Qupas Healthy

Mengulik Manfaat Jamur Enoki, Si Lezat yang Bisa Mencegah Kanker

06 December 2019, at 03:00
Mengulik Manfaat Jamur Enoki, Si Lezat yang Bisa Mencegah Kanker

Enoki merupakan salah satu jenis jamur yang enak dikonsumsi. Biasa ditemukan di supermarket terdekat dan mudah diolah menjadi berbagai masalah membuat makanan ini banyak digemari.

Selain memiliki rasa yang enak, jamur dengan nama latin Flammulina velutipes ini ternyata juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, masyarakat Tingkok sudah lama menjadikannya sebagai bahan pengobatan tradisional, lho.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat jamur enoki untuk kesehatan yang telah Qupas rangkum khusus untukmu.

1. Membantu Mencegah Kanker

jamur enoki untuk kesehatan
shutterstock.com

Manfaat jamur enoki yang pertama adalah mampu mencegah kanker. Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian dari Research Institute of National Cancer pada tahun 1989.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa, angka penyebab kematian akibat kanker ternyata berkurang di daerah Nagano, yang merupakan pusat budidaya jamur enoki dan masyarakatnya cukup banyak mengonsumsi makanan ini.

sel kanker
selection.ca

Selain itu, studi yang melibatkan hewan percobaan juga menemukan bahwa jamur enoki dapat mengurangi aktivitas sel tumor dan kanker hati.

Penelitian lainnya dari Oncology Reports memperlihatkan bahwa jamur enoki dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

sistem kekebalan tubuh
norfolkprohelp.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Frontiers in Pharmacology menyebutkan bahwa jamur enoki memiliki kandungan protein sebanyak 1,7 gram atau sebanding dengan sayuran hijau.

Kondisi tersebut dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan telah dibuktikan juga oleh sebuah penelitian yang melibatkan tikus sebagai hewan percobaan.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

kesehatan jantung
theodysseyonline.com

Manfaat jamur enoki lainnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dipengaruhi oleh tingginya serat di dalamnya yang membantu proses metabolisme sehingga dapat menyerap kolesterol lebih banyak dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, sebuah penelian membuktikan bahwa jamur enoki memiliki senyawa polisakarida dan mikoserol yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Rutin Makan Jamur Bisa Bikin Awet Muda, Sudah Dibuktikan oleh Penelitian Lho!

4. Menyehatkan Pencernaan

pencernaan sehat
123rf.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, jamur enoki memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dilansir dari Mayo Clinic, seratnya bisa mencapai 1,8 gram pada setiap porsi.

Kondisi tersebut membuat jamur enak ini dapat membantu menyehatkan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan bahkan dapat menurunkan berat badan.

5. Menangkal Radikal Bebas

manfaat jamur enoki
zonefresh.com.au

Tahu nggak sih, jamur enoki merupakan salah satu sumber antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh. Di dalamnya, terkandung quercetin, catechin, asam caffeic, dan asam galat.

Senyawa-senyawa yang merupakan antioksidan di atas dapat membantu menghalau radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Wah, ternyata banyak juga manfaat jamur enoki yang belum kamu ketahui ya Sobat Qupas!