Qupas Travel

Mengenal Pulau Lusi, Wisata Sidoarjo yang Terbentuk Setelah 'Tragedi Lumpur'

20 December 2019, at 05:00
2
Mengenal Pulau Lusi, Wisata Sidoarjo yang Terbentuk Setelah 'Tragedi Lumpur'

Selama ini mungkin Sidoarjo cuma dinilai sebagai wilayah yang panas, penuh polusi, hingga lumpur lapindonya. Eits, tapi kini sepertinya pandangan itu bakal berubah setelah kehadiran Pulau Lusi.

Yap! Destinasi wisata di Sidoarjo yang bisa dibilang masih baru ini seolah menjadi 'angin sejuk' bagi warga Kota Delta dan sekitarnya.

Soalnya selain menawarkan kawasan hijau, Pulau Lusi juga bakal mengajakmu untuk mengenalnya lebih jauh lagi. Termasuk hal-hal unik di dalamnya. Simak deh ulasan berikut ini biar nggak penasaran lagi!

1. Wisata Sidoarjo yang terbentuk dari bencana

pulau lusi
instagram.com/apj507

Sudah 13 tahun lalu bencana lumpur lapindo terjadi di Porong, Sidoarjo. Tragedi yang menyebabkan banyak rumah warga terendam lumpur itu memang menyisakan duka mendalam.

Namun, setelah belasan tahun berlalu, ternyata bencana alam itu kini menghasilkan cerita baru. Bahkan dari semburan lumpur yang dibuang ke Sungai Porong, alirannya justru mengantarkan material itu membentuk pulau baru di pesisir timur Sidoarjo.

Kemudian, pemerintah Kabupaten Sidoarjo pun berinisiatif menjadikannya sebagai destinasi baru.

2. Sejarah penamaan Pulau Lusi

pulau lumpur sidoarjo
instagram.com/argapratama11

Menurut informasi, penamaan Pulau Lusi sendiri diberikan langsung oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Kepanjangan dari 'Lusi' ini cukup unik, yaitu 'Lumpur Sidoarjo'. Sesuai dengan bencana yang membuat pulau ini terbentuk ya?

Yang pasti, nama tersebut sudah terbiasa di telinga warga setempat sejak pulau itu ada. Tapi, selain 'Lusi', masyarakat juga mengenal wisata hutan mangrove ini dengan sebutan Pulau Sarinah.

3. Eksotisme Pulau Lusi Sidoarjo

pulau lusi lumpur lapindo
instagram.com/fendy_marteen

Pulau Lusi bisa dijangkau menggunakan kapal dengan waktu tempuh kurang lebih selama 15 sampai 20 menit.

Setelah sampai di pulau baru di Jawa Timur ini, mungkin kesan gersang masih melekat. Tapi suasananya asri. Bahkan sampah-sampah berserakan pun nggak ada.

Menurut kabar yang beredar, perawatan pulau ini dilakukan oleh sebuah keluarga. Dibantu para anggota koramil, mereka mendapat amanah untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar. Bahkan keluarga ini juga disebut-sebut juga mendapatkan fasilitas dari pemerintah.

Baca juga: Wah, Ternyata 5 Wisata Indonesia Terindah Ini Terbentuk Akibat Bencana Alam

4. Cara ke Pulau Lusi

penyeberangan pulau lusi
instagram.com/kurniawan_fe

Untuk menuju Pulau Lusi nggak susah kok, meski jarak dari Kota Sidoarjo cukup jauh, yaitu sekitar 20 kilometer. Soal akses, jalannya sangat nyaman. Jalan pun sudah diaspal dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Selanjutnya, kamu perlu menyeberang menggunakan kapal dari kawasan Wisata Tlocor. Tarifnya cuma Rp25 ribu per orang.

Tapi sebelum memasuki area wisata Sidoarjo ini, kamu perlu mengantongi izin dari Koramil setempat. Nggak susah kok.

5. Tips liburan ke Pulau Lusi

pulau lusi sidoarjo
instagram.com/anisa_prabawati

Sebelum liburan ke Pulau Lusi, kamu perlu memastikan kondisi tubuh sedang fit. Jangan lupa membawa bekal makanan maupun minuman, karena selama perjalanan menuju lokasi penyeberangan minim warung. Begitu pula dengan persediaan bahan bakar kendaraan yang perlu disiapkan.

Selain itu, mengunjungi wisata pulau di Jawa Timur ini juga saat pagi maupun menjelang sore. Nggak mau kan kalau sampai gosong karena nekat pergi saat siang hari?

Nah, itu dia ulasan singkat tentang Pulau Lusi yang belakangan ini mulai digandrungi traveler. Gimana, kamu juga tertarik mampir di tempat wisata Sidoarjo ini?