Mengenali Masalah Kesehatan dari Kondisi Bibir, Apa Saja Ya?

01 August 2019, at 09:00
0
0
Mengenali Masalah Kesehatan dari Kondisi Bibir, Apa Saja Ya?

Bibir merupakan salah satu organ penting yang nggak hanya menunjang kesehatan saja namun juga penampilan. Akan tetapi, bagian dari tubuh ini bisa jadi mengalami beberapa masalah di waktu-waktu tertentu.

Mulai dari bibir pecah-pecah, pucat, dan lain sebagainya. Hal tersebut ternyata nggak hanya berpengaruh pada penampilan lho. Kondisi bibir nyatanya dapat menjadi tanda bagi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Berikut ini beberapa kondisi bibir dan artinya pada kesehatan tubuh yang perlu kamu pahami dan ketahui.

Baca Juga: Bibir Kering Bikin Minder? ini Obatnya

1. Bibir Pucat

bibir pucat
fxmedicine.com.au

Salah satu yang paling sering dialami adalah bibir pucat. Kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh kurangnya sinar matahari dan gula darah tubuh yang rendah.

Selain itu, kondisi bibir yang pucat biasanya menjadi tanda bahwa seseoang sedang mengalami anemia dan perlu meningkatkan konsumsi vitamin.

Apabila kondisi bibir pucat sudah parah yang ditandai dengan warna kebiruan, kamu perlu waspada. Pasalnya, hal tersebut dapat menjadi tanda atau indikator masalah yang lebih serius karena darah nggak mendapatkan cukup oksigen karena masalah jantung dan paru-paru.

2. Bibir Kering

bibir kering
internationalnewsblog.com

Bibir kering biasanya disebabkan oleh dehidrasi atau cuaca yang kering. Akan tetapi apabila tubuh sudah cukup terhidrasi dan kondisi bibir masih seperti itu, kemungkinan besar hal tersebut dipengaruhi oleh alergi.

Alergi bisa menyebabkan pembengkakan kulit yang mengiritasi daerah bibir. Hal tersebut dapat disebabkan oleh makanan ataupun kosmetik yang kamu gunakan.

Jika sedang mengalami bibir kering, sebaiknya hindari untuk menjilatnya dengan air liur karena justru akan membuat kondisi menjadi lebih parah.

3. Sudut Bibir Pecah

sudut bibir pecah

Mengalami pecah atau retak di sudut bibir merupakan sesuatu yang mengganggu dan menyakitkan. Meskipun demikian, kondisi tersebut umum terjadi dan disebabkan oleh berbagai hal.

Sudut bibir yang pecah dapat menjadi tanda pola makan yang buruk, kekurangan vitamin, atau adanya infeksi jamur. Selain itu, virus herpes dan mengalami anemia juga bisa menjadi penyabab sudut bibir pecah.

Baca Juga: Apa Saja Sih Tanda-Tanda Alergi Dingin?

4. Pembengkakan Bibir

bibir bengkak
hellosehat.com

Pembengkakan pada bibir dapat menjadi tanda bahwa tubuh menunjukkan reaksi alergi pada makanan, pasta gigi, riasan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, bibir yang bengkak juga dapat dipengaruhi oleh penyakit Crohn yang umumnya juga menyebabkan pembengkakan di usus dan disertai dengan radang gusi dan bibir.

5. Bibir Terbakar, Panas, atau Kemerahan

bibir panas
topsante.com

Selain kesehatan fisik, kondisi bibir ternyata juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan mental lho. Adanya rasa terbakar, panas, atau warna kemerahan pada organ tersebut bisa jadi menunjukkan bahwa orang itu sedang depresi.

Hal ini diakibatkan oleh ketidakseimbangan psikologis yang membuat kelebihan sensorik di otak. Selain itu, emosi yang memanas seperti kemarahan, kecemburuan, dendam, dan lain sebagainya juga memiliki efek yang sama.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa masalah kesehatan yang dapat kamu lihat berdasarkan kondisi bibir. Kalau merasa sudah parah, sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter yang lebih mengerti ya.

0 Comment