Qupas Travel

Menikmati Hawa Sejuk di Agrowisata Pagilaran, Wisata Batang yang Cocok untuk Liburan Keluarga

20 January 2020, at 05:00
Menikmati Hawa Sejuk di Agrowisata Pagilaran, Wisata Batang yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Soal pariwisata, Kabupaten Batang mungkin nggak sepopuler daerah di Jawa Tengah lainnya, seperti Semarang. Meski begitu, bukan berarti tetangga Pekalongan ini nggak punya tempat wisata sama sekali.

Belakangan ini, ternyata ada kebun teh yang sedang hype di Batang. Agrowisata Pagilaran namanya.

Destinasi wisata di Batang ini menjadi pilihan tempat berlibur bagi keluarga maupun traveler milenial. Ada apa saja sih di sana?

1. Warisan Belanda yang memesona

kebun teh di batang
instagram.com/arikoplakz

Kebun teh di Jawa Tengah ini bisa dibilang merupakan salah satu warisan kolonial Belanda. Awalnya destinasi ini dibangun pada tahun 1880.

Kemudian sempat dibeli oleh pemerintah Inggris dan digabungkan dengan Pemanukan and Tjiasem Land's PT (P & T LAND'S PT). Namun pada akhirnya, perusahaan tersebut diambil alih oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1964.

Seiring berjalannya waktu, namanya sempat berubah menjadi PN Pagilaran setelah pemerintah menyerahkannya pada Fakultas Pertanian UGM pada 23 Mei 1964. Selang 9 tahun, PN Pagilaran berbah status menjadi PT Pagilaran mulai 1 Januari 1974 hingga 5 Mei 1977.

2. 'Puncak-nya' Batang

kebun teh pagilaran batang
instagram.com/jefripradewaa

Bisa dibilang kalau Agrowisata Pagilaran adalah 'puncak-nya' Kabupaten Batang. Berada di sekitar 600 sampai 1.600 mdpl, membuat tempat wisata kebun teh ini jadi dambaan para pecinta ketinggian.

Selain menyaksikan pemandangan khas daerah pegunungan maupun perbukitan, di Agrowisata Kebun Teh Pagilaran ini kamu juga bisa menikmati sejuknya udara sekitar. Fyi, karena suhunya bisa mencapai 15 sampai 21 derajat celsius, jadi jangan lupa bawa baju hangat saat liburan ke sini.

3. Wisata 'sejuta umat' di Batang

kebun teh pagilaran
instagram.com/koerniandy

Agrowisata Pagilaran cocok dikunjungi siapa saja. Entah anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Bahkan komunitas maupun korporasi yang ingin melakukan kegiatan juga bisa di wisata ini.

Berada di destinasi Batang ini tersedia beberapa spot yang pantang dilewatkan. Seperti Tea Walk, Tea Factory, Outbound Area, Sun Rise View Point, Flying Fox, Kolam Renang Anak, Kolam Ikan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa berkeliling dan melihat rumah milik Administratur Pabrik zaman kolonial dengan arsitektur khas Eropa. Menyaksikan kereta gantung yang dulu pernah digunakan 'sinyo dan noni' Belanda untuk menerawang Pagilaran.

Baca juga: Kebun Teh di Jawa Timur Untuk Penyegaran Lihat yang Hijau

4. Wisata edukasi di Batang

agrowisata kebun teh pagilaran
instagram.com/ricky_mariano

Jangankan melihat keindahan alam Pagilaran yang memanjakan mata. Di agrowisata ini, kamu pun bisa sambil belajar, terutama tentang pertanian berkelanjutan (Sustainable Agriculture) dengan tanaman teh sebagai komoditas utamanya.

Paket wisata satu ini, bakal memberikanmu wawasan tentang pengolahan teh secara lebih terperinci oleh PT Pagilaran.

5. Wisata Petik Teh

paket wisata petik teh agrowisata pagilaran
instagram.com/larasayuningtyas1

Satu lagi nih, paket wisata di Agrowisata Pagilaran yang nggak kalah seru, yaitu petik teh. Dimana kamu bisa melakukan pemetikan tanaman budidaya tersebut serta merasakan makanan kampung pasca melakukan kegiatan.

Paket wisata ini sudah termasuk satu kesatuan dengan tea walk dan tea factory. Dalam hal ini, kamu bakal dibekali dengan pengetahuan terkait perkebunan dan pengolahan teh di PT Pagilaran.

6. Lokasi dan tiket masuk Agrowisata Pagilaran

agrowisata pagilaran
instagram.com/nrhamid_

Lokasi Agrowisata Pagilaran berada di Desa Keteleng, Kecamatan Blado. Dari Kabupaten Batang, kawasan ini bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam berkendara ke arah selatan.

Soal tiket masuknya, kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup menyediakan budget sekitar Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu ya), kamu sudah bisa merasakan hawa sejuk khas kebun teh.

Well, itu dia ulasan singkat tentang Agrowisata Pagilaran yang belakangan ini sedang hype. Jangan sampai melewatkan destinasi di Batang ini atau wisata di Jawa Tengah yang lainnya ya!