Mengenal Teori Mix And Match Warna Baju, Biar Jauh dari Kesan Norak

05 October 2018, at 02:48
0
0
Mengenal Teori Mix And Match Warna Baju, Biar Jauh dari Kesan Norak

Satu hal yang bisa mempengaruhi cantik atau tidaknya keseluruhan penampilan adalah warna baju. Di sisi lain, mix and match warna pakaian bisa jadi hal yang menantang. Salah salah malah bisa norak jadinya.

Bila kamu termasuk salah satu yang masih ragu-ragu untuk memadukan warna baju karena takut bakalan jadi aneh. Wajib banget untuk menyimak teori mix and match berikut ini. Supaya jauh dari kesan norak, dan pastinya bisa tampil kece maksimal dengan kombinasi warna yang nggak itu itu saja.

Yuk langsung simak deh! 

1. Kombinasi Complementary Color

kombinasi warna komplementer
cloudfront.net

Masih ingat dengan diagram warna yang diajarkan di sekolah? Pada dasarnya untuk memadukan warna pakaian supaya nyaman dipandang mata, kita bisa berguru pada aturan diagram warna.

Untuk membentuk perpaduan yang kontras tapi ‘harmonis’ saat dilihat, ada beberapa kombinasi warna yang bisanya digunakan. Yang pertama adalah complementary color atau warna komplementer.

contoh kombinasi warna baju komplementer
leaders.co.il and telegraph.co.uk

Complementary color adalah kombinasi dari dua warna yang saling berseberangan membentuk garis lurus 180 derajat dalam urutan diagram warna. Perpaduan yang satu ini akan menciptakan warna yang sangat kontras tapi sedap dipandang mata. Cocok untuk gaya foto elegan seperti di atas.

Contoh yang bisa dipadukan adalah hijau-merah, ungu-kuning, biru-coklat bata, dan sebagainya.

2. Kombinasi Analogous Color

kombinasi warna analog
pinimg.com

Analogous color atau warna analog adalah perpaduan antara warna yang saling berdekatan. Kombinasinya akan menghasilkan perpaduan yang indah karena kedekatannya dalam diagram warna. 

kombinasi warna baju analog
dailymail.co.uk and telegraph.co.uk

Kamu bisa menggabungkan dua atau tiga warna sekaligus. Contohnya adalah, menggabungkan tiga gradasi dalam satu warna yang akan terlihat serasi.

Selain itu, kamu bisa memilih warna favorit dan kombinasikan dengan warna disebelahnya. Misalnya warna hot pink dengan orange, kuning dengan hijau, dan sebagainya.

3. Kombinasi Triadic Color

kombinasi warna tetradic
pinimg.com

Kombinasi warna triadic adalah gabungan tiga warna dalam diagram yang membentuk segitiga sama sisi. Ketika dipadukan, hasilnya akan terlihat warna-warni tapi tetap seimbang dan sedap dipandang mata. Bisa mirip model di acara fashion show gitu.

kombinasi warna baju triadic
vogue.com and pinimg.com

Kombinasi warna triadic bisa memberikan kesan yang semangat. Sebagai contoh, kamu bisa menggabungkan hijau tua, jingga, dan ungu. Perpaduan tiga warna tersebut memang begitu kontras, tapi tetap nyaman dilihat karena masih sesuai dengan harmoni warna.

Baca juga: 5 OOTD Warna Pastel Ala Hijabers Selebgram Untuk kamu Contek

4. Kombinasi Split-Complementary Color

kombinasi warna split-complementary
pinimg.com

Split-Complementary Color adalah variasi dari warna komplementer. Bila dalam diagram warna, kombinasi ini akan membentuk segitiga sama kaki.

kombinasi warna baju split-complementary
susanwithcamera.com and siudy.net

Kombinasi yang satu ini juga akan membuat warna pakaian menjadi kontras, tapi tak seekstrim warna komplementer atau triadic. Kamu bisa menggabungkan warna merah, hijau tua, dan hijau muda. Kontras tapi tetap menyenangkan dilihat bukan?

5. Kombinasi Tetradic Color

kombinasi warna tetradic
siudy.net

Tak hanya dua atau tiga warna, dalam hal berpakaian kamu bisa tampil kece dengan memadukan empat warna sekaligus. Bila dilihat dalam diagram, kombinasi ini akan membentuk pola persegi panjang.

kombinasi warna baju tetradic
girlshijab.com

Campuran yang begitu colorful ini bisa diaplikasikan pada pakaian, sepatu, dan tas yang kamu pakai. Tetradic color sangat cocok buat kamu yang percaya diri dan berani tabrak warna. Menggunakan nuansa ini kamu akan terlihat ceria dan menyenangkan.

Baca juga: Empat Gaya Fashion ala Jepang, Unik dan Cantik!

Nah itulah teori mix and match warna baju yang kontras tapi jauh dari kesan norak. Sekarang kamu tak perlu ragu-ragu untuk memadukan beberapa warna yang mencolok. Jangan lupa juga bagi yang berhijab, bisa pakai hijab pashmina dengan warna yang senada. Selamat mencoba!

0 Comment