Menikmati Kecantikan Goa Giri Putri, Pura di Bali yang Letaknya Tersembunyi

24 February 2019, at 09:00
0
0
Menikmati Kecantikan Goa Giri Putri, Pura di Bali yang Letaknya Tersembunyi

Pariwisata Bali seolah nggak pernah berhenti menawarkan pesonanya. Mulai dari wisata alam, buatan, budaya, sejarah hingga religi pun ada di Pulau Dewata.

Salah satu yang menjadi daya tarik para wisatan, baik dari dalam maupun luar negeri adalah pura di Bali. Seperti diketahui, di wilayah sebelah timur Pulau Jawa ini memang banyak berdiri bangunan suci umat Hindu tersebut.

Bahkan ada satu tempat yang unik dan menarik para traveler, yakni Pura Goa Giri Putri. Ini merupakan tempat sembahyang sekaligus objek wisata yang berada di dalam gua.

Baca juga: Ada Wisata Gua di Bali yang Unik nih, Sudah Mampir?

Gimana, sudah mulai terbayang seperti apa keeksotisan tempat ini? Biar nggak cuma mengkhayal, lebih baik simak dulu deh info Qupas di bawah ini. Pasti kamu nggak akan menyesal.

1. Pura di Bali yang Terletak di Dalam Gua

pura goa giri putri
instagram.com/skyfrost

Pura Goa Giri Putri letaknya di dalam gua. Ternyata bukan tanpa alasan mengapa keberadaannya di dalam liang bawah tanah. Ada cerita bersejarah yang menyelimuti tempat wisata di Bali ini.

Menurut cerita seperti dilansir dari kintamani.id, Goa Giri Putri diprediksi ada sejak zaman Neolitikum. Pada masa ini, disebut bahwa manusia hidup tanpa norma, peraturan bahkan perasaan.

Mereka selalu hidup dalam ancaman dari manusia lain. Hukum rimba juga berlaku di zaman ini, sehingga gua menjadi tempat berlindung demi menyelamatkan nyawa dan keluarga.

Seiring berkembangnya zaman, tempat ini kian besar dan luas. Pura pun digunakan sebagai lokasi meditasi dan memiliki fungsi spiritual.

wisata di bali pura goa giri putri
instagram.com/globalmovementc.prod

Tepat pada tahun 1990, pura di Bali ini ditemukan. Sejak ditemukan sampai sekarang, bangunan suci ini dibuka untuk umum.

Lalu kenapa namanya adalah "Giri Putri"? Ternyata ada beberapa alasan kenapa sebutan ini diberikan pada gua terbesar di Pulau Nusa Penida tersebut.

Seperti kata Giri yang berarti bukit dan Putri yang memiliki makna wanita. Pemberian nama ini juga berkaitan dengan gua suci sebagai penujaan Dewa Siwa, dimana manifestasi dewi yang memiliki sifa melindungi, merawat dan mencintai manusia.

2. Sarana Ibadah Sekaligus Objek Wisata di Bali

pura dalam gua di bali
instagram.com/goweekendtrip

Jangankan digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Pura Goa Giri Putri juga menjadi objek wisata di Bali yang cukup populer.

Di dalam gua ada area utama yang digunakan sebagai kawasan sembahyang. Selain itu, kamu juga akan menemukan beberapa hal menarik di dalamnya, seperti:

  • Saluran air
  • Stalagmit
  • Kelelawar
  • Ular
  • Air Suci

pura di bali
instagram.com/koo.o_

Satu hal lagi yang menarik dari gua ini adalah terdapatnya sumber mata air alami. Keberadaannya pun dipercaya dapat menyembuhkan penyakit oleh umat Hindu.

Gimana, tertarik untuk berkunjung ke pura di dalam gua yang cantik ini? Saat berkunjung tepat di hari raya umat Hindu, kamu juga bisa menyaksikan upacara Galungan dan Kuningan, lho.

Baca juga: Wow! Ada Pantai di Bali dengan Kolam Alami di Atas Tebing, Berani Coba?

3. Aturan yang Harus Ditaati di Goa Giri Putri

goa giri putri
instagram.com/veeholliday

Setiap tempat suci di Bali pasti memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh para pengunjungnya. Pun demikian dengan pura Goa Giri Putri.

Ada beberapa aturan yang jangan sampai kamu langgar, seperti larangan masuk bagi wanita yang sedang datang bulan.

pura di bali dalam gua
instagram.com/heatherlerickson

Selain itu, para pengunjung juga wajib mengenakan sarung dan selendang ketika memasuki tempat suci ini.

Sebagai traveler sejati, lebih baik kamu patuhi peraturan yang ada di sini, ya! Semua tentu demi kebaikan bersama.

4. Lokasi dan Tiket Masuk Goa Giri Putri

lokasi goa giri putri
instagram.com/gianmariacolangeli

Lokasi Goa Giri Putri berada di Dusun Karangsari, Desa Pakraman Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Sesampainya di lokasi, kamu masih harus memasuki gua yang memiliki jalur sangat kecil. Meski terasa susah untuk dimasuki, namun kamu bisa melaluinya tanpa hambatan kok.

Setelah melalui jalan masuk yang cukup sempit, kamu masih harus melewati puluhan anak tangga untuk penuju tempat persembahyangan utama.

lokasi pura goa giri putri
instagram.com/olesyapavelko

Sepanjang perjalanan di anak tangga, kamu akan melihat patung dua naga yang membuat tempat ini terkesan megah.

Tapi tetap hati-hati saat melintasi anak tangga di dalam gua ini. Sebab permukaannya licin.

Soal harga tiket masuk Goa Giri Putri, kamu cukup menyediakan budget senilai Rp10.000,00 saja. Tapi ingat, tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Nah, setelah mengetahui info dan fakta dari tempat suci sekaligus wisata di Bali ini, yakin nggak pengen mampir? Warga mancanegara saja sudah menyempatkan datang. Masa kamu kalah?

0 Comment