Mengintip Pesona Pantai Walakiri, Wisata di Sumba Timur yang Sajikan Pohon Bakau Bak Penari

06 May 2019, at 07:00
0
0
Mengintip Pesona Pantai Walakiri, Wisata di Sumba Timur yang Sajikan Pohon Bakau Bak Penari

Soal wisata, Sumba nggak kalah dari Bali. Begitu juga dengan destinasi bertema alam seperti pantai. Salah satunya adalah Pantai Walakiri yang punya keunikan tersendiri.

Bahkan saking cantik dan uniknya, tempat wisata di Sumba ini juga sempat jadi lokasi syuting film, lho. Gimana, sudah mulai penasaran dengan Pantai Walakiri? Yuk langsung intip ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Bukti Keindahan Sumba yang Bisa Bikin Kamu Lupa Lombok, Yuk Mampir!

1. Pantai Penuh Ketenangan

pantai walakiri
instagram.com/kakanona17

Seperti kebanyakan pantai di Sumba lainnya, Walakiri juga termasuk ke dalam pesisir yang cenderung tenang. Konturnya landai dan dilengkapi dengan hamparan pasir yang berwarna putih.

Karena kondisinya yang tenang inilah akan membuat pengunjung semakin nyaman untuk sekedar main di tepi pantai maupun mengambil foto dengan background lautan sekaligus pohon bakau di sekitarnya.

2. Pesonanya Bius Produser Film

pantai walakiri sumba timur
instagram.com/gustindra

Saking cantiknya, seorang produser film Indonesia, Mira Lesmana membuat pantai di Sumba Timur ini jadi latar karya visualnya, yakni "Pendekar Tongkat Emas".

Karena itulah kawasan Pantai Walakiri semakin ramai dikunjungi oleh traveler. Dari rasa penasaran, mereka pun mendapatkan bukti kalau wisata di Sumba ini memang benar-benar cantik.

3. Sunset yang Beda dari Lainnya

wisata pantai walakiri
instagram.com/felgra_photography

Salah satu keunikan Pantai Walakiri adalah pemandangan sunset alias matahari tenggelamnya. Saat air laut pasang, memang nggak terlalu istimewa. Tapi beda lagi saat sedang surut.

Siluet pohon pohon bakau kerdil yang meliuk membuat wisata Walakiri ini kian cantik. Ditambah lagi dengan langit yang berwarna kemerahan.

Baca juga: Pst! Air Terjun Tersembunyi di Sumba Timur Ini Punya Air Biru Toska

4. Pasir yang Unik di Pantai Walakiri

pasir pantai walakiri
instagram.com/carlarambu

Selain sunset, keunikan lain dari pantai di Sumba ini adalah adanya 2 jenis tekstur pasir berbeda. Tepatnya di tepi pesisir dan di area bekas laut yang surut.

Pasir di tepi pantainya punya tekstur halus seperti butiran-butiran berwarna putih gading. Sedangkan di area bekas surutnya air laut, teksturnya seperti semen basah yang kemudian kering dan mengeras. Uniknya lagi, ada garis batas yang jelas di antara kedua tekstur pasir tersebut.

5. Pantai di Sumba dengan Lokasi Strategis

walakiri beach
instagram.com/yayak_tentakel

Lokasi Pantai Walakiri ada di Watumbaka, Pandawai, Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Letaknya pun nggak jauh dari pusat Kota Waingapu, yakni sekitar 24 kilometer dan bisa ditempuh dengan estimasi waktu sekira 30 menit berkendara.

Akses menuju ke wisata Nusa Tenggara Timur (NTT) itu juga mudah dan nggak jauh dari jalan raya menuju Melolo, yakni kecamatan yang lumayan besar di Sumba Timur. Tapi kamu perlu menyewa motor atau mobil untuk bisa ke lokasi karena sulitnya cari transportasi umum.

6. Wisata Gratis di Sumba Timur

garis pantai pantai walakiri
instagram.com/dian_ismyama

Keberadaan Pantai Walakiri ini memang nggak jauh dari pemukiman warga. Tempat ini pun cukup ramai dikunjungi oleh traveler dari dalam maupun luar kota.

Meski begitu, kamu nggak perlu membayar tiket masuk lagi untuk bisa liburan ke sana. Cukup sediakan budget untuk parkir sekitar Rp5.000,00 saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai tersebut.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Pantai Walakiri? Lumayan tuh kalau dijadikan tempat ngabuburit atau destinasi wisata saat liburan lebaran nanti.

0 Comment