Mengintip Komunitas Beautiesquad, Wadah Bagi Beauty Blogger untuk Berbagi dan Belajar Makeup

27 February 2019, at 11:00
0
0
Mengintip Komunitas Beautiesquad, Wadah Bagi Beauty Blogger untuk Berbagi dan Belajar Makeup

Perempuan dan kecantikan menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan. Kegemaran kaum hawa pada berbagai produk dan teknologi kecantikan membuat mereka selalu ingin berkumpul dengan pemilik minat yang sama.

Bergabung dengan komunitas kecantikan pun jadi salah satu cara bagi beauty enthusiast untuk mendapatkan iklim yang sama. Dari banyaknya komunitas yang tersebar di Indonesia, ada satu yang unik dan telah bersedia berbagi cerita dengan Redaksi Qupas, yaitu Beautiesquad.

Seperti apa awalnya komunitas ini berdiri, hingga kini jadi wadah bagi para beauty enthusiast dan memiliki aktivitas rutin setiap bulannya? Yuk simak ulasan berikut!

1. Awal terbentuknya Beautiesquad

founder komunitas beauty squad
instagram.com/phirlyv

Sebagai beauty blogger pemula, Virly KA, founder Beautiesquad awalnya hanya berani komentar di forum online bersama tiga temannya, Alifah Puarada, Annisa Pertiwi dan Liana Eka. Hingga kemudian mereka berkolaborasi dan banyak peminat yang bergabung hingga membuat group di Facebook dan akun Instagram pada tahun 2017.

"Waktu itu kita sama-sama blogger newbie dan masih cupu soal blogging. Mau nanya senior juga sungkan. Terus kita bikin grup di WA buat chit chat sambil sharing,” ungkap Virly.

“Terus kita bikin makeup collaboration yang berlanjut terus sampe sekarang," tulis perempuan yang mengaku berzodiak Sagitarius saat dihubungi Redaksi Qupas melalui pesan singkat.

2. Tujuan terbentuknya Beautiesquad

anggota beautiesquad
instagram.com/akpertiwi

Sebagai komunitas, Beautiesquad memiliki Visi dan Misi tertulis. Tujuan utamanya adalah untuk belajar dan berkembang bersama sekaligus menjadi wadah bagi beauty blogger pemula.

"Tujuan awalnya biar beauty blogger yang masih berkembang punya wadah, dan nggak jadi blogger abal," tulis Virly sambil membubuhkan emotikon smile.

3. Anggota yang bergabung dengan Beautiesquad

anggota beauty squad
instagram.com/beautiesquad

Beautiesquad memiliki member yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian besar berasal dari Jakarta, Bandung, Malang, Semarang, Yogyakarta, Medan, Papua, dan Denpasar.

Tapi selain itu, anggotanya juga banyak yang berasal dari kota-kota kecil lainnya.

4. Beautiesquad, komunitas rasa profesional

anggota beautiesquad
instagram.com/beautiesquad

Meski terbentuk atas dasar suka rela, Beautiesquad tetap mengelola komunitasnya secara profesional bahkan memiliki anggota dengan berbagai devisi.

"Kita walaupun namanya masih komunitas tapi operasionalnya kita jaga seprofesional mungkin," terang Virly.

Saat ini, Beautiesquad memiliki 14 orang sebagai officer dengan tugas yang berbeda-beda. Mulai dari devisi social media, graphic desainer, finance hingga community relations.

5. Suka duka di Beautiesquad

suka duka di beautiesquad
instagram.com/phirlyv

Bagi Virly yang setiap harinya bekerja pada sebuah creative agency di Semarang, mendirikan komunitas Beautiesquad itu sukanya banyak banget. Mulai dari teman-teman baru, networking, hingga bisa eksekusi ide-ide baru.

Satu lagi yang menjadi penyemangat untuk tetap menghidupkan komunitas ini adalah melihat temannya menjadi influencer profesional.

"Paling seneng kalo ada beauty blogger yang udah jadi macro influencer dan masih inget dulu mulainya dari Beautiesquad," tulis Virly.

kegiatan beautiesquad
instagram.com/lianaestt

Saat ditanya mengenai duka selama medirikan Beautiesquad, perempuan yang tinggal di Semarang ini lebih suka menganggapnya sebagai tantangan.

"Dukanya sih, bukan duka ya, lebih ke challenging aja. Manage orang-orang itu menyita energi juga sih. Ngingetin officer-officer Beautiesquad, memastikan semua divisi jalan terus, belum lagi pas perlu nyari officer baru buat gantiin yang resign. Hahaha,” jelas Virly.

"Sama pas lagi ngadain event gitu bisa hectic banget tektokan sama brand," tambahnya.

Baca juga: Inspirasi Makeup Glamor Ala Beauty Vlogger Ternama, Yuk Ikutin!
Satu lagi yang kadang membuat kesal perempuan yang mengaku berusia lebih dari 25 tahun ini yaitu saat ada kerjasama endorsement dengan brand dan ada blogger yang tidak melakukan eksekusi sesuai dengan brief.

6. Eksistensi Beautiesquad

kegiatan beautiesquad
instagram.com/beautiesquad

Beautiesquad kerap bekerjasama dengan brand kecantikan ternama dan mengadakan berbagai event, baik offair maupun online. Sekedar informasi, komunitas ini telah merayakan ulang tahunnya yang kedua.

Bertepatan dengan hari jadinya tersebut, Beautiesquad mengadakan giveaway tiap minggu selama satu bulan penuh dan mengadakan event kolaborasi makeup yang bekerjasama dengan brand kecantikan secara online.

gathering pertama anggota beautiesquad
instagram.com/beautiesquad

Hal ini kemudian membuat para anggota Beautiesquad tergugah untuk saling bertatap muka. Mereka kemudian mengadakan acara gathering yang dilaksankan pertama kalinya di Yogyakarta.

Berbagai brand produk yang pernah kerjasama dengan Beautiesquad di antaranya, Inez, Sariayu, PAC, Avoskin, Eternally, Shylas Factory, The Body Heart, Sensatia Botanicals, Biokos, Fanbo, Zoya, Purbasari, Nihonmart dan masih banyak lagi.

7. Syarat bergabung dengan Beautiesquad

Tak ada syarat khusus bagi para beauty enthusiast yang ingin bergabung dengan Beautiesquad. Kamu hanya perlu join di Fansbase Beautiesquad dan follow akun Instagram @beautiesquad.

Agar bisa gabung di group Whatsapp, jangan lupa aktif dan sering-sering ikut challenge yang dilangsungkan oleh Beautiesquad. Kamu juga bisa mampir ke blog milik founder Beautiesquad di jurnalsaya.com untuk mengetahui review dan update terbaru seputar dunia makeup.

0 Comment