Mengenal Mie Lethek, Mie Sehat Organik Asli Jogja

30 July 2018, at 01:55
3
0
Mengenal Mie Lethek, Mie Sehat Organik Asli Jogja

Mie lethek merupakan mie produksi penduduk Srandakan, Bantul yang diolah secara tradisional dengan menggunakan bahan dari tepung tapioka dan gaplek. Berbeda dengan warna mie yang biasanya kuning cerah atau putih bersih, mie lethek sesuai dengan namanya justru berpenampilan kusam dan kurang menarik mengikuti warna gaplek sebagai bahan utamanya. Lethek dalam bahasa Jawa dapat diartikan sebagai kotor, kusam, atau tidak bersih.

 

Namun, jangan salah. Meski penampilannya tidak semenarik jenis mie lainnya, tetapi mie lethek yang dibuat tanpa menggunakan bahan kimia dan pewarna makanan lainnya ini punya rasa yang juara. Apalagi, jika kemudian diolah menjadi mie lethek goreng, mie lethek rebus, atau bahkan jadi campuran nasi goreng magelangan yang membuatnya dikenal sebagai makanan sehat organik asli Jogja yang melegenda.

Umumnya, mie lethek yang dimasak di atas tungku anglo berbahan bakar arang batok kelapa ini diolah dengan berbagai macam bumbu dasar seperti bawang putih, kemiri, merica dan garam yang dipadukan dengan seputir telur bebek atau telur ayam serta berbagai sayuran yang kemudian diberi taburan suwiran daging ayam sebagai pelengkapnya. Rasanya? Hmm.. sungguh nikmat. Siapapun pasti akan ketagihan saat menikmatinya.

 

Ada banyak penjual mie lethek yang tersebar di seluruh area kota, tetapi beberapa rekomendasi berikut ini sayang untuk kamu lewatkan saat berwisata ke Yogyakarta.

 

Mie Lethek Bantul Mbah Mendes

 

travelagent.co.id

Mie Lethek Bantul Mbah Mendes kerapkali menjadi tujuan utama penggemar mie di Yogyakarta. Berlokasi di Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul dan cabangnya di Jalan Ring Road Utara, Maguwoharjo, Depok Sleman, Yogyakarta, warung ini menyediakan berbagai pilihan olahan mie seperti mie lethek rebus, mie lethek goreng yang seporsinya berisi telur, daun bawang, kubis, seledri, irisan wortel, suwiran daging ayam dan potongan tomat.

 

Mie Lethek Kang Sum

 

kompas.com

Seperti umumnya olahan mie lethek di tempat lain, Mie Lethek Kang Sum juga menawarkan pilihan mie lethek rebus, mie lethek goreng, serta mie lethek magelangan. Berlokasi di bekas Pasar Imogiri, Bantul Dekat Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri warung ini tak pernah sepi dikunjungi pembeli. 

 

Bakmi Lethek Sor Pring

 

food.detik.com

Bakmi Lethek Sor Pring sudah ada sejak tahun 1980-an. Berlokasi di Tegal Layang, Caturharjo, Pandak, Bantul, warung yang satu ini menawarkan suasana pedesaan dan semilir angin yang sejuk sembari menikmati gurihnya seporsi mie lethek yang lezat ini.

 

Gimana? Menggugah selera, bukan?

0 Comment