Mengenal Sindrom Williams, Penyakit Langka yang Menyerang Anak Dede Sunandar

14 August 2019, at 03:00
0
1
Mengenal Sindrom Williams, Penyakit Langka yang Menyerang Anak Dede Sunandar

Beberapa hari ini, ramai diberitakan tentang masalah kesehatan langka yang menyerang anak kedua pelawak Dede Sunandar.

Putra Dede yang bernama Ladzan Syafiq Sunandar tersebut mengidap Sindrom Williams yang mengharuskannya untuk menjalani empat tahapan operasi yang harus dilalui dengan jenjang umur yang berbeda hingga berusia 20 tahun.

Merupakan penyakit langka dan memiliki pengobatan yang cukup rumit, sebenarnya apa sih Sindrom Williams itu?

1. Apa Itu Sindrom Williams?

apa itu sindrom williams
comregras.com

Sindrom Williams adalah kelainan genetik yang menyebabkan masalah belajar, gangguan intelektual ringan, masalah pada jantung dan pembuluh darah, keunikan karakter, serta fitur wajah yang berbeda.

Dilansir dari Genetics Home Reference National Intitutes of Health, penderita sindrom ini biasanya mengalami kesulitan dalam hal visual-spasial seperti menggambar dan menyusun puzzle. Akan tetapi, mereka cenderung melakukan tugas-tugas yang melibatkan lisan dan lain sebagainya.

2. Penyebab Sindrom Williams

penyebab sindrom williams
shutterstock.com

Sindrom Williams disebabkan oleh kelainan genetik. Secara spesifik, hal tersebut diakibatkan oleh penghapusan bahan genetik dari wilayah kromosom 7.

Wilayah yang dihapus meliputi gen 26 hingga 28. Hal tersebut dipercayai oleh peneliti sebagai salah satu penyebab dari fitur karakterisrik sindrom ini.

Baca Juga: Viral Video Perempuan Makan Sabun, Ternyata Ia Mengidap Sindrom Ini!

3. Gejala Sindrom Williams

sindrom williams
telegram.hr

Penderita Sindrom Williams biasanya memiliki ciri-ciri fisik seperti dahi yang lebar, hidung pendek dengan ujung lebar, pipi penuh, serta muluh yang lebar. Pada orang dewasa, wajah tampak lebih panjang dan kurus.

Selain ciri-ciri fisik, gejala lain yang ditunjukkan adalah penderita cenderung memiliki potensi penyakit kardiovaskular atau penyempitan pembuluh darah besar yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

4. Bahaya Sindrome Williams

ilustrasi sesak napas
babyologist.com

Bahaya Sindrom Williams apabila nggak diobati adalah terjadinya penyempitan aorta yang dapat menyebabkan sesak napas, nyeri dada, dan gagal jantung. Bukan hanya itu, penderita juga bisa mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain itu, Sindrom Williams juga bisa menyebabkan masalah persendrian, mengalami peningkatan kadar kalsium dalam darah saat, serta keterlambatan perkembangan.

Nah, jadi itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Sindrom Williams yang menyerang anak kedua komedian Dede Sunandar.

1 Comment
Ann Marie
14/08 - 03:56
nice infooo banget nich :)