Menikmati Keindahan Pantai Pemuteran, Wisata Bali yang Terkenal dengan Kuil Bawah Lautnya

20 May 2019, at 04:00
1
0
Menikmati Keindahan Pantai Pemuteran, Wisata Bali yang Terkenal dengan Kuil Bawah Lautnya

Pantai di Bali memang sudah terkenal dengan kecantikannya. Seperti Pantai Pemuteran yang bukan cuma terlihat eksotis saat dilihat dari daratan. Wilayah bawah lautnya pun nggak kalah menarik.

Selain bisa menyaksikan sunrise yang epik, di pantai ini kamu pun bisa melihat beragam jenis biota laut dengan cara menyelam. Satu lagi yang menarik. Destinasi di Bali ini juga menyuguhkan biorock.

Nah, buat kamu yang penasaran apa itu biorock serta keistimewaan lain dari Pantai di Buleleng ini, langsung simak uraian berikut, ya!

Baca juga: Mulai dari Pantai Sampai Spot Selfie Kekinian Ada di Buleleng, Lho!

1. Wisata pantai buat pecinta ketenangan

pantai pemuteran
instagram.com/tolli4sek

Nggak seperti pantai di Bali yang lain, kawasan pesisir Pemuteran justru tenang dan sepi. Riuhnya orang jualan, bangunan modern seperti hotel jarang ada di sini.

Dilansir dari Kompas, sekitar 12 hotel saja yang didirikan di sekitar pantai pada tahun 2016. Sisanya adalah homestay. Orang-orang jualan pun dibatasi oleh peraturan adat.

2. Pantai yang asyik untuk lihat sunrise

sunrise pantai pemuteran
instagram.com/febby_andarini

Ada banyak spot untuk melihat sunrise di Bali. Salah satunya adalah Pantai Pemuteran.

Nggak kalah dari wilayah pantai di Pulau Dewata yang lain, di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang dramatis.

3. Kuil bawah laut di Pantai Pemuteran

taman dewa buleleng
buletindewata.com

Salah satu yang menarik dari Pantai Pemuteran ini adalah keberadaan kuil bawah laut. Bahkan ternyata cagar budaya tersebut sengaja ditenggelamkan oleh sejumlah pecinta lingkungan sekitar tahun 2000-an. Tujuannya untuk upaya konservasi terumbuh karang bawah laut.

Di wilayah ini, penyelam akan mudah menemukan bangunan kuil lengkap dengan patung-patung seperti patung Buddha maupun patung Ganesha.

Meski baru dibuat sekitar tahun 2000-an, patung-patung di bawah laut tersebut sudah seperti artefak yang usianya ratusan bahkan ribuan tahun, lho.

4. Teknik biorock di Pantai Pemuteran

biorock pemuteran
zubludiving.com

Di Pantai Pemuteran, teknik biorock digunakan untuk menciptakan kuil bawah laut yang selanjutnya menjadi tempat nyaman bagi terumbu karang, ikan-ikan, biota laut lainnya. Bahkan cara ini sudah dilakukan selama belasan tahun dan sampai sekarang sudah berhasil dengan sempurna.

Dengan teknik biorock, kerangka besi sengaja ditenggelamkan ke dasar laut dan selanjutnya dialiri listrik sebesar 6 sampai 10 volt. Listrik tersebut juga terus mengalir sampai terumbu karang tumbuh dewasa.

Ternyata teknik ini bisa mempercepat pertumbuhan terumbu karang 2 ssampai 6 kali lebih cepat daripada cara konvensional, lho.

Baca juga: Masih Sepi! Pantai di Bali Ini Punya Pemandangan Seperti Hawaii

5. Cara ke Pantai Pemuteran

pantai pemuteran singaraja
instagram.com/melaniejanssenx

Lokasi Pantai Pemuteran ada di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Dari Kota Singaraja, jaraknya sekitara 55 kilometer dengan waktu tempuh selama kurang lebih 1 jam 22 menit.

Kamu dari luar Bali? Pantai di Bali ini malah lebih dekat saat ditempuh dari Pelabuhan Gilimanuk, yaitu sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh sekira 38 menitan.

6. Penginapan di sekitar Pantai Pemuteran

taman sari bali resort
instagram.com/tamansaribali

Ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Pantai Pemuteran? Kamu bisa pilih akomodasi di dekat kawasan pesisir ini. Tarif per malamnya lumayan terjangkau, yaitu mulai dari Rp500.000,00.

Salah satu penginapan yang bisa kamu pilih adalah Taman Sari Bali Resort & Spa. Hotel bintang 3 ini menyediakan fasilitas kolam renang outdoor dan dari sini, kamu cuma perlu waktu 12 menit jalan kaki untuk bisa sampai ke Pantai Pemuteran. Tarif per malamnya mulai dari Rp598.000,00.

taman sari bali
instagram.com/tamansaribali

Ada pula model vila yang ada di tepian pantai. Jarak dari pantai sekitar 10 meter. Nah, buat kamu yang punya budget terbatas, bisa pilih akomodasi jenis homestay alias rumah penduduk.

Itulah uraian singkat soal Pantai Pemuteran yang ada di Kabupaten Buleleng. Bukan cuma menikmati pemandangan pesisir dari daratan, kamu juga bisa melihat keindahan kuil bawah laut. Menariknya lagi, tiket masuk di pantai Bali ini gratis lho!

0 Comment