Mengenal Masjid Az Zikra, Wisata Religi di Bogor Sekaligus Pusat Dakwah Ustaz Arifin Ilham

24 May 2019, at 11:00
1
0
Mengenal Masjid Az Zikra, Wisata Religi di Bogor Sekaligus Pusat Dakwah Ustaz Arifin Ilham

Masjid Az Zikra yang terletak di Sentul, Bogor nggak bisa dilepaskan dari sosok mendiang Ustaz Arifin Ilham. Bisa dibilang tempat ibadah ini adalah pusat dakwah sang ulama semasa hidupnya.

Setelah Ustaz Arifin Ilham meninggal, masjid sekaligus tempat wisata religi di Bogor ini bukan ramai dikunjungi jemaah untuk mendengarkan dakwah, melainkan turut mengantarkan sang ulama ke tempat peristirahatan terakhirnya di Gunung Sindur pada Kamis, 23 Mei 2019.

Meski Ustaz Arifin Ilham sudah tiada, bukan berarti eksistensi Masjid Az Zikra juga ikut hilang. Kamu pun bisa mengenal lebih jauh tentang tempat ibadah sekaligus wisata religi ini. Yuk simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Pendirinya Meninggal, Intip Kemegahan Masjid Kubah Emas di Depok!

1. Bangunan megah dekat tol

wisata religi masjid az zikra
instagram.com/irenachintya

Masjid yang terletak di Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini dibangun pada tahun 2009. Bangunannya megah dengan minaret setinggi 57 meter, jadi mudah dilihat dari jalan Tol Jagorawi.

Selain itu, posisi tempat ibadah ini memang strategis. Letaknya pun di samping pintu tol keluar Sentul City atau Belanova.

2. Masjid di Bogor yang sempat ganti nama

masjid az zikra bogor
deskgram.net

Sebelumnya, tempat ibadah di Bogor ini namanya adalah Masjid Muammar Qaddafy. Kemudian di tahun 2011 sampai sekarang, bangunan cantik ini berganti nama menjadi Masjid Az Zikra.

Perlu kamu tahu juga nih. Dilansir dari Detik, pembangunan masjid ini didanai oleh World Islamic Call Society (WICS) dari Tripoli, Libya.

3. Fasilitas Masjid Az Zikra

masjid az zikra sentul
sholatdimana.blogspot.com

Masjid Az Zikra yang identik dengan mendian Ustaz Arifin Ilham pun punya beragam fasilitas. Mulai dari convention hall, lift, sampai air mancur pun ada di sini.

Menariknya lagi, masjid 3 lantai ini bisa menampung sampai 22 ribu jemaah sekaligus, lho. Kebayang gimana megahnya bangunan ini, kan?

Baca juga: Sederet Masjid Unik di Indonesia, Ada yang Letaknya di Laut!

4. Masjid yang dilengkapi payung bak Masjid Nabawi

masjid az zikra ustaz arifin ilham
instagram.com/prayogi_rahmat

Begitu memasuki Masjid Az Zikra, kamu akan melihat arsitektur Islam modern. Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 12.600 meter persegi ini pun semakin spesial dengan adanya payung bak Masjid Nabawi di halamannya.

Tujuan pembangunan payung-payung tersebut untuk menampung jemaah yang nggak tertampung di dalam masjid. Nggak heran kalau bangunan untuk ibadah ini juga menjadi wisata religi di Bogor yang ramai dikunjungi wisatawan.

5. Ada makna simbolis di setiap bangunannya

masjid az zikra
trisuci.com

Menariknya lagi, ada makna simbolis keislaman yang tersimpan dari bangunan masjid tersebut. Salah satu contohnya adalah tujuh lapis lantainya yang merujuk pada sunah harian yang utama dijalankan oleh pezikir.

Ukuran dasar 3,3 meter pun merujuk pada jumlah zikir yang jumlahnya 33 bacaan tasbih, tahmid, dan takbir.

Baca juga: Ada Masjid Kapal Nabi Nuh di Indonesia!

Selain itu, warna dinding yang bernuansa putih melambangkan jiwa yang bersih dan merujuk pada penampilan pimpinan Pondok Pesantren Az Zikra, yakni Ustaz Arifin Ilham yang diketahui sering menggunakan pakaian serba putih saat memimpin zikir akbar.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Masjid Az Zikra yang bisa dibilang sebagai pusat dakwah Ustaz Arifin Ilham. Buat kamu pecinta zikir, yuk mampir ke tempat ibadah di Bogor ini sekaligus mengenang sosok sang ulama.

0 Comment