Mengintip The Heritage Palace, Wisata Sukoharjo Bekas Pabrik Gula dengan Nuansa Eropa

13 August 2019, at 10:00
0
0
Mengintip The Heritage Palace, Wisata Sukoharjo Bekas Pabrik Gula dengan Nuansa Eropa

Sukoharjo yang dekat dari Kota Surakarta alias Solo ternyata punya tempat wisata unik. The Heritage Palace namanya. Sudah pernah dengar belum?

Katanya, tempat ini dulu bekas pabrik gula, lho. Kalau biasanya tempat pengolahan gula identik sama hal-hal mistis, nggak gitu buat The Heritage Palace. Mau tahu tahu info lengkap dari tempat wisata di Sukoharjo ini? Simak ulasan di bawah ini yuk!

1. Katanya sih mirip Museum Angkut

the heritage palace sukoharjo
instagram.com/uchydr

The Heritage Palace baru buka setahun, tepatnya pada 9 Juni 2018 lalu. Tempat ini adalah salah satu cagar budaya dengan luas sekitar 2,2 hektar dan dikelola oleh pihak swasta, yaitu PT Gendis Mas Sendosa Abadhi.

Nah, konsep wisata di Sukoharjo ini sendiri mirip-mirip sama Museum Angkut yang ada di Kota Batu. Terlebih lagi dengan adanya beberapa pajangan berupa mobil jadul di halaman depannya.

Meski begitu, destinasi ini diklaim beda dari tempat wisata di Batu tersebut. Soalnya mobil-mobil kuno bukan sekadar ditata rapi, tapi juga ada tambahan background gambar 3D yang memungkinkanmu lebih puas berswafoto.

2. Bekas pabrik gula

wisata the heritage palace
instagram.com/green.tea27

Seperti disinggung sebelumnya, wisata tetangga Kota Solo ini bekas pabrik gula. Pabrik Gula Gembongan namanya dan pernah dikelola oleh perusahan perkebunan Belanda, Kartasoera Culture Matschappij. Dulu kehadirannya ini jadi sumber lapangan kerja buat rakyat Kadipaten Mangkunegaran.

Bangunan tua itu pun ternyata sudah berdiri sejak tahun 1892. Selain benduk gedungnya, adanya cerobong asap setinggi lebih dari 25 meter juga menambah keunikan dan menambah nilai histori yang tinggi.

Buat yang suka sama nuansa jadul ala Belanda, coba mampir ke wisata The Heritage Palace saat liburan ke Solo. Pasti nggak bakal nyesel.

Baca juga: 5 Wisata Solo yang Klasik, Jadi Batal ke Jogja deh!

3. Ada 3D Trick Art dan Omah Walik, lho!

3d trick art the heritage palace
instagram.com/kurniawati_wiwik

Nuansa The Heritage Palace memang terkesan jadul. Tapi jangan dikira tempat wisata di Jawa Tengah ini nggak ada sentuhan modern-nya sama sekali.

Bak wisata kekinian pada umumnya, The Heritage Palace juga dilengkapi sama konsep 3D Trick Art dan Omah Walik (dalam Bahasa Indonesia artinya 'rumah terbalik'). Mantul buat foto-foto deh.

Di sini, kamu bakal melihat tanda tempat berpose supaya bisa menghasilkan foto dengan angle tepat. Kalau butuh bantuan, ada juga petugas museum yang memotretmu.

4. Spot foto dengan nuansa Eropa

the heritage palace solo
instagram.com/_______dafiq

Selain 3D Trick Art dan Omah Walik, ada lagi spot keren lain seperti Museum Transportasi dan Garden Retro Paradise.

Sesuai sama namanya, di Museum Transportasi kamu bisa berpose sama mobil antik seperti Jeep Utility USA 1968, Chevrolet Bel Air USA 1955, dan Mercedes Benz tahun 1965.

Sedangkan kalau di Garden Retro Paradise, kamu bisa merasakan nuansa Eropa klasik. Cocok juga buat prewedding. Oh iya, di sini juga ada mobil antik seperti Cevrolet Deluxe USA keluaran 1952, lho.

Baca juga: Tampil Cantik Saat Prewed Pakai Dress Vintage ala Korea, Cuma 100 Ribuan Aja!

5. Lokasi dan harga tiket The Heritage Palace

the heritage palace
instagram.com/key.1429

Secara administratif, The Heritage Palace berlokasi di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulya RT 02/RW 08, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Tempat wisata ini buka dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB.

Soal tiket masuknya, kamu cuma perlu bayar Rp55 ribu (weekday) dan Rp65 ribu (weekend). Murah kan? Kalau mau lebih hemat lagi, kamu juga boleh cuma menikmati suasana outdoor dari The Heritage Palace. Tiketnya pun sekitar Rp20 ribu saja.

Gimana, kapan mau liburan ke The Heritage Palace? Sambil berswafoto, kamu juga bisa mengenang peninggalan zaman Belanda yang menyimpan banyak sejarah ini.

0 Comment