Qupas Travel

Mengintip Air Terjun Tertingginya Jawa Timur yang Tersembunyi di Sudut Jombang

27 January 2020, at 05:00
 Mengintip Air Terjun Tertingginya Jawa Timur yang Tersembunyi di Sudut Jombang

Pernah nggak sih kepikiran soal air terjun di Jawa Timur yang paling tinggi? Ternyata letaknya ada di Kabupaten Jombang, lho.

Air Terjun Tretes Wonosalam namanya. Wisata di Jombang ini diklaim menjadi salah satu yang tertinggi di Jatim. Ini karena tingginya mencapai 158 meter.

Kamu penasaran seperti apa sebenarnya wisata Air Terjun Tretes? Yuk simak ulasan singkat berikut!

1. Air terjun tertinggi di Jatim yang memesona

Air Terjun Tretes (Foto: instagram.com/deni_setiawan_39)
instagram.com/deni_setiawan_39

Air terjun di Jombang yang tingginya sampai ratusan meter ini terletak di ketinggian 1.250 mdpl. Sekarang destinasi ini dikelola Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo Jawa Timur.

Berada di wisata kawasan Gunung Juruk Gua dan Gunung Anjasmoro ini, kamu bisa melihat air yang mengalir dari tebing menjulang tinggi. Nuansa khas pegunungan, dimana ada beragam tanaman hijau dan udara sejuk pun bakal kamu rasakan.

2. Wisata Jombang buat para petualang sejati

Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur (Foto: instagram.com/anggakriss)
instagram.com/anggakriss

Buat para petualang, pantang untuk melewatkan tempat wisata di Jombang satu ini. Karena untuk mencapai lokasi, aksesnya cukup sulit. Dari pemukiman warga di Dusun Pengajaran pun jarak yang perlu kamu tempuh masih sekitar 4 kilometer.

Tapi kamu bisa jalan kaki maupun naik ojek untuk mencapai salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur ini. Tarifnya sektiar Rp20 ribu per orang untuk jasa angkutan darat tersebut.

Air Terjun di Jombang (Foto: instagram.com/albashars)
instagram.com/albashars

Selama perjalanan, jalan sempit dan terjal bakal kamu lewati. Lalu setibanya di Pos Tahura, kamu masih perlu jalan kaki dengan jarak kurang lebih 1 kilometer.

Lapar melanda saat perjalanan? Tenang, di sana ada warung yang menjual jajanan hingga air mineral.

3. Asal-usul nama 'Tretes'

Air Terjun Tretes Jombang (Foto: instagram.com/eyan_m_arya)
instagram.com/eyan_m_arya

Air Terjun Tretes Wonosalam punya cerita menarik. Ternyata namanya sudah dikenal sejak tahun 1930 silam.

Konon dulu ada seorang pejabat perkebunan yang mencoba untuk budidaya tanaman kopi di kawasan pegunungan desa tersebut. Sambil melakukan kegiatannya, ia juga memanfaatkan air yang mengalir dari kawasan tersebut.

Setiap sore selesai berkebun, pejabat Belanda bernama Tekad tersebut selalu duduk di area air yang menetes. Sayang, saat ia akan menanam kelapa sawit, air nggak mengalur juga. Bahkan cuma menetes sedikit saja.

Air Terjun di Wonosalam Jombang (Foto: instagram.com/faris.izen)
instagram.com/faris.izen

Karena hal itu, ia meminta beberapa warga pribumi untuk melihat air tetesan dari gunung tersebut. Beberapa jam kemudian, masyarakat pun berbondong-bondong untuk membuat tumpeng dan membawa sepasang kucil untuk melakukan ritual di kawasan air terjun.

Ritual dilakukan dengan mengawinkan kucing yang mereka bawa untuk acara persembahan meminta air dari pegunungan. Akhirnya, kegiatan itu membuahkan hasil. Air mulai turun dari puncak setetes demi setetes. Katanya hal itulah yang membuat destinasi ini dinamakan Air Terjun Tretes.

Baca juga: Kedung Cinet, Sungai yang Dikelilingi Tebing Berukir di Jombang

4. Wisata murah di Jombang

Air Terjun di Pengajaran Jombang (Foto: instagram.com/lutfiahhm)
instagram.com/lutfiahhm

Untuk bisa memasuki area wisata di Jombang ini, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak biaya. Cukup menyediakan budget Rp10 ribu saja.

Menariknya lagi, ternyata warga Desa Pengajaran yang memasuki kawasan air terjun ini nggak perlu bayar, lho. Hmm, mungkin kamu bisa liburan bareng teman yang merupakan penduduk setempat kalau ingin liburan secara gratis. Hehe~

5. Cara ke Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes Wonosalam (Foto: instagram.com/prasetia_bhayu)
instagram.com/prasetia_bhayu

Lokasi Air Terjun Tretes berada di kawasan Hutan Raya Raden Soerjo, Dusun Pengajaran, Desa Galeng Dowo, Kecamatan Wonosalam. Agar bisa sampai di wisata Jombang ini, kamu bisa menggunakan 2 jalur.

Pertama melalui Kabupaten Jombang. Setelah memarkir kendaraan di pemukiman warga, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 5 kilometer dengan melintasi jalan setapak serta lewat bukit dan sungai.

Air Terjun Tretes Pengajaran (Foto: instagram.com/musyaffa.dzaki)
instagram.com/musyaffa.dzaki

Sementara jalur kedua melalui Kabupaten Kediri menuju Kecamatan Kandangan. Sampai di pertigaan pasar Kandangan, beloklah ke kiri menuju Galeng Dowo.

Di sinilah kamu bakal dihadapkan dengan jalan berbatu. Sehingga menggunakan kendaraan offroad sangat disarankan.

Well, Air Terjun Tretes memang lumayan sulit dijangkau. Tapi tempat wisata di Jombang ini sayang banget kalau sampai dilewatkan, terutama buat kamu yang suka bertualang.