Mengukir Romantisme di Curug Jenggala, Wisata Baturaden yang Menyejukkan Mata

23 February 2019, at 04:00
0
0
Mengukir Romantisme di Curug Jenggala, Wisata Baturaden yang Menyejukkan Mata

Curug Jenggala merupakan salah satu air terjun yang terletak di kawasan Baturaden. Destinasi ini terbilang baru dan cukup hits di kalangan traveler.

Selain menawarkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, di wisata Baturaden ini juga tersedia spot foto keren.

Kalau kamu adalah tipe traveler yang suka tantangan, maka wisata air terjun di Jawa Tengah ini recommended untuk kamu kunjungi.

Baca juga: Wow! Air Terjun di Indonesia Ini Punya Kolam Alami yang Super Bening

Lalu seperti apa sih pesona dari Curug Jenggala? Yuk, simak ulasan Qupas di bawah ini biar nggak tambah penasaran!

1. Curug Jenggala untuk Para Pencari Ketenangan

air terjun curug jenggala
instagram.com/aadyt_

"Jenggala" memiliki makna tersendiri. Menurut warga setempat, sebutan itu berarti Ksatria Piningit atau ksatria utama.

Dulu tempat wisata di Baturaden ini ternyata dikenal dengan nama Curug Tempuan. Hal ini karena terdapat pertemuan air terjun menjadi satu dengan ketinggian kurang lebih 30 meter dari permukaan tanah.

Sungai pada wisata curug ini merupakan pertemuan dari Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu. Di antara Banjaran dan Mertelu, terdapat situs yang bernama "Batur Semendeh". Unik ya?

curug jenggala baturaden
instagram.com/lynsumantri

Selain dapat menemukan keunikan, kamu juga bisa memperoleh ketenangan ketika berada di destinasi liburan ini. Ditambah dengan suara aliran sungai hingga pancuran dari air terjun yang deras.

Perpaduan dengan alam yang hijau dan sejuknya area ini juga semakin menambah daya tarik Curug Jenggala. Yakin hanya ingin melihat gambar air terjun tanpa mampir?

2. Air Terjun di Baturaden yang Instagenik

wisata curug jenggala
instagram.com/faizaldwikrismani

Hal menarik lagi dari kawasan wisata di Banyumas ini adalah tersedianya spot foto unik. Sebut saja selfie deck dengan papan kayu berbentuk hati dengan background air terjun.

Area selfie satu ini menjadi tempat favorit para traveler. Terutama bagi pengunjung yang membawa pasangan mereka. Sebab suasanya sangat romantis.

air terjun jenggala
instagram.com/tege.id

Apalagi sambil menikmati percikan air yang mengalir dari ketinggian sekitar 30 meter, kamu juga bisa mengabadikan momen di area curug ini.

Bahkan selain selfie deck, kamu juga bisa berpose di sepanjang perjalanan menuju Curug Jenggala. Dijamin nggak ada ruginya deh.

3. Lokasi dan Cara Menuju Curug Jenggala

cara menuju curug jenggala
instagram.com/tomisul

Lokasi Curug Jenggala berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Salah satu primadona di Jawa Tengah ini pun masih berada di kawasan lahan Perhutani KPH Banyumas Timur dan dekat dari Kebun Raya Baturaden.

Akses menuju wisata ini juga terbilang mudah. Arahkan kendaraanmu menuju wilayah Baturaden. Selanjutnya ambil rute ke Curug Bayan.

jalan menuju curug jenggala
instagram.com/nurinswasti

Tepat di sebelah homestay, terdapat akses jalan sempit yang akan mengarahkanmu ke air terjun cantik ini. Sesampainya di area parkir, kamu masih harus jalan kaki sejauh 500 meter.

Perlu diperhatikan, saat menuju ke destinasi alam ini kamu harus hati-hati. Sebab kondisi jalan yang masih berlapis tanah akan licin, terutama saat hujan turun.

Baca juga: Sudah Pernah ke Wisata Baturaden yang Instagramable Ini?

4. Harga Tiket Masuk Curug Jenggala

lokasi curug jenggala
instagram.com/curugjenggala

Wisata air terjun di Indonesia memang sangat indah, seperti curug satu ini. Meski begitu, kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam kok untuk bisa menikmati pesonanya.

Cukup sediakan budget senilai Rp5.000,00 dan ditambah dengan biaya parkir, kamu sudah bisa masuk ke area wisata ini. Tapi ingat, tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, ya!

curug jenggala
instagram.com/alya_anie09

Ternyata biaya tiket masuk ke air terjun ini untuk meningkatkan segala fasilitas yang ada. Dengan harga tersebut, kamu juga bisa puas main dari pukul 08.00-18.00 WIB.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Curug Jenggala? Dijamin nggak akan menyesal deh. Kalau ingin lebih lama di wisata ini, kamu juga bisa menginap di penginapan yang ada di sekitarnya. Yuk, langsung berangkat!

0 Comment