Mengintip Keindahan Alam Mamuju, Calon Ibukota Baru RI Usulan Wapres JK

03 May 2019, at 17:00
0
0
Mengintip Keindahan Alam Mamuju, Calon Ibukota Baru RI Usulan Wapres JK

Belakangan ini wacana untuk memindahkan ibukota ke luar Jawa tengah menjadi perbincangan hangat. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pun sempat memberi usulan soal rencana tersebut.

Adalah Kota Mamuju yang menjadi usulan sang wakil presiden Indonesia menjadi calon ibukota negara. Wilayah ini adalah kawasan pesisir di Sulawesi Barat dan diapit oleh kota besar di Pulau Sulawesi, yaitu Makassar dan Palu.

Wapres JK pun menilai, keberadaan Mamuju ada di tengah-tengah Indonesia kalau diukur dari utara, barat, timur dan selatan.

ikon sulawesi barat
bhaca.com

Meski baru sekedar wacana soal pemindahan ibukota, nggak ada salahnya untuk mendalami apa saja sih potensi dari Mamuju yang diusulkan oleh Wapres kita tersebut. Terutama soal pariwisatanya nih.

Sebagai ibukota Sulawesi Barat yang usianya masih relatif muda, ternyata wisata alam di wilayah ini nggak bisa diremehkan. Banyak destinasi menarik yang jadi favorit para pelancong dan bisa lebih dikembangkan.

Mau tahu dimana saja letaknya? Yuk simak baik-baik uraian Qupas berikut!

Baca juga: Ayunan di Sulawesi Ini Bikin Kamu Melayang di Atas Hamparan Bukit, Berani Coba?

1. Pantai Sarudu

pantai sarudu
instagram.com/imranrosadi_imee

Pantai ini letaknya di lintas jalan trans Sulawesi, yaitu antara Mamuju dan Donggala. Lokasinya yang strategis inilah membuat Pantai Sarudu sering dijadikan sebagai rest area.

Meski kurang perawatan, tapi pemandangan sunset di Pantai Sarudu nggak kalah dari wilayah pesisir yang lain, lho.

Lokasi Pantai Sarudu : Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat

Tiket masuk : Rp10.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Pulau Karampuang

pulau karampuang
instagram.com/karampuangisland

Satu-satunya sarana transportasi untuk menikmati keindahan bawah laut maupun daratan Pulau Karampuang adalah dengan naik perahu selama kurang lebih 20 menit perjalanan. Titik keberangkatannya dari Pelabuhan Mamuju.

Meski minim transportasi, wisata di Sulawesi ini nggak pernah sepi. Apalagi pemandangan di sini cantik. Begitu juga dengan panorama bawah lautnya yang bisa kamu nikmati dengan cara diving maupun snorkeling. Seru, kan?

Lokasi Pulau Karampuang : Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat

Tiket masuk : Gratis, naik perahu dengan biaya sekitar Rp20.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Air Terjun Tammasapi

air terjun tammasapi
instagram.com/galery_lalu_photo

Air terjun di Sulawesi ini ketinggiannya sekitar 75 meter dengan sumber yang berasal dari Sungai Tamasapi. Untuk bisa sampai ke sini, kamu perlu jalan kaki sejauh 1 kilometer dari parkiran.

Suka makan durian? Maka tempat ini juga recommended untuk kamu kunjungi. Soalnya tepat di musim durian, kamu bisa puas membeli buah beraroma khas itu pada penduduk setempat dengan harga murah.

Lokasi Air Terjun Tammasapi : Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat

Tiket masuk : Rp4.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Air Terjun Cantik di Sulawesi Ini Terbentuk Akibat Bencana Alam, Lho!

4. Pantai Sumare

pantai sumare
instagram.com/silviitami

Kalau pantai pasir putih ini jadi salah satu tempat wisata favorit di Mamuju. Terlebih di akhir pekan, area pesisir ini akan dipenuhi oleh wisatawan.

Pantai cantik ini bisa ditempuh dari Mamuju dengan transportasi darat selama kurang lebih 30 menit berkendara. Soal fasilitas, nyaris semua ada. Mulai dari penginapan hingga gazebo pun ada.

Menariknya lagi, kamu nggak perlu menyediakan retribusi untuk masuk ke pantai ini. Tapi untuk sewa gazebo, kamu perlu membayar Rp50.000,00 per hari (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Lokasi Pantai Sumare : Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Mamuju, Sulawesi Barat

Tiket masuk : Gratis

5. Pantai Manakarra

pantai manakarra
instagram.com/malu_samauban

Kalau pantai satu ini bisa dibilang jadi ikon di Sulawesi Barat. Wisata pesisir ini pun selalu saja dipadati pengunjung setiap harinya.

Di sekitar pantai banyak penjual camilan maupun kios-kios sehingga memudahkan para traveler. Menariknya lagi, kamu nggak perlu menyediakan budget lebih untuk bisa masuk kawasan wisata ini.

Lokasi Pantai Manakarra : Jalan Yos Sudarso, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat

Tiket masuk : Gratis

6. Kelapa Tujuh

kelapa tujuh
instagram.com/bobbysxe

Tempat yang juga dikenal sebagai Anjoro Pitu ini berupa kawasan perbukitan. Destinasi di Mamuju ini pun sering dikunjungi banyak wisatawan.

Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat pemandangan kota secara keseluruhan. Bahkan lautan lepas dan Pulau Karampuang pun bisa kamu saksikan dari sini.

Lokasi Kelapa Tujuh : Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat

Tiket masuk : Gratis

Terkait wacana pemindahan ibukota ke Mamuju tampaknya masih menuai pro dan kontra. Soalnya wilayah tersebut masih dilalui garis ring of fire yang punya potensi besar gempa bumi.

Baca juga: Wisata di Indonesia Ini Ternyata Terbentuk Akibat Bencana!

Meski nantinya Mamuju nggak jadi ibukota baru Indonesia pun, pesona alamnya pantang untuk dilewatkan. Semoga saja akan banyak perbaikan di destinasi-destinasi tersebut, sehingga akan lebih banyak menarik perhatian para traveler. Bukan cuma wisatawan lokal, tapi mancanegara ya!

0 Comment