Qupas Family

Mengenal Licorice, Si Akar Manis yang Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

06 February 2020, at 10:00
Mengenal Licorice, Si Akar Manis yang Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Pernah dengar tentang licorice? Tanaman herbal ini juga dikenal sebagai akar manis yang dahulu sering digunakan untuk pemanis permen.

Selain memiliki rasa yang manis, licorice juga diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena berbagai kandungan baik di dalamnya. Lantas, apa saja ya khasiat licorice? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Meredakan Stres

Manfaat Licorice (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Salah satu manfaat licorice adalah meredakan stres. Saat tertekan, tubuh akan memproduksi hormon kortisol secara konsisten.

Dilansir dari Healthline, akar licorice dapat menekan tubuh agar nggak memproduksi hormon adrenalin dan kortisol penyebab stres terus-menerus.

2. Membantu Pengobatan Kanker

Khasiat Licorice (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Tahu nggak sih, mengonsumsi ekstrak licorice juga diklaim mampu membantu pengobatan kanker lho! Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society.

Jauh sebelum itu, masyarakat China sudah lebih dulu memanfaatkan akar manis tersebut untuk mengobati berbagai jenis kanker. Meskipun demikian, kamu tetap perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui efek sampingnya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

​​​​​​​Licorice Akar Manis (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Licorice juga mengandung triterpenoid yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Food Chemistry, tanaman herbal ini juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Mengonsumsi ekstrak licorice dapat membantumu mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti hepapatis C, flu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sering Digunakan Sebagai Obat Herbal, Ini 6 Manfaat Ajaib Ginseng Bagi Kesehatan

4. Meredakan Gejala PMS dan Menopause

​​​​​​​Licorice (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Apabila kamu sering mengalami nyeri saat haid, mengonsumsi licorice bisa menjadi salah satu solusinya. Akar manis diketahui memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen di tubuh perempuan.

Selain itu, sebuah penelitian dari Health Care for Women International menemukan bahwa akar licorice juga dapat mengatasi gejala menopause, lho!

5. Baik untuk Kulit dan Gigi

Akar Manis (Foto: erinridgedental.ca)
erinridgedental.ca

Akar manis juga direkomendasikan untuk mengabati penyakit kulit seperti eksim. Hal tersebut karena di dalam licorice terdapat kandungan yang bersifat antibakteri.

Selain itu, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa licorice dapat mengatasi masalah gigi rusak atau bolong karena bakteri.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat licorice yang mungkin belum kamu ketahui. Sudah pernah mengonsumsinya?