Mengenali Penyakit Hepatitis A yang Menyerang Hampir Seribu Orang di Pacitan

30 June 2019, at 07:00
0
0
Mengenali Penyakit Hepatitis A yang Menyerang Hampir Seribu Orang di Pacitan

Jumlah penderita hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur terus bertambah setiap hari. Bahkan hingga Kamis, 27 Juni 2019 lalu jumlahnya mencapai 824 orang.

Diduga, mewabahnya masalah kesehatan tersebut dimulai saat Hari Raya Idul Fitri atau lebaran yang berlangsung beberapa waktu yang lalu.

Agar lebih paham dan dapat menghindarinya, ada baiknya jika kamu mengenali penyakit hepatitis A secara lebih dalam seperti berikut ini.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Bisa Terdeteksi Saat Kamu Donor Darah, Lumayan Cek Kesehatan Gratis!

1. Penyakit Hepatitis A adalah....

penyakit hati
alcoholrehabguide.org

Sebenarnya hepatitis merupakan peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Terdapat 5 jenis virus hepatitis yang dapat menyerang yaitu A, B, C, D, dan E.

Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, begitu pula cara penyebaran dan penanganannya.

hepatitis a
lansingstatejournal.com

Hepatitis A merupakan jenis yang paling mudah ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Akan tetapi, biasanya masalah kesehatan ini dapat sembuh dalam waktu 2 sampai 6 bulan tanpa menyebabkan gangguan yang serius.

Namun pada beberapa kasus, hepatitis A juga berisiko menyebabkan komplikasi gagal hati atau liver akut.

2. Penyebab Hepatitis A

makanan terkontaminasi
pexels.com/@rawpixel

Masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus hepatitis A ini dapat dengan mudah menyerangmu apabila kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi.

Selain itu, kamu juga berisiko lebih untuk terserang masalah kesehatan tersebut apabila tinggal serumah atau di lingkungan dengan banyak kasus hepatitis A dan berhubungan seksual dengan penderita.

3. Gejala Hepatitis A

gejala hepatitis
istockphoto.com

Gejala hepatitis A biasanya muncul beberapa minggu setelah penderita tertular virus tersebut. Namun banyak orang yang nggak mengetahui tanda-tanda awalnya dan hanya menunggu sampai terjadi perubahan warna pada tubuh dan mata menjadi kuning.

Untuk mencegah telatnya pengobatan, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter apabila terjadi gejala awal seperti berikut.

  • Demam
  • Lemas
  • Mual dan muntah
  • Warna fases menjadi pucat
  • Warna urine menjadi gelap

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Kantung Mata Ternyata Bisa Menjadi Tanda Berbagai Penyakit Termasuk Hepatitis Lho!

4. Pengobatan Hepatitis A

pengobatan hepatitis
pexels.com/@rawpixel

Pada dasarnya, hepatitis A akan sembuh dengan sendirinya karena virus bisa dibasmi oleh sistem kekebalan tubuh manusia. Pengobatan yang diberikan hanya difungsikan untuk meringankan gejala yang dialami oleh pasian sampai penyakit sembuh.

Meskipun nggak separah hepatitis C, kamu tetap perlu menjaga kebersihan agar nggak menular kepada orang lain.

5. Pencegahan Hepatitis A

vaksin hepatitis
shutterstock.com

Hepatitis A dapat dicegah dengan cara yang cukup mudah, yaitu dengan melakukan vaksinasi hepatitis A, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang.

Nah, itu dia Sobat Qupas hal-hal tentang hepatitis A yang perlu kamu ketahui agar bisa memahami dan mencegahnya. Semoga mewabahnya masalah kesehatan tersebut di Pacitan nggak semakin parah dan bisa teratasi dengan baik, ya!

0 Comment