Mengenal PBA, Penyakit yang Bikin Joker Sering Tiba-tiba Tertawa

05 October 2019, at 10:00
0
0
Mengenal PBA, Penyakit yang Bikin Joker Sering Tiba-tiba Tertawa

Sejak beberapa hari yang lalu, film Joker telah mengudara di bioskop-bioskop kesayangan kamu. Bagi yang sudah menonton, mungkin kamu penasaran dengan penyakit yang diidap oleh Arthur Fleck alias Joker yang membuatnya sering tiba-tiba tertawa meskipun sedang sedih.

Dilansir dari WebMD, masalah kesehatan tersebut bernama pseudobulbar affect atau sering disingkan PBA. Kondisi di mana penderita nggak bisa mengontrol emosi sesuai dengan situasi yang dihadapinya itu ternyata benar-benar ada dan bukan fiksi belaka lho!

Bahkan, penyakit PBA bukanlah sesuatu yang langka dan ada banyak orang di dunia yang mengalaminya. Dikutip dari pbainfo.org, pengidap masalah kesehatan tersebut berjumlah sebanyak dua juta orang di Amerika Serikat.

joker tertawa
imdb.com

Penderita dapat menangis atau tertawa tiba-tiba tanpa terkendali. Kondisi tersebut bukanlah respon dari emosi sedih atau senang yang dirasakan, melainkan karena adanya gangguan sistem saraf.

Mengutip MayoClinic, orang yang mengalami PBA dapat tertawa atau menangis sampai beberapa menit seperti yang dialami oleh Joker. Bedanya, pada kehidupan nyata kebanyakan penderita masalah kesehatan tersebut lebih sering menampilkan emosi menangis dibandingkan tertawa.

Baca Juga: Sering Mengigau Saat Tidur Jadi Tanda Awal Penyakit Saraf!

Para ilmuwan meyakini bahwa PBA terjadi akibat adanya kerusakan pada korteks prefontal yang merupakan area otak pengendali emosi. Selain itu, penyakit tersebut juga bisa disebabkan oleh perubahan bahan kimia otak yang berkaitan dengan depresi dan hipermood.

penyakit joker
instagram.com/comicaccess

Nggak cuma itu, beberapa masalah kesehatan seperti tumor otak, demensia, parkinson, stroke, alzhaimer, sklerosis multiple (MS), dan amytrophic sclerosis (ALS) juga dikaitkan dengan PBA.

PBA tentu saja membuat hidup penderitanya menjadi nggak mudah, seperti Arthur alis Joker yang sering dianggap nggak sopan karena tertawa atau menangis tanpa melihat keadaan sekitar.

pseudobulbar affect
cheatsheet.com

Hal tersebut kemudian membuat banyak penderita PBA mengalami bullying, merasa minder, dan menutup diri dari kehidupan sosial

Maka dari itu, jika Sobat Qupas atau orang sekitar memiliki gejala PBA seperti tertawa atau menangis nggak terkendali secara tiba-tiba segera periksakan diri ke dokter agar lebih cepat ditangani ya!

0 Comment