Mengunjungi Bukit Sikunir yang Suguhkan Sunrise Terbaik Se-Asia Tenggara

11 November 2019, at 17:00
0
0
Mengunjungi Bukit Sikunir yang Suguhkan Sunrise Terbaik Se-Asia Tenggara

Beberapa orang mungkin sudah nggak asing lagi dengan Bukit Sikunir. Objek wisata yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo ini memang memiliki banyak keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, apa saja sih yang bikin Bukit Sikunir istimewa dan perlu kamu kunjungi? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Negeri di Atas Awan

bukit sikunir dieng
instagram.com/nopal___

Berada pada ketinggian 2.232 meter di atas permukaan air laut membuat Bikit Sikunir seringkali diselimuti oleh kabut tebal yang menghalangi pandangan di waktu-waktu tertentu.

Hal tersebut membuat siapa saja yang berada di puncak bukit akan merasa seolah sedang berada di negeri atas awan. Cantiknya nggak dapat dideskripsikan dengan kata-kata!

2. Sunrise Terbaik Se-Asia Tenggara

bukit sikunir dieng
instagram.com/_anakdesa

Terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang penuh pesona, destinasi Wonosobo seringkali disebut sebagai Golden Sunrise Sikunir. Saking cantiknya, Bukit Sikunir disebut-sebut menjadi spot terbaik melihat sunrise se-Asia Tenggara lho!

Bahkan, nama "Sikunir" juga diambil dari cahaya jingga keemasan matahari terbit yang menyelimuti tempat tersebut setiap pagi.

3. Pemandangan Nan Megah

bukit sikunir dieng wonosobo
instagram.com/hanantyo

Bukan hanya golden sunrise atau matahari terbit yang menawan, kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan megah saat mengunjungi Bukit Sikunir. Objek wisata ini juga menawarkan kecantikan dari beberapa gunung yang menjulang gagah berikut ini.

  • Gunung Sindoro
  • Gunung Sumbing
  • Gunung Kembang

Baca Juga: Nggak Cuma Bukit Sikunir, 4 Wisata di Wonosobo Ini Juga Cocok untuk Pecinta Ketinggian

  • Gunung Merapi
  • Gunung Merbabu
  • Gunung Ungaran

Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan Telaga Cebong, persawahan, dan kerlap-kerlip rumah penduduk yang menyala saat malam hari.

4. Waktu Terbaik Mengunjungi Bukit Sikunir

bukit sikunir
instagram.com/annisamalati

Apabila ingin mendapatkan pengalaman yang maksimal, kamu bisa mengunjungi Bukit Sikunir pada musim kemarau yaitu pada bulan Juni sampai September.

Meskipun pada bulan-bulan tersebut suhu akan menjadi sangat rendah dan dingin, namun biasanya hampir nggak ada kabut atau mendung yang menghalangi indahnya pemandangan matahari terbit.

5. Cara ke Bukit Sikunir

jalan menuju bukit sikunir dieng
instagram.com/efritadella

Lokasi Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Wonosobo, kamu harus menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 50 menit.

Dari Dataran Tinggi Dieng, kamu bisa mengambil arah ke Desa Sembungan yang berjarak 4 kilometer. Sesampainya di sana, titipkan kendaraan di sekitar wisata Telaga Cebong dan kamu bisa memulai pendakian ke Bukit Sikunir.

wisata bukit sikunir
instagram.com/runiunik

Umumnya, pendakian ditempuh sekitar 30 menit sampai 1 jam perjalanan. Meskipun melelahkan, namun pemandangan indah dari objek wisata Wonosobo yang satu ini nggak akan terlupakan!

Jadi bagaimana Sobat Qupas, kapan nih kamu berencana mengunjungi Bukit Sikunir? Sayang banget deh kalau kamu melewatkan destinasi cantik yang satu ini.

0 Comment