Mengintip Kemegahan Brahma Vihara Arama, Wisata Religi yang Eksotis di Pulau Bali

19 May 2019, at 11:00
0
0
Mengintip Kemegahan Brahma Vihara Arama, Wisata Religi yang Eksotis di Pulau Bali

Brahma Vihara Arama adalah salah satu dari sekian destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Berdasarkan bentuk bangunan sampai panorama yang ditunjukkan dari tempat ini membuatnya banyak dikunjungi banyak wisatawan.

Selain itu, ada pula beberapa hal yang membuat destinasi di Buleleng Bali ini istimewa. Mau tahu? Yuk simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Wisata di Buleleng Ini Bikin Liburanmu Nggak Terlupakan!

1. Desain Bangunan Khas Bali

ruang meditasi brahma vihara arama
instagram.com/fransisca_leonardo

Salah satu hal yang menarik dari wihara yang didirikan oleh Bante Girri Rakhito Mahatera pada tahun 1958 ini adalah desain bangunannya.

Begitu memasukinya, kamu seolah sedang ada di pura. Memang sih, arsitektur dari bangunan ini disesuaikan dengan arsitektur khas Bali.

brahma vihara arama
instagram.com/soturg

Halaman Brahma Vihara Arama sendiri terdiri dari 3 bagian, yaitu nista, madya, dan utama mandala dihubungkan dengan anak tangga yang bertuliskan prinsip-prinsip ajaran Budha.

Menariknya lagi, di dalam wisata religi Bali ini ada banyak arca, seperti Arca Buddha dan Arca Parinirwana. Keduanya pun terbuat dari perunggu berlapis emas dan merupakan sumbangan dari Thailand dan Sri Lanka di sekitar tahun 1977.

2. Tempat Meditasi di Bali

brahma vihara arama bali
instagram.com/bali_luxurylife

Bangunan yang berdiri di lahan seluas kurang lebih 1 hektar ini juga dijadikan tempat meditasi, lho. Bahkan meski bukan orang Buddha, pengunjung lain juga boleh ikut bersemedi atau berdoa di sini.

Letaknya sendiri ada di dalam vihara, dimana nantinya kamu akan menemukan miniatur Candi Borobudur. Tepat di depan bangunan inilah pngunjung bisa bermeditasi.

3. Bagian dari Brahma Vihara Arama

vihara buddha banjar
instagram.com/lizakryanga

Brahma Vihara Arama sendiri punya terdiri dari beberapa bagian bangunan dan punya fungsi masing-masing, yaitu:

  • Upostha Gara: Terletak dii puncak sebelah barat, tempat ini fungsinya untuk penasbihan (pengukuhan) para bhiku Samanera (calon bhiku).
  • Dharmasala: Letaknya di sebelah timur. Di tempat ini para bhiku melakukan kebaktian, memberi khotbah, dan tempat ini berfungsi sebagai tempat melakukan aktivitas spiritual.
  • Stupa: Terletak di sudut barat laut, bangunan ini bentuknya seperti lonceng raksasa dimana seluruh sisinya terbuat dari beton dengan relief yang sangat mengagumkan.
  • Pohon Bodi: Ada di sudut barat daya, bangunan yang merupakan simbol kemenangan Sang Buddha pada waktu mencapai  "Samma Sang Buddha" (kesempurnaan yang abadi) ini umumnya digunakan setiap pengunjung melakukan meditasi terutama pada hari raya Waisak atau Asada.
  • Kuti: Beberapa ruangan yang digunakan sebagai tempat tinggal para bhiku maupun para siswa yang sedang menuntut ilmu. Kadang tempat ini juga digunakan untuk tempat latihan para bhiku.

Baca juga: Pura di Bali Ini Letaknya di Dalam Gua, Unik Banget Deh!

4. Spot Epik dari Brahma Vihara Arama

wisata religi bali brahma vihara arama
instagram.com/gare_dunord

Bangunan yang dibuka sekitar tahun 1969 ini letaknya ada di kawasan perbukitan. Maka nggak heran kalau kamu akan merasakan hawa sejuk saat di sini. Suasananya pun tenang dan damai, cocok untuk meditasi.

Dekat dari vihara, ada objek wisata Pemandian Air Panas Banjar. Bahkan dari destinasi religi di Bali ini kamu bisa melihat Pantai Lovina karena memang bangunannya menghadap ke lautan.

5. Fasilitas Brahma Vihara Arama

wisata religi brahma vihara arama bali
instagram.com/_kusumadewi_

Salah satu fasilitas yang ada di destinasi di Bali ini adalah lahan parkir mobil dan motor. Ruang peminjaman kain juga ada kalau memang kebetulan kamu pakai celana pendek saat mampir ke sini. Jadi usahakan pakai celana panjang atau pakaian yang sopan, ya!

Soal tiket masuk, kamu nggak perlu lagi membayar tiket masuk. Tapi cukup sediakan saja biaya untuk parkir kendaraan.

6. Cara ke Brahma Vihara Arama

wisata brahma vihara arama bali
instagram.com/jen_mimkha

Lokasi Brahma Vihara Arama ada di Gang Sahadewa, Banjar Tegeha, Banjar, Kabupaten Buleleng. Dari Kota Singaraja, jaraknya kurang lebih 22 kilometer.

Untuk bisa sampai ke wisata Bali ini, cukup ikuti jalan utama melewati daerah Lovina. Selanjutnya nanti akan kamu temukan Desa Banjar di kiri jalan. Jalannya bisa dilewati motor atau mobil kok.

Setelah tahu keistimewaan Brahma Vihara Arama, kamu tertarik untuk mampir atau nggak nih, Sobat Qupas? Kamu bisa sambil belajar lebih dalam agama, khususnya untuk penganut Buddha. Mau sekedar melihat bangunan sekaligus pemandangan sekitar yang epik banget juga boleh. Dijamin nggak rugi deh.

0 Comment