Mengenal Kehebatan Niacinamide, Super Ingredients yang Sedang Tren Dipakai dalam Skincare

25 February 2019, at 02:00
0
0
Mengenal Kehebatan Niacinamide, Super Ingredients yang Sedang Tren Dipakai dalam Skincare

Bagi kamu yang sangat memperhatikan komposisi dalam skincare, pasti sudah tak asing dengan vitamin C, hyaluronic acid, hingga retinol. Ya, karena bahan-bahan tersebut telah dikenal sebagai 'pahlawan' yang bisa membuat kulit jadi cantik.

Tapi dalam dua tahun belakangan, ada bahan lain yang ternyata diam-diam selalu ada di produk cleanser, serum, ataupun krim pelembab favorit para wanita lho. Yakni Niacinamide.

Kehebatan Niacinamide telah dibuktikan mampu mengatasi segala masalah kulit, hingga disebut sebagai 'master-of-everything'. Menarik bukan?

Nah untuk itu, kali ini Qupas akan mengulas mengenai manfaat Niacinamide dan serba-serbi lainnya yang harus kamu ketahui. Yuk simak langsung!

1. Apakah Niacinamide itu?

niacinamide adalah jenis vitamin b3
cloudinary.com

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang biasanya didapatkan dari makanan seperti daging, ikan, susu, telur, dan sayuran hijau. Ketika ditambahkan ke skincare, formulanya akan sangat cepat meresap ke kulit dan bekerja secara cepat.

Tekstur Niacinamide sangat ringan dan biasanya akan sangat mudah ditemukan pada skincare berbahan dasar air.

2. Apa manfaat Niacinamide untuk kulit?

manfaat niacinamide untuk wajah
instagram.com/elsheskin

Dilansir dari stylist.co.uk, Niacinamide sering disebut sebagai star ingredients karena bisa mengatasi semua masalah. Salah satu manfaatnya yang paling penting adalah mampu menguatkan lapisan pelindung kulit.

Bila lapisan pelindung kulit ini kuat, maka wajah akan terhindar dari dehidrasi, mencegah iritasi pada kulit sensitif, serta membuatnya terlihat lebih kenyal dan awet muda.

Lebih lanjut lagi, Niacinamide juga punya kemampuan luar biasa dalam mengontrol produksi sebum dan memiliki sifat anti-inflamasi. Jadi sangat baik digunakan untuk membebaskan pori-pori yang tersumbat dan mengatasi wajah berjerawat.

3. Bisakah Niacinamide dipakai semua jenis kulit?

manfaat niacinamide aman untuk semua jenis kulit
instagram.com/elsheskin

Bisakah Niacinamide dipakai oleh semua jenis kulit? Tentu saja bisa. Super ingredients ini aman digunakan untuk segala tipe kulit dan usia. Karena mereka bisa mendapatkan manfaat dari sisi yang berbeda.

Misalnya saja, bila kulitmu berminyak, maka Niacinamide akan membantu mengontrol produksi sebum. Dan untuk wajah yang mudah berjerawat, bahan ini akan membantu menenangkan peradangan.

Sedangkan untuk kulit kering, Niacinamide bisa membantu dalam memproduksi ceramide. Bahkan formulanya juga aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui lho.

4. Kapan harus mengaplikasikan Niacinamide?

Manfaat Niacinamide bisa dipakai kapan saja
instagram.com/elsheskin

Niacinamide sangat mudah ditemukan pada produk pembersih wajah, pelembab, serum, toner, hingga sunscreen. Dikutip dari stylist.co.uk, tak ada aturan khusus kapan bahan ini harus digunakan.

Namun kamu bisa mengaplikasikan serum atau pelembab dengan Niacinamide di malam hari dan sunscreen pada pagi hari.

Baca juga: Super Praktis, Inilah Sunscreen Stick Korea dengan SPF 50+ untuk Perlindungan Lebih Lama

5. Seberapa sering Niacinamide bisa dipakai?

Manfaat niacinamide bisa dinikmati dua kali sehari
instagram.com/elsheskin

Skincare dengan kandungan Niacinamide bisa digunakan dua kali sehari. Selain itu, formulanya bisa kamu manfaatkan untuk mencegah iritasi saat ingin mencoba produk perawatan baru.

Misalnya saja skincare berbahan dasar retinol yang cenderung menyebabkan iritasi dan membuat kulit jadi kering.

6. Berapa lama hasil Niacinamide bisa dilihat?

manfaat niacinamide bisa dilihat dalam 2 bulan
alicdn.com

Dikutip dari stylist.co.uk, pada sebuah penelitian ditemukan bahwa manfaat Niacinamide akan memperlihatkan hasil yang nyata setelah 8-12 minggu pemakaian.

Agar lebih aman, baiknya pilihlah produk perawatan dengan kandungan Niacinamide sebanyak 5% saja. Konsentrasi dalam takaran ini sudah efektif dan bebas dari risiko iritasi.

7. Bisakah Niacinamide dipakai dengan bahan lain?

manfaat niacinamide bisa dinikmati dengan bahan lain
instagram.com/somebymi

Sempat beredar spekulasi bahwa penggunaan Niacinamide tak bisa digabungkan dengan bahan lain. Namun, hal ini ternyata salah besar.

Niacinamide bahkan bisa bekerja secara lebih maksimal saat digabungkan pada serum vitamin C. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih cerah, lembut, dan tampak lebih muda.

Selain itu, super ingredients ini juga berfungsi sangat baik saat digabungkan dengan dlycolid acid ataupun salicylic acid.

8. Bisakah Niacinamide memutihkan kulit?

manfaat niacinamide untuk memutihkan kulit
dermstore.com

Fungsi Niacinamide bukan untuk memutihkan kulit. Namun mampu memudarkan flek hitam yang diakibatkan oleh tanda-tanda penuaan ataupun sengatan sinar matahari sehingga wajah akan tampak lebih cerah.

Terlebih lagi, menggunakan skincare dengan kandungan Niacinamide mampu mengusir masalah hiperpigmentasi yang sangat sulit dihilangkan atau biasa disebut dengan melasma.

Nah, itulah manfaat Niacinamide juga serba-serbinya yang sangat menarik untuk diketahui. Kamu sudah pernah coba skincare dengan kandungan super ingredients satu ini?

0 Comment