Menghadapi Kecemburuan Anak Pertama pada Adik Barunya, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

14 August 2019, at 15:00
0
0
Menghadapi Kecemburuan Anak Pertama pada Adik Barunya, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan orang tua dalam menyambut kelahiran anak kedua. Bukan hanya perihal persalinan, namun juga terkait mental si kakak yang nantinya harus berbagi ayah dan bunda.

Anak usia balita akan mengalami berbagai emosi saat tahu bahwa ia telah menjadi kakak. Wajar apabila si sulung merasa cemburu, iri, dan cemas dengan kehadiran adik barunya. Akan tetapi, buah hati mungkin juga merasa senang dan bangga.

Oleh sebab itu, orang tua harus tahu bagaimana cara menghadapi kecemburuan anak pertama agar dapat menyambut kehadiran adik barunya dengan hangat.

1. Memperkenalkan Adik Sejak dalam Kandungan

memperkenalkan adik sejak dalam kandungan
urgolfpro.com

Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua untuk mengantisipasi cemburu yang berlebihan oleh anak pertama terhadap adiknya yaitu memperkenalkan sejak dalam kandungan.

Berikan pengertian tentang adik bayi dan peran barunya nanti melalui cara yang menyenangkan seperti membaca buku bergambar atau video edukasi. Dengan demikian, buah hati nggak akan terlalu kaget dengan status barunya menjadi seorang kakak.

Ajak anak untuk membuat keputusan-keputusan sederhana dalam persiapan menyambut adik bayinya seperti memilih warna baju dan lain sebagainya. Hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya diri, sayang kepada adik dan kebanggaan pada status barunya.

2. Dengarkan Uneg-uneg Kakak

dengarkan uneg-uneg kakak
gettyimages.com

Berikan dorongan kepada si sulung untuk mengekspresikan semua emosinya, entah yang baik maupun yang buruk dengan berbicara tentang perasaannya. Berikan pengertian pada buah hati bahwa cemburu kepada adik bayi memang hal yang wajar dan harus dibicarakan.

Jangan sampai kecemburuan si kecil hanya menjadi sesuatu yang terpendam dan memunculkan kebencian yang lebih menakutkan.

Dengarkan segala uneg-unegnya agar orang tua tahu bagaimana harus menyikapi rasa cemburu anak sesuai dengan kebutuhan dan keadaan.

3. Pahami Bahwa Kakak Hanya Mencoba Mendapatkan Perhatian

memahami perasaan si sulung
wfamilymedicine.com

Mengurus buah hati yang baru lahir tentu saja merepotkan. Hal tersebut cukup menguras tenaga ayah dan bunda, aplagi ditambah dengan perilaku anak pertama yang berubah menjadi lebih nakal dan menjengkelkan.

Meskipun demikian, sebagai orang tua kamu harus memahami bahwa si kakak hanya mencoba mendapatkan perhatian. Secara nggak sadar, waktu dan perhatianmu pasti berpusat pada si kecil kan? Sehingga, alih-alih memarahinya lebih baik memberinya pengertian.

Baca Juga: Jenis Kelamin Anak Nggak Sesuai Keinginan, Lakukan Ini untuk Obati Kekecewaan

4. Pertahankan Rutinitas

membaca dongeng
parenting.firstcry.com

Nggak hanya perhatian yang berkurang, rutinitas yang biasanya dilakukan orang tua dan anak pun akan berubah seiring dengan kehadiran bayi.

Untuk membantu anak pertama menyesuaikan diri dan mengatasi rasa cemburunya, usahakan untuk tetap melakukan rutinitas sederhana seperti sarapan bersama, nonton kartun di sore hari, membaca dongeng sebelum tidur, dan lain sebagainya.

5. Libatkan Kakak dalam Mengurus Adik

kakak dan adik
louiserosephotography.com

Selain itu, orang tua juga perlu melibatkan anak pertama dalam hal mengurus adiknya. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kasih sayang dalam diri seorang kakak.

Tekankan pada si sulung bahwa mencubit, memukul, dan lain sebagainya merupakan hal yang nggak boleh dilakukan seorang kakak kepada adiknya.

Sebaliknya, kakak bisa memilihkan baju, mengambilkan peralatan bayi, atau memanggil bunda saat adik menangis.

6. Bermain Bersama

bermain bersama
clicklovegrow.com

Mengajak anak bermain bersama juga merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi rasa cemburu kakak kepada si adik.

Ajak kakak untuk melakukan cilukba dan lain sebagainya dengan adik agar ia memahami bahwa si kecil adalah teman bermain dan bukan musuhnya. Hal ini juga akan mempererat ikatan diantara keduanya.

Nah, jadi Sobat Qupas nggak perlu pusing lagi saat kakak cemburu pada adiknya yang baru lahir. Intinya adalah saling memahami dan bersikap sabar karena kecemburuan adalah emosi yang wajar. Tinggal diarahkan dengan cara yang tepat saja kok!

0 Comment