Mengintip Keindahan Pulau Lembeh, Destinasi di Sulawesi Utara Kebanggaan Jokowi

09 July 2019, at 08:00
1
1
Mengintip Keindahan Pulau Lembeh, Destinasi di Sulawesi Utara Kebanggaan Jokowi

Selain Bunaken, keindahan Sulawesi Utara juga terletak di Pulau Lembeh. Bahkan destinasi yang secara administrasi masuk di wilayah Kota Bitung ini sudah mendapatkan pujian dari Presiden kita, Joko Widodo alias Jokowi.

Melihat potensi wisata tersebut, Presiden Jokowi melalui unggahan di Instagram-nya menyebut pemerintah bakal membangun jembatan sepanjang satu kilometer guna menghubungkannya langsung ke daratan Kota Bitung.

pulau lembeh sulawesi utara
instagram.com/prizil

Penghubung itu akan membelah perairan sepit Selat Lembeh dan terhubung dengan jalan tol Manado-Bitung kalau proyeknya rampung tahun depan. Harapanya, jembatan tersebut bisa mmebuat pariwisata Pulau Lembeh bisa lebih hidup lagi.

Nah, kalau Presiden Jokowi saja sudah menyanjung pulau di Sulawesi Utara ini, jadi nggak ragu lagi deh soal keindahannya. Biar kamu juga nggak penasaran, yuk simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Pak Jokowi Juga Rekomendasiin Wisata Dalam Negeri Ini, Nggak Kalah Cantik Lho!

1. Surganya para penyelam

kuda laut pygmy
instagram.com/yubzukamoto

Nggak salah memang kalau Pak Jokowi memuji Pulau Lembeh. Tempat wisata di Sulawesi Utara ini memang indah, terutama alam bawah lautnya. Karenanya, Lembeh juga nggak bisa dilepaskan dari dunia diving atau penyelaman.

Kurang lebih ada sebanyak 95 spot diving di Perairan Selat Lembeh. Masing-masing pun punya kelebihannya sendiri. Bahkan saking banyaknya, dilansir dari Detik, ada penyelam yang disebut-sebut butuh seenggaknya 20 tahun untuk menelusuri semua titik diving di Selat Lembeh.

Buat pecinta fotografi makro, Pulau Lembeh juga cocok untuk ditelusuri. Apalagi tempat ini adalah habitat kuda laut pygmy maupun biota laut unik dan endemik lainnya.

2. Menyaksikan Tugu Trikora

tugu trikora
instagram.com/wdpratama

Pulau Lembeh bukan cuma memanjakan mata para penyelam profesional. Destinasi ini juga cocok dikunjungi para pecinta sejarah maupun fotografi.

Di sini, kamu bisa mengunjungi Tugu Trikora, saksi bisu operasi Trikora, upaya perlawanan terhadap Belanda yang digagas oleh Soekarno demi membebaskan Irian Barat (sekarang Papua) dan masuk ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saat berada di Tugu Trikora, kamu bisa melihat pesawat DC-3 Dakota TNI AU yang dulu pernah digunakan dalam operasi Trikora.

patung yesus memberkati
instagram.com/intania.j

Selain Tugu Trikora, kamu pun bisa mengunjungi Patung Yesus Memberkati. Dari sini, panorama Selat Lembeh dari ketinggian bisa kamu saksikan. Katanya, patung setinggi 30 meter ini adalah kembaran dari Patung Cristo Redentor yang ada di Brasil, lho.

Baca juga: Selain Patung Yesus Memberkati, Tempat Wisata di Indonesia Ini Juga Suguhkan Jembatan Kaca Paling Keren!

3. Menyusuri hutan mangrove Lembeh

hutan mangrove lembeh
instagram.com/aldost

Setelah alam bawah lautnya, nggak ada salahnya buat mampir ke hutan mangrove Pulau Lembeh. Selain untuk foto-foto, sekedar jalan santai dan menghirup udara segar juga tetap asyik.

Sayangnya, menurut informasi baru yang beredar, fasilitas kawasan Ekowisata Mangrove di Lembeh ini banyak yang sudah rusak. Semoga saja pihak pengelola segera mengatasinya supaya pariwisata Pulau Lembeh semakin berkembang.

4. Cara ke Pulau Lembeh

pulau lembeh
instagram.com/lexymaharani

Lokasi Pulau Lembeh sendiri berada di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Untuk bisa ke tempat wisata ini, kamu bisa berangkat dari Manado menuju Kota Bitung dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 45 menit.

Sesampainya di Bitung, kamu harus menuju ke Dermaga Ruko Pateten. Dari sini, nanti kamu bakal menyeberang ke Pulau Lembeh selama kurang lebih 15 menitan.

Well, Pulau Lembeh memang menarik untuk dikunjungi. Terutama buat para penyelam dan penikmat wisata alam maupun sejarah. Jadi, kamu bakal ke sana dalam waktu dekat ini atau nanti setelah pembangunan tol Manado-Bitung selesai dibangun oleh pemerintah?

1 Comment
Vania Prima
10/07 - 01:56
bagus banget yaaaa