Mengenal Taman Nasional Lorentz, Cagar Alam di Papua yang Punya Gletser Tropis Langka

04 December 2019, at 15:00
0
0
Mengenal Taman Nasional Lorentz, Cagar Alam di Papua yang Punya Gletser Tropis Langka

Papua bukan cuma terkenal dengan Raja Ampatnya. Wilayah di Indonesia bagian timur ini juga punya destinasi yang sangat menarik, yaitu Taman Nasional Lorentz. Kamu sudah tahu tempat ini?

Taman Nasional Lorentz adalah cagar alam di Papua yang direpresentasikan oleh Google Doodle hari ini, 4 Desember 2019.

Salah satu taman nasional kebanggan Indonesia ini menyimpan banyak fakta-fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Apa saja sih? Simak deh ulasan berikut ini!

1. Terluas di Asia Tenggara

taman nasional lorentz papua
instagram.com/ibnukf

Dengan luas sekitar 2,4 hektar, Taman Nasional Lorentz menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Di dalamnya, ada 34 tipe vegetasi seperti hutan rawa, hutan kerangas, hutan sagu, padang rumput, hingga hutan pegunungan.

Wisata di Indonesia ini juga menjadi rumah bagi 630 jenis burung dan 123 mamalia, dimana semuanya meliputi kasuari, megapoda, burung madu, babu duri moncong pendek, kus-kus, hingga kucing hutan.

Bahkan masih banyak jenis fauna dan flora endemik yang belum bisa diidentifikasi saking luasnya taman nasional ini.

2. Asal usul nama Lorentz

taman nasional lorentz
instagram.com/iroel_iman

Cagar alam ini memang ada di Indonesia, tepatnya di antara Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Fak-Fak. Tapi, sadar nggak sih kalau namanya rasa mancanegara?

Yap! Kata Lorentz memang bukan dari Indonesia, melainkan diambil dari nama belakang penjelajah asal Belanda, Hendrikus Lorentz yang menemukan wilayah ini sekitar tahun 1909.

3. Kenapa bisa direpresentasikan sama Google Doodle?

lorentz papua
instagram.com/ronirobins

Taman Nasional Lorentz pada tanggal 4 Desember ini direpresentasikan di dalam Google Doodle. Semuanya bukan tanpa alasan.

Ini karena sekitar tahun 1999 lalu, tepat pada tanggal 4 Desember, UNESCO menetapkan wisata di Papua ini sebagai situs warisan dunia. Berarti sudah 20 tahun lalu cagar alam ini dilindungi.

Dilansir dari situs resmi UNESCO, otoritas taman nasional ini tetap di bawah Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan, Kementerian Kehutanan, dan Lingkungan Hidup RI meski menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Baca juga: Sawahlunto dan 11 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia yang Penuh Pesona

4. Ada gletser tropis yang langka!

gletser taman nasional lorentz
instagram.com/_aaaallll

Tahu nggak sih, di situs warisan dunia Indonesia ini ada gletser atau glasier, yaitu sebuah bongkahan es besar yang terbentuk di atas permukaan tanah dan merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu geologi.

Padahal, seperti kita ketahui, Indonesia merupakan negara tropis. Dimana rasanya nggak mungkin kalau ada salju.

Tapi di Taman Nasional Lorentz, ada gletser tropis yang sudah langka. Selain itu, di destinasi ini ada Puncak Jaya, yaitu satu dari 7 puncak tertinggi di dunia.

5. Berbagai suku di Taman Nasional Lorentz

suku dani
instagram.com/joelsantosphoto

Selain merupakan habitat bagi flora maupun fauna endemik, kawasan taman nasional ini juga menjadi bagian dari tempat tinggal suku asli Papua, yaitu Suku Dani Barat, Suku Sempan, suku Nduga, dan Suku Asmat.

Konon, semua suku itu sudah mendiami wilayah ini sejak 30 ribu tahun lalu. Bahkan, kemungkinan masih ada kelompok yang tinggal di dalam hutan belantara. 

Well, itu dia ulasan singkat tentang Taman Nasional Lorentz yang sedang muncul di Google Doodle pada 4 Desember ini. Gimana, kamu ingin mengunjunginya juga?

0 Comment