Mengenang Kemegahan Katedral Notre Dame, Sang Legenda yang Terbakar di Paris

16 April 2019, at 04:00
0
0
Mengenang Kemegahan Katedral Notre Dame, Sang Legenda yang Terbakar di Paris

Kebakaran meruntuhkan menara Gereja Katedral Notre Dame di Kota Paris pada Senin, 15 April 2019 waktu setempat. Dilansir dari AFP, kejadian ini membuat pemerintah Kota Paris pun mengerahkan sekitar 400 pemadam kebakaran.

Tapi api yang menjalar dengan cepat ini pun membuat atap gereja berbahan kayu berusia 850 tahun itu habis terbakar. Sejumlah patung yang ada di dekat atap juga runtuh.

notre dame de paris
instagram.com/4ray.gallery

Alhasil Dinas Pemadam Kebakaran Prancis kembali mengerahkan 18 unit truk pemadam kebakaran sampai akhirnya api padam sekitar pukul 18.00 waktu setempat.

Pristiwa ini pun meninggalkan duka mendalam bagi banyak pihak. Apalagi api melalap salah satu tempat wisata di Prancis sarat akan sejarah dan jadi landmark paling banyak dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Australia Diserang Gelombang Panas, Ban Mobil Sampai Meleleh!

Dilansir dari beberapa sumber, ini daya tarik dan fakta Katedral Notre Dame yang membuatnya dikenal di seluruh dunia.

1. Berdiri di Atas Kota Kuno

notre dame paris
pexels.com/@ashleyelena

Lokasi Katedral Notre Dame berdiri sekarang ini diketahui ada di atas kota kuno Kaum Pagan Prancis bernama Lutetia. Bahkan menurut kabar, gereja ini dibangun di atas reruntuhan kuil.

Fakta tersebut kembali dipertegas dengan penemuan altar Jupiter dan dewa-dewa lainnya saat penggalian di sekitar tahun 1710 silam. Reruntuhan arsitektur tambahan kembali ditemukan pada tahun 1960-an dan 1970-an.

Saat itu banyak arsitektur yang berasal dari era kuno. Letaknya di ruang bawah tanah arkeologis yang ada di depan Notre Dame.

2. Desain Seperti Terbang

interior katedral notre dame paris
pexels.com/@xiaoyu-chen-204495

Desain Notre Dame bergaya gothic. Bahkan bangunan bersejarah ini disebut-sebut menjadi pelopor arsitektur unik tersebut.

Saat dilihat dari bagian luar, gereja ini ditopang olhe penyangga di sisi kiri maupun kanannya. Inilah yang membuatnya seolah terbang. Unik ya?

3. Ada 'Hutan' di Atapnya

gereja katedral notre dame paris
pexels.com/@adrienn-638530

Katedral ini menyimpan salah satu frame kayu tertua di Paris yang terbuat dari 52 hektar pohon hasil tebangan di abad ke-12. Setiap baloknya terbuat dari satu pohon. Karena hal inilah frame bersejarah tersebut dijuluki sebagai "hutan".

Baca juga: Ada Replika Paris di China!

4. Fakta Menara Notre Dame

gereja notre dame
joinusinfrance.com

Sekilas dua menara Notre Dame terlihat seperti kembar. Tapi setelah diperiksa lagi, menara utara sedikit lebih besar dari pada bagian selatan.

5. Saksi Bisu Pemenggalan 28 Kepala Patung Raja

gereja notre dame paris
instagram.com/kamawen

Pada tahun 1793, tepatnya di tengah-tengah Revolusi Prancis, sektiar 28 patung raja di dalam Katedral Notre Dame diturunkan dengan tali dan dipenggal dengan tongkat.

Momen tersebut jadi lambang runtuhnya monarki sekaligus dimaknai dengan pemenggalan Raja Louis XVI di awal tahun tersebut.

Perlu kamu tahu nih, sekarang 28 kepala patung raja tersebut sudah ditemukan dan tersimpan di Musee de Cluny dekat dari Gereja Katedral Notre Dame.

6. Loncengnya Pernah Jadi Senjata

notre dame
parisbym.com

Masih zaman Revolusi Prancis, sebanyak 20 lonceng di Katedral Notre Dame dilebur untuk dijadikan peluru meriam. Hampir semua sih, kecuali satu yang bernama Emmanuel.

7. Gereja dengan Alat Musik Organ Terbesar di Prancis

katedral notre dame paris
arrivalguides.com

Hal menarik dari landmark populer ini adalah adanya alat musik organ yang terbesar di Prancis. Berasal dari abad ke-18, organ tersebut dimainkan dengan 5 keyboard.

Meski sempat ada kerusakan akibat Revolusi Prancis, tapi kemudian organ tersebut kembali dipulihkan pada tahun 2013 sekaligus sebagai penanda peringatan 850 tahun katedral.

8. Jadi Latar Belakang Novel Terkenal

gereja katedral notre dame de paris
instagram.com/stefanieberthold

Saking megahnya, seorang penulis terkenal bernama Victor Hugo menggunakan katedral sebagai latar belakang novelnya, yaitu "Si Bungkuk dari Notra Dame".

Novel yang terbit sekitar tahun 1831 itu menceritakan tentang Quasimodo yang takut pada rakyat Paris karena kelainan bentuk tubuhnya. Akhirnya ia sembunyi di katedral, tempat ia bekerja sebagai pembunyi lonceng.

Kisah ini pun sempat difilmkan dan diperankan oleh aktor Holywood Charles Laughton. Cerita Hugo pun pernah dibuat jadi film animasi dan diproduksi oleh Disney.

Baca juga: Wow! Ada Pusat Peradaban Islam di Lokasi Syuting Drama Korea Ini!

notre dame de paris terbakar
instagram.com/xavier_quinlan

Sayangnya kini kemegahan Katedral Notre Dame sudah tinggal kenangan setelah geraja di Paris ini dilalap si jago merah. Sedihnya lagi, peristiwa ini terjadi menjelang perayaan Paskah yang akan diselenggarakan pada 21 April 2019 nanti.

Meski begitu, dilansir dari CNN, seorang Miliarder Prancis, Francois-Henri Pinault menyatakan akan menyumbangkan dana senilai 113 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp1,5 Triliun untuk renovasi katedral.

Semoga semua niat baik sang miliarder itu bisa menginspirasi semua orang di dunia dan akhirnya menyelamatkan bangunan bersejarah di Prancis tersebut ya!

0 Comment