Qupas Travel

Mengunjungi Petirtaan Jolotundo, Wisata Religi di Mojokerto yang Konon Airnya Bikin Awet Muda

06 December 2019, at 02:00
Mengunjungi Petirtaan Jolotundo, Wisata Religi di Mojokerto yang Konon Airnya Bikin Awet Muda

Mojokerto merupakan salah stau kota kecil di Jawa Timur yang punya banyak objek wisata. Meskipun mungkin nggak sepopuler Malang, namun destinasi yang satu ini nggak kalah menarik kok.

Salah satu objek wisata di Mojokerto yang wajib kamu kunjungi adalah Petirtaan Jolotundo. Penasaran apa yang membuatnya menarik? Yuk simak ulasan Qupas yang satu ini.

1. Wisata Religi yang Bersejarah

jolotundo
instagram.com/caionugroz

Candi atau Petirtaan Jolotundo merupakan objek wisata religi yang bersejarah di Mojokerto. Dibangun pada tahun 997 M, kompleks candi ini merupakan persembahan Raja Udayana untuk putranya, yaitu Raja Airlangga.

Hal tersebut sekaligus menunjukkan adanya keterkaitan antara Raja Udayana dari Bali dengan Jawa Timur. Nggak heran, setiap malam satu Suro, Petirtaan Jolotundo akan penuh dengan wisatawan terutama warga Bali yang ingin melakukan ritual menyucikan diri.

Kolam eksotis yang menjadi tempat pemandian keluarga Majapahit ini sendiri memiliki nama dari istilah kuno. "Jolo" berarti "air" dan "tundo" bemakna "bertingkat", sehingga apabila digabungkan Jolotundo akan memilikir arti "kolam air yang bertingkat".

2. Canggihnya Teknologi Air Masa Kuno

petirtaan jolotundo
instagram.com/d_rifal

Selain terkenal karena faktor sejarah dan religinya yang kental, destinasi Mojokerto yang satu ini juga menarik karena memiliki teknologi air kuno yang cukup canggih pada masanya. Bahkan, air di Petirtaan Jolotundo ini nggak pernah kering lho!

Air dari objek wisata ini berasal dari Gunung Penanggungan dan dialirkan melalui jaringan bawah tanah menuju Candi Jolotundo, kemudian menuju sawah penduduk, dan pemukiman warga.

3. Dianggap Sebagai Sumber Air Zam-zamnya Indonesia

jolotundo mojokerto
instagram.com/anam_gangnam

Petirtaan Jolotundo juga dikenal dengan kejernihan serta kandungan mineral airnya yang tinggi. Mata airnya yang terletak di kaki gunung vulkanik yang jauh dari aktivitas manusia membuat kadar kemurniannya nggak perlu dipertanyakan lagi.

Bahkan, beberapa sumber menyebutkan bahwa air dari Pertitaan Jolotundo memiliki kualitas terbaik kedua setelah air zam-zam. Wah, luar biasa ya?

Baca Juga: 5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi

4. Airnya Bikin Awet Muda

sumber air jolotundo
instagram.com/diannursafitri

Kualitas airnya yang baik membuat masyarakat dan wisatawan percaya bahwa mengonsumsi atau mandi di Petirtaan Jolotundo mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda.

Coba yuk, siapa tahu kamu airnya benar-benar bisa bikin awet muda dan wajah glowing. Lumayan kan nggak perlu pakai skincare, hehe.

5. Cara ke Petirtaan Jolotundo

lokasi jolotundo
instagram.com/suciriyayantii_

Lokasi Petirtaan Jolotundo terletak di Dukuh Balekambang, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Apabila berangkat dari Kota Surabaya, kamu harus menempuh perjalan kurang lebih selama 1,5 jam lewat Pandaan.

Sedangkan untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp10 ribu saja.

Jadi gimana Sobat Qupas, udah siap mengunjungi objek wisata Mojokerto yang unik dan eksotis ini belum?