Qupas Family

Mengenali Tanda-tanda Overfeeding pada Bayi yang Harus Dihindari

17 December 2019, at 08:00
Mengenali Tanda-tanda Overfeeding pada Bayi yang Harus Dihindari

Menangis merupakan salah satu cara berkomunikasi bayi yang paling umum. Kebanyakan orang mengartikan tangisan bayi sebagai tanda lapar dan ingin menyusu. Padahal, bisa jadi hal tersebut karena hal lain lho!

Salah pemahaman dan selalu memberikan makan atau minum susu kepada bayi setiap kali menangis akan menyebabkan overfeeding.

Overfeeding sendiri merupakan kondisi saat bayi terlalu banyak makan atau minum susu alias kekenyangan. Hal tersebut karena sistem pencernaan si kecil masih belum maksimal, sehingga nggak bisa menyerap terlalu banyak nutrisi untuk pertumbuhan dan kebutuhan energinya.

overfeeding
litlestuff.com

Bayi juga akan menelan udara yang membuatnya kelebihan gas apabila terlalu banyak makan atau minum susu. Kondisi tersebut pastinya akan menyebabkan ketidaknyamanan di perutnya.

Selain karena salah mengartikan tangisan bayi, overfeeding juga dapat terjadi apabila buah hati mengonsumsi susu lewat botol. Menurut beberapa ahli, bayi yang mendapatkan ASI secara langsung jarang mengalami kondisi tersebut karena memiliki respon alami saat sudah merasa kenyang.

Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa tanda bayi overfeeding yang harus orang tua ketahui. Apa saja ya?

Baca Juga: Nggak Melulu Lapar, Ini 5 Arti Tangisan Bayi yang Perlu Orang Tua Pahami

1. Gumoh

bayi gumoh
youmemindbody.com

Gumoh merupakan salah satu hal yang wajar dialami oleh bayi. Akan tetapi, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa ia sudah kenyang Bunda.

Apabila si kecil sering gumoh, orang tua sebaiknya waspada karena kemungkinan besar buah hati mengalami overfeeding.

2. Perut Kembung

tanda overfeeding pada bayi
litlestuff.com

Tanda overfeeding yang satu ini lebih sering dialami oleh bayi yang minum susu dari botol. Pasalnya, hal tersebut membuat si kecil lebih banyak menelan udara.

Kelebihan gas dalam perut buah hati bisa menjadi tanda bahwa ia sudah terlalu banyak makan. Hal tersebut akan membuatnya lebih rewel dan sering menangis.

3. Peningkatan Frequensi Buang Air

tanda overfeeding
findit.com

Saat overfeeding, bayi juga biasanya mengalami peningkatan frequensi buang air kecil yaitu lebih dari 8 kali sehari.

Nggak hanya itu, frequensi buang air besar pun juga bisa meningkat dan dibarengi dengan baunya yang lebih busuk dibandingkan biasanya.

Baca Juga: Nggak Boleh Sembarangan, Ini Panduan Tidur untuk Bayi Baru Lahir yang Aman

4. Tidur Nggak Nyenyak

bayi menangis
parenting.firstcry.com

Seperti orang dewasa, bayi juga akan mengalami sulit tidur apabila ada masalah dalam tubuhnya. Rasa nggak nyaman yang disebabkan oleh perut kembung akibat overfeeding bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Coba perhatikan lagi deh, apakah si kecil sering menangis dan merengek saat tidur?

5. Nggak Nyaman Duduk

overeating pada bayi
americanspcc.org

Tanda overfeeding pada bayi lainnya adalah merasa nggak nyaman saat duduk. Perut yang penuh dengan gas akan membuat si kecil sering menangis dan lebih suka berbaring atau berdiri.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tanda overfeeding pada bayi. Usahakan untuk memberinya makan dengan porsi yang pas agar nggak terjadi masalah pada pencernaannya ya!