Mengenal Kehebatan AHA, BHA, dan PHA, Asam dalam Skincare yang Bikin Wajah Flawless

09 May 2019, at 18:00
1
0
Mengenal Kehebatan AHA, BHA, dan PHA, Asam dalam Skincare yang Bikin Wajah Flawless

Asam, mungkin termasuk kata yang bisa mengundang reaksi kurang nyaman. Tapi di dunia kecantikan, zat ini bisa jadi rahasia untuk dapatkan kulit yang flawless.

Alpha Hydroxy Acids (AHA), Beta Hydroxy Acids (BHA) kemudian yang terbaru, Polyhydroxy Acids (PHA), adalah kelompok asam yang mempunyai kemampuan eksfoliasi.

Dan bukan cuma itu saja, ketiganya masih menyimpan segudang manfaat menakjubkan untuk wajah. Kamu pun mungkin pernah menjumpainya dalam beberapa produk skincare.

Tapi, apa kegunaan serta perbedaan yang dimiliki ketiganya? Kalau kamu penasaran, yuk kenali serba-serbi AHA, BHA, dan PHA berikut ini!

1. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

skicare dengan kandungan aha
instagram.com/neostrata

AHA adalah chemical exfoliator yang bisa didapat dari tebu, almon, dan anggur. Jenis yang ditemukan dalam skincare biasanya berupa glycolic acid dan lactic acid.

Keduanya akan bekerja dengan sangat baik untuk mengelupas sel kulit mati di permukaan wajah. Selain itu, mampu menyamarkan kemerahan akibat jerawat, noda pigmentasi, meratakan tekstur kulit, dan mencegah munculnya flek hitam.

AHA juga bisa digunakan oleh semua jenis kulit dan bersifat melembabkan.

2. Beta Hydroxy Acids (BHA)

skincare dengan kandungan bha
instagram.com/cosrx

BHA termasuk chemical exfoliator yang sangat bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Bahkan juga bisa mengatasi blackheads, whiteheads, juga milia.

Kok bisa? Karena senyawa ini mampu bekerja secara lebih dalam, bukan di permukaan saja seperti AHA. Kandungan BHA yang paling populer dalam skincare adalah salicylic acid.

Skincare dengan kandungan BHA dikatakan bisa memecahkan kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus menghilangkan kulit kusam tanpa membuatnya terasa kering sedikitpun.

3. Polyhydroxy Acids (PHA)

skincare dengan kandungan pha
instagram.com/neostrata

Jenis asam yang satu ini mulai populer 2018 kemarin. PHA punya sifat yang sangat mirip dengan AHA dan mampu membersihkan permukaan kulit dengan baik.

Bedanya, struktur molekul PHA lebih besar dan membuatnya jadi senyawa yang sangat minim iritasi. Sangat cocok untuk perawatan kulit sensitif, bahkan aman bagi penderita rosacea.

Baca juga: Mengenal Kehebatan Niacinamide, Super Ingredients yang Lagi Tren Dipakai dalam Skincare

4. Bolehkah ketiganya dipakai secara bersamaan?



skincare dengan kandungan aha bha pha
instagram.com/somebymi

Sekarang sudah tahu perbedaannya kan? Tapi bolehkah memakai AHA, BHA, dan PHA secara bersamaan?

Ternyata ketiganya boleh dipakai bersamaan lho. Bahkan skincare dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA diklaim bisa bekerja secara ganda untuk mengeskfoliasi kulit secara menyeluruh.

Terlebih lagi bisa menyembuhkan jerawat, pori-pori yang tersumbat, garis halus, hingga masalah kulit akibat paparan sinar matahari.

5. Efek samping AHA, BHA, PHA

kegunaan skincare dengan kandungan aha bha pha
instagram.com/neostrata

Meskipun manfaat yang dimiliki AHA, BHA, dan PHA begitu luar biasa dan bisa bikin kulit jadi flawless, ketiganya tetap punya efek samping dengan tingkat yang berbeda.

Penggunaannya relatif aman untuk pemakaian sehari-hari dengan catatan selalu aplikasikan sunscreen di pagi hari. Karena wajah akan jadi sensitif terhadap sinar matahari.

Baca juga: Awas! 4 Kesalahan Ini Ternyata Bikin Sunscreen yang Kamu Pakai Jadi Terbuang Percuma

Atau supaya lebih aman, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit untuk menghindari efek yang kurang diharapkan di wajahmu.

Nah, itulah serba-serbi mengenai AHA, BHA, dan PHA yang belakangan ini memang hype banget dipakai dalam skincare. Kamu juga coba produk dengan kandungan kelompok asam ini?

Topics:

0 Comment