Mengenal Skin Barrier, Dinding Pelindung Kulit yang Jadi Kunci Wajah Cantik

07 October 2019, at 18:00
0
0
Mengenal Skin Barrier, Dinding Pelindung Kulit yang Jadi Kunci Wajah Cantik

Siapa sih yang nggak mau wajahnya terus sehat dan cantik? Buktinya banyak wanita yang rela merogoh kocek agak dalam demi memberikan perawatan terbaik untuk kulitnya.

Tapi tahukah kamu, kunci wajah cantik katanya tergantung pada kondisi lapisan pelindung alami kulit atau skin barrier lho. Benarkah demikian?

Nah, daripada penasaran, lebih baik ketahui dulu yuk tentang serba-serbi skin barrier berikut ini!

1. Apa Itu Skin Barrier?

skin barrier
instagram.com/lorealskin

Pada dasarnya kulit mempunyai tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan hypodermis. Skin barrier adalah bagian dari epidermis terluar yang membantu melindungi kulitmu dari berbagai ancaman dari luar.

Skin barrier atau moisture barrier umumnya mengandung ceramide dan asam lemak. Meski disebut sebagai lapisan pelindung kulit, tapi strukturnya sangat rapuh dan bisa terkikis.

Lapisan pelindung kulit ini bisa melemah karena skincare yang bersifat sangat basa, over eksfoliasi, cuaca, hingga faktor usia.

2. Fungsi Skin Barrier

fungsi skin barrier
instagram.com/laneige_kr

Sebagai lapisan pelindung terluar kulit, fungsi skin barrier sangat banyak. Seperti membentengi wajahmu dari sinar UV, debu, polusi, bahan kimia, dan faktor eksternal lainnya supaya nggak masuk ke dalam pori kemudian memicu kerusakan.

Lebih lanjut lagi, skin barrier juga berperan dalam menjaga kadar air serta mencegah supaya kulit nggak kering dan sensitif.

3. Tanda-tanda Skin Barrier Rusak

tanda skin barrier rusak
instagram.com/mamonde_us

Nah, sudah tahu kan fungsi skin barrier ternyata sangat banyak dan penting. Untuk itu, kamu harus menjaganya supaya tetap kuat dan terhindar dari kerusakan.

Skin barrier yang terjaga dengan baik akan mempunyai kadar lemak dan kelembaban alami yang cukup. Wajah pun jadi terlihat sehat dan glowing.

Kamu bisa mengetahui apakah lapisan pelindung ini dalam keadaan baik-baik saja dengan memperhatikan kondisi kulit. Tanda-tanda skin barrier yang rusak biasanya akan muncul inflamasi, wajah tiba-tiba jadi super kering, kusam, sensitif, bahkan mengelupas.

Baca juga: Jangan Dianggap Sama, Kulit Kering dan Dehidrasi Itu Beda Lho

4. Bagaimana Kalau Skin Barrier Rusak?

skin barrier rusak
instagram.com/elsheskin

Skin barrier yang rusak akan membuat kulit jadi sensitif dan mudah terkena iritasi. Wajah pun rentan berjerawat, muncul ruam, cepat menua, dan memancing produksi sebum.

Ini adalah dampak dari menurunnya level nutrisi dan hidrasi. Kulit dengan sendirinya akan memproduksi minyak berlebih untuk memenuhi kebutuhan kelembaban kulit.

5. Cara Memperbaiki Skin Barrier

cara memperbaiki skin barrier
instagram.com/innisfreeofficial

Cara memperbaiki skin barrier bisa kamu mulai dengan menyingkirkan beberapa skincare. Seperti produk yang mengandung alkohol, astringents, dan witch hazel.

Selain itu, hentikan sementara penggunaan facial scrub ataupun chemical exfoliant dan lebih fokus untuk mengembalikan kelembaban kulit.

6. Skincare untuk Skin Barrier

produk skincare untuk skin barrier
instagram.com/kiehls

Supaya skin barrier kembali kuat, lebih baik pangkas rangkaian skincare yang kamu pakai dulu. Mengandalkan cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen dirasa sudah cukup.

Sebagai tips, hindari bahan-bahan skincare yang agresif dan pilihlah produk perawatan yang bersifat lembut. Misalnya pelembab yang mengandung ceramide yang mampu menghidrasi kulit, antioksidan untuk menghalau radikal bebas, atau linoleic acid.

Nah, itulah serba serbi tentang skin barrier yang harus kamu pahami. Ternyata mempunyai peran sangat penting dan harus kamu jaga supaya wajahmu tetap sehat dan cantik.

0 Comment