah kesehatan Agung Hercules, tentu saja hal pertama yang ingin diketahui oleh masyarakat adalah penyakitnya.

Glioblastoma merupakan salah satu jenis kanker otak atau tumor ganas yang dimulai dari serebrum, bagian otak terbesar pada orang dewasa.

agung hercules
instagram.com/sinyoritaesperanza

Jenis kanker ini terbentuk dari sel berbentuk bintang di otak yang biasanya disebut astrosit. Glioblastoma termasuk dalam subkelas glioma yang yang memiliki subklarifikasi glioma sesuai tipe sel yaitu glioblastoma, ependimoma, meduloblastoma, oligondendroglima, dan kista tiroid.

Kanker ini merupakan penyakit yang lebih cenderung menyerang laki-laki daripada perempuan dan risikonya terus membesar seiring dengan berjalannya usia.

2. Gejala Glioblastoma

gejala glioblastoma
medicalnewstoday.com

Menurut para ahli, kanker yang dikenal dengan sebutan glioblastoma multiforme ini memiliki pertumbuhan dan penyebaran yang begitu cepat.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda awal adanya masalah kesehatan ini seperti berikut.

Baca Juga: Gejala Kanker Darah yang Perlu Kamu Ketahui, Supaya Nggak Telat Diobati

3. Penyebab Glioblastoma

terkena radiasi
hellosehat.com

Sebagian orang pasti bingung, bagaimana bisa Agung Hercules yang dulunya merupakan binaragawan dengan badan bugar dan pola hidup sehat dapat terkena penyakit serius seperti kanker otak?

Dilansir dari Alodokter, kanker otak dapat terjadi apabila salah satu tipe sel berubah dari karakteristik normalnya dan mengalami pertumbuhan yang nggak terkendali.

merokok
medicalnewstoday.com

Meskipun demikian, penyebab terjadinya perubahan karakteristik sel masih belum dapat diketahui secara pasti. Akan tetapi, berikut ini beberapa hal yang dapat meningkatkan risikonya.

  • Radiasi di kepala
  • Memiliki penyakit keturunan (seperti sindrom Gorlin, sindrom Turner, Von Hippel-Lindau, Li-Fraumani, tuberous sclerosis, atau neurofibromatosis tipe 1 dan 2)
  • Merokok
  • Hidup di daerah dengan tingkat polusi yang tinggi
  • Riwayat kanker dalam keluarga
  • Obesitas
  • Menderita HIV/AIDS

4. Pengobatan Glioblastoma

pengobatan radiasi
thinkstockphotos.com

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati glioblastoma. Tujuan pengobatan tersebut adalah untuk memperlambat atau mengontrol pertumbuhan tumor dan memperbaiki kualitas hidup pasien.

Berikut ini beberapa metode yang biasanya digunakan dalam pengobatan glioblastoma.

  • Pembedahan. Terapi pertama yang dapat dilakukan yaitu pembedahan atau pengambilan sebanyak mungkin tumor dari otak. Nggak semua tumor dapat dibersihkan karena beberapa area mungkin terlalu berisiko untuk dijangkau.

kemoterapi
shutterstock.com
  • Radiasi. Metode kedua yang dapat dilakukan adalah membunuh sisa sel kanker di otak dengan radiasi. Hal ini juga bisa memperlambat pertumbuhan tumor yang nggak bisa terambil saat pembedahan.
  • Kemoterapi. Merupakan salah satu pengobatan kanker yang terkenal, kemoterapi merupakan cara yang menyebabkan efek samping jangka pendek. Pada kasus glioblastoma, obat yang digunakan bernama temozolomide.

Baca Juga: Jangan Keburu Panik, Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker Kok!

Sebenarnya, pasien kanker otak masih bisa menggunakan metode atau terapi penyembuhan lainnya. Akan tetapi 3 cara di atas lah yang sering digunakan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang berkaitan dengan kanker otak jenis glioblastoma yang menyerang Agung Hercules. Semoga artis lucu tersebut segera mengalami perkembangan yang positif, ya.

0 Comment