Menguji Adrenalin di Kalisuci dan Goa Pindul Cave Tubing Jogja, Lebih Seru yang Mana Ya?

10 August 2019, at 08:00
0
0
Menguji Adrenalin di Kalisuci dan Goa Pindul Cave Tubing Jogja, Lebih Seru yang Mana Ya?

Saat liburan ke Jogja, biasaya kalau nggak jalan-jalan di sekitar Malioboro, menilik wisata sejarahnya, ya melipir ke pantai. Tapi sebenarnya masih ada satu lagi yang seru dilakukan saat mampir ke Jogja. Yaitu cave tubing.

Buat yang belum tahu, cave tubing adalah kegiatan wisata susur goa. Kadang biasanya bukan cuma susur goa saja. Tapi juga sekaligus mengarungi sungai dengan tingkatan arus bervariatif menggunakan ban sebagai pelampung.

Nah, di Jogja sendiri ada 2 cave tubing populer dan selalu jadi favorit para traveler. Goa Pindul dan Kalisuci Cave Tubing namanya, dan terletak di Kabupaten Gunungkidul. Kira-kira di antara keduanya, mana yang paling seru buat dikunjungi ya?

Baca juga: Inikah Bukti Kalau Gunungkidul Bakal Jadi Bali Kedua?

1. Cave Tubing Goa Pindul

pindul cave gunungkidul
instagram.com/farahdibaferreira

Mendengar namanya, pernah nggak sih kamu penasaran kenapa disebut "Goa Pindul"? Ternyata ada kisah menarik di baliknya, lho.

Katanya goa ini diliputi oleh legenda tentang 2 utusan dari panembahan senopati, yaitu Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan. Mereka diminta untuk membunuh bayi. Tapi karena terlalu gemas, keduanya mengurungkan niatnya. Mereka pun berniat memandikan bayi tersebut di lubang dengan aliran jernih yang sudah dibuat sebelumnya.

Saat dimandikan, pipi bayi itu terbentur salah sau dinding goa. Dari sinilah dinamakan Goa Pindul, dimana terdiri dari dua kata, yaitu "Pipi" dan "Kebendul".

wisata goa pindul
instagram.com/pindulcave

Selain namanya yang unik, keindahan goa di Jogja ini juga nggak perlu diragukan. Bahkan saking kerennya, destinasi ini terkenal sampai mancanegara. Jadi jangan heran kalau pas musim liburan, wisata di Gunungkidul ini bakal dipadati traveler. Apalagi goa ini punya stalaktit yang diklaim terbesar ke-4 di dunia.

Sepanjang goa, kamu bakal mendapati aliran air yang begitu jernih. Arusnya pun cukup tenang.

Selama menyusuri goa dengan panjang sekitar 350 meter dan lebar 5 meter ini, kamu juga bakal menemui suatu ruangan yang biasanya digunakan untuk Tim SAR masuk. Di sini ada lubang yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam sehingga memunculkan sebuah pemandangan fantastis. Tempat inilah yang jadi salah satu spot foto favorit wisatawan.

goa pindul
instagram.com/goa.pindul

Lokasi Goa Pindul Sendiri ada di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Supaya bisa ke wisata ini, kamu cuma perlu mengarahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari. Kemudian, berjalan lurus kearah Pathuk dan Wonosari.

Untuk tiket masuknya, berdasarkan informasi terbaru sih perlu menyediakan budget mulai dari Rp50 ribu saja. Terjangkau kan?

2. Kalisuci Cave Tubing

kalisuci cave tubing
instagram.com/kalisuci_galery

Sama seperti Goa Pindul, Kalisuci juga punya aliran air yang sangat jernih karena bersumber dari pegunungan. Dan perlu kamu tahu, ternyata muara Kalisuci ada di Pantai Baron, lho.

Baca juga: Ada Penginapan Murah di Dekat Pantai Baron!

Saat melakukan cave tubing di Kalisuci, kamu bisa melihat keindahan pegunungan karst yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Belum lagi menyusuri goa sambil ditemani headlanp. Pastinya sangat seru.

Beda dari Goa Pindul, Kalisuci Cave Tubing ini justru memungkinkanmu buat ngerasain sensai derasnya jeram sungai Kalisuci yang menantang. Cocok banget buat yang suka hal-hal ekstrem.

goa kalisuci
instagram.com/mpfoodtravel3

Oh ya, selama susur goa, para pemandu juga bakal menjelaskan potensi alam di sekitar Goa Kalisuci, seperti:

  • Gua Suci
  • Gua Luweng Senglat
  • Gua Geleng
  • Gua Buri Omah

Tertantang buat nyobain petualangan di Kalisuci? Catat alamat Kalisuci di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Soal biayanya, kamu perlu menyediakan budget mulai dari Rp65 ribuan.

goa kalisuci
instagram.com/aminrahmadi

Gimana, gimana? Baik Goa Pindul maupun Kalisuci Cave Tubing punya daya tarik tersendiri kan? Dimana saja pilihanmu buat bertualang, semuanya tergantung kamu. Kalau pengen yang santai, ya ke Goa Pindul. Sebaliknya, kamu yang pengen lebih ada tantangannya, bisa meluncur ke Kalisuci.

Meski punya beberapa berpedaan yang lumayan kentara, tapi kedua wisata di Jogja tersebut punya pemandu andal yang senantiasa menjaga serta memberi petunjuk pada pengunjung. Jadi nggak perlu khawatir lagi deh.

0 Comment