Mengintip Indahnya Waikelo Sawah, Konsep Surga Dunia Sesungguhnya di Sumba

15 February 2019, at 06:00
0
0
Mengintip Indahnya Waikelo Sawah, Konsep Surga Dunia Sesungguhnya di Sumba

Keindahan bak surga. Mungkin Sumba bisa digambarkan seperti itu. Meski dikenal sebagai wilayah yang cenderung tandus dan kering, namun ada satu kawasan yang bisa dikatakan menyejukkan mata.

Tempat ini bukan hanya menjadi salah satu wisata unik dan terbaru di Pulau Sumba. Bahkan ternyata keberadaannya punya arti tersendiri bagi warga.

Jangankan pemandangan sawah. Sejauh mata memandang, panorama alam yang serba hijau dipadukan dengan gemericik air yang mengalir di sekitarnya membuat objek wisata Sumba ini patut dikunjungi ketika kamu liburan.

Penasaran seperti apa penampakan dari wisata Sumba yang alami ini? Let's check it out!

1. Waikelo Sawah sebenarnya untuk pengairan di Sumba

waikelo sawah
instagram.com/handypaang

Waikelo Sawah sebenarnya bukan wisata komersial. Tempat ini merupakan salah satu sumber mata air di Sumba yang nggak pernah mengering sekalipun, meski musim kemarau datang.

Seperti diketahui, Pulau Sumba merupakan wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang punya iklim unik, dimana musim kemarau 3 kali lipat lebih panjang daripada penghujannya.

Beruntung ada banyak sumber mata air di Sumba. Salah satunya Waikelo yang kini menjelma bak surga tersembunyi di pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini.

Baca juga: Ada Surga Tersembunyi di Pulau Sumba, Kapan Mampir?

Pembagunannya sendiri pada tahun 1976 dan ditujukan untuk irigasi serta pembangkit listrik. Bahkan area ini menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama di Sumba saat itu.

2. Konsep surga di tanah Sumba yang jadi spot kekinian

wisata waikelo sawah
instagram.com/alibufteim

Berada di kaki bukit dan dikelilingi pepohonan rimbun membuat Waikelo Sawah menjadi destinasi yang menyejukkan. Pemandangan sawah milik warga setempat juga menambah daya tarik wisata Sumba ini.

Nggak heran kalai suasana Waikelo Sumba ini sangat teduh dan menyegarkan. Mau menenangkan pikiran atau hanya hunting foto? Maka Waikelo adalah jawabannya.

3. Cara ke Waikelo Sawah

waikelo sawah sumba
instagram.com/ilhamarch

Tema Tana, Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur adalah alamat Waikelo Sawah. Dari pusat Tambaloka (ibukota Sumba Barat Daya), jaraknya sekitar 12 kilometer dan estimasi waktu selama 40 menitan berkendara.

Kondisi jalan menuju ke Waikelo bervariasi. Ada yang sudah beraspal dan terdapat pula jalan berkerikil.

Sayangnya masih belum ada transportasi umum untuk bisa sampai ke destinasi wisata Sumba ini. Jadi kamu perlu menggunakan jasa ojek dari Tambolaka atau menyewa kendaraan bermotor.

4. Tiket masuk Waikelo Sawah berapa?

tiket masuk waikelo sawah sumba
instagram.com/siti_muliawati

Berapa harga tiket masuk ke Waikelo Sawah? Berdasarkan informasi yang beredar, wisata Sumba ini masih bisa dikunjungi secara gratis. Namun bisa saja kabar tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Menariknya lagi, tempat wisata di Sumba ini bisa dikunjungi selama 24 jam. Kendati demikian, lebih baik datang saat siang sampai sore hari saja supaya hasil fotomu lebih bagus.

5. Waktu terbaik datang ke Waikelo Sawah Sumba

tempat wisata di sumba waikelo sawah
instagram.com/al.adzkar

Perlu kamu ketahui juga, waktu terbaik berkunjung ke Waikelo Sawah adalah sekitar bulan Februari, Maret dan November.

Sebab di bulan-bulan ini kamu bisa menyaksikan ritual tradisional tahunan di Sumba, seperti:

  • Pasola (adu tombak sambil menunggang kuda)
  • Wula Podu (tarian sakral)

Gimana, Menarik kan? Jadi jangan ragu lagi untuk mampir di waktu-waktu tersebut supaya liburanmu ke Sumba lebih berkesan.

Baca juga: Liburan ke Air Terjun di Sumba yang Cantiknya Luar Biasa Ini, yuk!

6. Larangan berenang di Waikelo Sawah

wisata sumba waikelo sawah
instagram.com/ibnymuttaqil

Waikelo Sawah bentuknya mirip gua alami dengan lebar 4 meter dan tinggi 3 meter. Mulut gua membentuk kolam dengan air alami. Memang kolamnya terlihat tenang.

Tapi pengunjung dilarang untuk berenang karena ada arus besar di dalam kolam tersebut. Ditambah debit air yang mengalir dari bendungan Waikelo cukup deras, yakni 1.000 liter/ detik (penelitian Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumba Barat Daya).

Jadi kamu hanya bisa menikmati panorama di sekitar bendungan yang tampak seperti memiliki air terjun.

Aliran air terjun Sumba ini mengalir ke mulut gua. Selanjutnya membendung dan akhirnya berguna untuk kebutuhan irigasi dan PLTA.

7. Akomodasi di sekitar Waikelo Sawah

penginapan dekat waikelo sawah
instagram.com/orobeach_houses

Kamu mungkin nggak akan menemukan fasilitas seperti tempat makan maupun hotel di Waikelo Sawah. Tapi masih ada akomodasi dekat wisata Sumba ini yang bisa kamu peroleh.

Salah satunya adalah Oro Beach Houses yang berada di Weepangali, Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Tarif menginapnya mulai dari Rp764.750,00.

Desa Tema Tana yang merupakan lokasi Waikelo Sawah bisa ditempuh dengan estimasi waktu selama 1 jam dari penginapan yang ada di ibukota Sumba Barat Daya tersebut. Gimana, tertarik untuk menginap?

8. Kuliner khas sumba yang patut dicoba

makanan khas dekat waikelo sawah
instagram.com/rooluwaresto

Mampir ke Waikelo, kurang lengkap rasanya kalau nggak coba makanan khas Sumba yang enak. Misalnya saja seperti "ayam rebus kodi dan ayam rebus Wewewa".

Lokasinya ada di Ro'o Luwa Resto & Cafe, Jalan Simpang Weelonda, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Hmmm, pasti yummy banget nih!

Gimana, sudah tahu kan betapa cantiknya Pulau Sumba? Apalagi ditambah dengan kehadiran Waikelo Sawah, wisata dengan pemandangan hijau memikat mata. Langsung agendakan liburanmu ke sini, yuk!

0 Comment