Menikah Muda Bukan Hanya Soal Keren Saja, ini 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Sebelumnya

14 December 2018, at 08:00
2
0
Menikah Muda Bukan Hanya Soal Keren Saja, ini 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Sebelumnya

Bisa dikatakan, menikah di usia muda sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Banyak artis maupun orang biasa yang memutuskan untuk melepas status lajang di usianya yang masih belia.

Ketika ditanyai perihal alasan, mereka pun menjawab dengan alasan yang berbeda-beda. Ada yang alasannya lucu, keren, bahkan romantis atau mengharukan.

Tetapi sebenarnya banyak yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan dalam untuk menuju ke pernikahan. Usia matang menjadi salah satu pendukung kuat dalam hal ini.

Kamu juga ingin menikah muda juga? Harus simak 5 fakta ini baik-baik sebelum memutuskannya, supaya nanti kamu tidak menyesal!

1. Potensi Perceraian Besar

potensi perceraian besar
pexels.com

Dalam perahu rumah tangga, siapapun yang menjadi nahkoda dan penumpangnya, berapapun umurnya, kemungkinan untuk tenggelam selalu ada.

Tidak memandang usia. Tetapi kenapa sih banyak sekali yang mengatakan untuk jangan menikah di usia muda karena akan mudah cerai?

potensi perceraian pasangan muda
pexels.com

Jadi begini, di usia yang belum cukup matang itu emosi dan mentamu juga belum matang. Kamu akan mudah marah dengan hal-hal yang tidak sesuai yang dilakukan oleh pasanganmu.

Bagi mereka yang menikah di usia cukup matang, mereka akan memiliki toleransi lebih pada pasangan dan komunikasi yang baik demi menyelesaikan permasalahan.

Namun hal ini tidak berlaku pada semua pasangan muda ya, gyus! Semua tergantung padamu dan pasangan!

2. Fase Keintiman Hanya Satu Tahun

fase keintiman
pexels.com

Pengantin baru akan merasakan sensasi yang baru, unik dan menarik karena semua yang dilakukan dengan pasangan adalah hal baru.

Bisa dikatakan, kehidupan akan berubah setelah menikah. Pada masa-masa ini, pasangan berada pada level tertinggi dalam mencintai. Ini disebut sebagai fase keintiman atau masa bulan madu.

fase bulan madu
pexels.com

Biasanya, fase ini tidak mungkin terjadi selamanya. Fase keintiman ini hanya akan terjadi satu tahun saja.

Bagi kamu yang mentalnya masih belum siap, pikirkan lagi deh untuk menikah muda. Karena belum tentu kamu akan betah dengan pasangan setelah satu tahun hidup bersama.

3. Kamu Bukan Hanya Untukmu

kamu bukan hanya untukmu
pexels.com

Menikah berarti mempersatukan. Ketika kamu memutuskan untuk menikah, berarti kamu sudah menyerahkan seluruh dirimu pada pasangan.

Kamu bukan lagi hanya kamu, tidak bisa lagi hanya memikirkan apa yang baik untukmu, tetapi untuk kalian berdua.

kamu untuk pasanganmu juga
pexels.com

Setelah menghadapinya kamu akan sadar jika masing-masing orang memiliki prioritas dan rasa toleransinya masing-masing. Hal tersebut berlaku pula pada pasanganmu.

Kalian saling mencintai, tetapi belum tentu kenapa yang ada di otak kalian sama. Benar, kan?

Baca Juga: 5 Persiapan Pernikahan Ini Sering Diabaikan, Gak Melulu Tentang Pesta

4. Jarak Umurmu Menentukan Pernikahanmu

jarak umur menentukan pernikahanmu
pexels.com

Perempuan seringkali dinasihati untuk mencari pasangan yang lebih tua minimal empat tahun di atas mereka. Dalam kasus menikah muda, jarak umur ternyata mempengaruhi seberapa lama kamu dan pasangan akan bertahan dalam bahtera rumah tangga tersebut.

Semakin sedikit jarak umurmu dengan pasangan, maka semakin kecil potensi perceraian kalian. Mengapa ya?

beda usia
pexels.com

Jika menikah muda dan pasanganmu juga muda, secara tidak langsung kalian memang memiliki keegoisan yang sama, sama-sama besar. Tapi kalian akan mudah untuk memiliki tujuan yang sama.

Berbeda jika pasanganmu jauh lebih tua, kamu akan kewalahan. Pasanganmu mungkin menginginkan pernikahan yang lebih matang sedangkan kamu masih belum ada di tahap itu.

5. Status Sebelum Menikah

status sebelum menikah
pexels.com

Statusmu sebelum menikah menentukan bahagia atau tidaknya kamu dalam pernikahan. Tentu saja, kamu akan menikah dengan pacar atau kekasihmu.

Nah, sebelum itu, status kalian bagaimana? Atau ada yang menikah dengan sahabat? Wah, ini kabar baik untuk kalian.

Menikah dengan teman dekat atau sahabat dinilai bisa lebih membuat bahagia.

Hal ini disebabkan karena sahabat sudah mengetahui baik dan buruk sahabatnya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Benar, tidak?

Nah, itu dia yang harus kamu tahu sebelum memutuskan untuk menikah muda ya, guys! Bukan berarti menikah muda tidak boleh atau buruk untuk dilakukan. Akan tetapi memang ada lebih banyak hal yang harus dipersiapkan berkaitan dengan mental dan ego.

Buat kamu yang sudah menentukan pilihan, kuatkan mental, ya! Kalian bisa bertahan jika saling menghargai dan mendukung satu sama lain. Jangan bertengkar hanya karena masalah sepele. Jika salah satu emosi, salah satu harus mendinginkan, oke?

0 Comment