Mengintip Pesona Rumah Atsiri, Wisata Tawangmangu yang Bikin Kamu Tambah Pintar

21 September 2019, at 11:00
0
0
Mengintip Pesona Rumah Atsiri, Wisata Tawangmangu yang Bikin Kamu Tambah Pintar

Rumah Atsiri Indonesia. Mungkin nama tempat ini masih asing buat beberapa traveler. Nggak heran sih, soalnya wisata di Tawangmangu ini masih baru dibuka untuk umum sekitar Mei 2018 lalu.

Meski terbilang masih baru, tapi tempat ini cukup recommended untuk dikunjungi. Terutama buat yang punya ketertarikan pada minyak atsiri, kreativitas, hingga kecantikan. Menarik ya?

rumah atsiri karanganyar
instagram.com/ayladimitri

Hmm, tapi buat yang suka hunting foto atau sekadar menikmati hawa sejuk khas pegunungan di Tawangmangu juga bisa mampir ke destinasi ini. Dijamin nggak bakal nyesel.

Jadi, sudah nggak sabar pengen tahu seperti apa itu Rumah Atsiri? Scroll down biar tahu lebih banyak, ya!

1. Melihat saksi bisu bekas pabrik yang pernah 'berjaya'

rumah atsiri indonesia
instagram.com/liniadea

Buat pecinta sejarah, kamu bisa menelusuri bangunan Rumah Atsiri Tawangmangu. Karena sejatinya tempat ini merupakan gedung bekas pabrik yang dulu pernah berjaya di masanya.

Tepatnya di tahun 1967, dulu berdiri sebuah pabrik yang merupakan hasil kerja sama antara Indonesia dan Bulgaria. Di sini, diolah minyak atsiri dari bahan utama serai wangi atau Citronella. Sekarang lokasi ini sudah jadi tempat wisata edukasi dengan fokus utama pada pendidikan, penelitian, pengembangan, serta rekreasi khususnya tentang tanaman atsiri.

rumah atsiri tawangmangu
instagram.com/ririnevamulyawati

Meski bukan lagi pabrik, tapi arsitekturnya masih khas Eropa. Beberapa peninggalan pabrik pengolahan minyak atsiri pun masih dipertahankan, mulai dari batu bata, mesin pencacah, hingga tabung kimia zaman dulu yang sekarang cuma dipajang untuk sarana pembelajaran.

2. Tur taman di Rumah Atsiri

rumah atsiri
instagram.com/retamiamio

Kadang masih banyak yang penasaran, sebenarnya apa saja sih yang bisa dilakukan di objek wisata Tawangmangu ini? Jawabannya banyak.

Salah satunya adalah tur taman yang bakal ditemani oleh edukator Rumah Atsiri. Dalam kegiatan ini, kamu bisa melihat berbagai tanaman penghasil minyak atsiri.

Bahkan kamu juga bisa untuk meraba, mencium, sampai mencicipi langsung beberapa tanaman yang tentunya dengan arahan edukator. Seru, kan?

3. Workshop yang bikin bahagia

workshop rumah atsiri
instagram.com/rumahatsiri

Mampir ke Rumah Atsiri Indonesia bisa bikin bahagia, terutama buat yang suka belajar. Kok bisa?

Hal ini karena di destinasi wisata Karanganyar ini, kamu bisa mengikuti workshop yang diadakan setiap hari. Siapa saja boleh ikut tanpa harus registrasi lebih dulu dan keuntungannya bisa dapat buah tangan. Ada berbagai macam workshop yang dilakukan di Rumah Atsiri Lab ini, yaitu mulai dari:

  • Playdough Soup and Hand Sanitizer
  • Playdough Soup and Mosquito Repellent
  • Bath Bomb and Aromatic Slime
  • Aromatic Slime and Masker
  • Masker and Bath Salt
  • Bear Soap Bar and Minyak Telon
  • Handsanitizer and Bear Soap Bar

Fyi, kemungkinan workshop yang bakal diadakan bakal mengusung tema berbeda dalam setiap bulannya. Kamu bisa cek di akun instagram @rumahatsirilab untuk info selengkapnya.

Baca juga: 5 Penginapan Tawangmangu Dekat Air Terjun Grojogan Sewu, Tarif per Malamnya Nggak Bikin Kantong Jebol

4. Belanja suvenir di Rumah Atsiri

souvenir shop rumah atsiri
instagram.com/rumahatsiri

Nggak bakal pulang dengan tangan kosong deh kalau sudah liburan ke Rumah Atsiri ini. Soalnya kamu juga bisa belanja suvenir di sini.

Rumah Atsiri Shop berisi macam-macam cinderamata khas, seperti kaus, camilan berbahan tanaman adsiri, wadah minyak aromaterapi, sampai essential oil.

Hal unik dari bangunan toko suvenir ini adalah dari segi desainnya. Ruangannya berbentuk seperti ketel raksasa yang terbuat dari rangkaian kawat tembaga yang ditempatkan persis di posisi lawas. Saat melihatnya, kamu mungkin seolah melihat ruangan yang dulunya jadi tempat penyulingan.

5. Lokasi dan tiket masuk Rumah Atsiri

kartu masuk rumah atsiri
instagram.com/heldadev

Lokasi Rumah Atsiri ada di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu. Rute termudah untuk mencapai wisata edukasi ini adalah melalui jalan utama Karanganyar-Tawangmangu. Begitu masuk Kecamatan Tawangmangu, nanti ada petunjuk jalan menuju Rumah Atsiri. Lokasinya nggak jauh dari jalan utama kok.

Nah, soal tiket masuk, kamu perlu menyediakan budget sekira Rp50 ribu. Setelah membayar di pintu masuk, kamu bakal dapat kartu masuk semacam ATM. Di dalamnya ada voucher senilai Rp50 ribu yang bisa dibelanjakan dengan makanan maupun barang di souvenir shop.

Rumah Atsiri Indonesia memang worth it buat dikunjungi. Selain bisa menikmati hawa sejuk di Tawangmangu, kamu juga bisa belajar banyak tentang tanaman penghasil minyak atsiri. Menarik, kan?

0 Comment