Qupas Travel

Menikmati Kesunyian Curug Malela, Kembaran Niagara di Bandung Barat yang Memesona

22 October 2019, at 05:00
Menikmati Kesunyian Curug Malela, Kembaran Niagara di Bandung Barat yang Memesona

Bicara soal pariwisata Bandung memang nggak ada habisnya. Semua memang memesona, nggak terkecuali Curug Malela.

Wisata di Bandung Barat ini sering disebut-sebut mirip salah satu destinasi di Amerika, yaitu Air Terjun Niagara. Hmm, kenapa disebut seperti itu ya?

Nah, buat kamu yang penasaran dengan air terjun di Bandung ini, coba deh simak ulasan Qupas di bawah ini. Semua tentang Curug Malela dijamin bakal menghipnotipsmu untuk segera liburan ke sana deh!

1. Si 'Little Niagara' yang memikat

curug malela gununghalu
instagram.com/adoelsohib

Curug di Bandung ini juga dijuluki sebagai 'Little Niagara'. Memang nggak sama 100 persen sih. Hanya saja, baik Curug Malela maupun Air Terjun Niagara, kedunya melebar, bukan menjulang tinggi. Seperti diketahui, Curug Malela ini memang melebar sekira 50 meter dengan ketinggian 60 sampai 70 meter.

Menariknya lagi, wisata di Bandung Barat ini ternyata punya rangkaian bertingkat sepanjang 1 kilometer lho. Dimana Curug Malela letaknya paling atas dari 6 air terjun lainnya, yaitu:

  • Curug Katumiri
  • Curug Manglid
  • Curug Ngeubul
  • Curug Sumpel
  • Curug Palisir
  • Curug Pamengpeuk

2. Wisata Bandung buat para petualang sejati

curug malela bandung barat
instagram.com/nanafahreziaa

Destinasi ini bisa dibilang cocok buat para petualang sejati. Perjalanan dari Bandung menuju ke curug ini bakal melewati wilayah Perkebunan Teh Montaya. Dari pusat kota, lama perjalanan sekira 3 jam lebih dengan kondisi akses yang cukup ekstrem. Dimana harus naik turun bukit dengan jalan yang berlubang.

Masuk wilayah perkebunan, mulai banyak rumah yang menyediakan jasa penitipan mobil. Dari sini, kamu bisa pakai jasa ojek dengan lama perjalanan sekira 45 menitan. Biaya jasa ini kurang lebih Rp75 ribu. Wajar sih tarifnya mahal, karena medan yang bakal ditempuh sangat ekstrem.

Baca juga: Sederet Wisata Gratis di Bandung yang Bikin Liburanmu Super Ngirit, Mampir Yuk!

Tiba di Pos Malela, perjuanganmu masih belum berakhir. Dari sini, kamu masih harus jalan kaki sekira 1 jam. Aksesnya cukup berisiko meski tetap menawarkan pemandangan cantik. Jadi harus berhati-hati ya, terlebih saat hujan tiba karena jalan bakal licin.

3. Kesunyian Curug Malela yang penuh misteri

curug malela
instagram.com/naddzif

Curug Malela cenderung masih sepi. Mungkin masih nggak banyak wisatawan yang tahu soal miniatur Niagara di Bandung Barat ini.

Di balik keindahan dan kesunyiannya, konon curug ini menyimpan cerita misteri. Katanya, ada makhluk halus yang sering meminta tumbal di Curug Malela.

Selain itu, ada juga cerita yang menyebut kalau dulu di sini ada seorang kakek yang menguasai Curug Malela. Bahkan konon ia sering menampakkan diri di area wisata ini. Hii, serem!

4. Wisata di Bandung Barat yang kian bersolek

renovasi curug malela
instagram.com/khadafidean__

Dulu memang kamu cuma bisa menikmati aliran air dan panorama alamnya saja saat mampir ke Curug Malela. Tapi kini tempat wisata di Bandung ini kian bersolek sejak September lalu.

Penataan di wisata air terjun Curug Malela ini mencakup pembangunan plasa berbentuk lingkaran, selter sebanyak 8 unit, akses pedestrian, anjungan selfi, taman, toilet, hingga jembatan sepanjang 3 meter.

5. Lokasi dan tiket masuk Curug Malela

air terjun malela
instagram.com/sendalswalllow

Lokasi Curug Malela berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Rute yang bisa kamu ambil untuk menuju wisata ini jika dari Bandung adalah melalui jalur alternatif Cimahi-Cililin-Sendang Kerta-Bunijaya-wilayah Perkebunan Teh Montaya.

Nah, kalau soal tiket masuk, kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam kok. Cukup sediakan saja tarif sebesar Rp5 ribu.

Gimana, tertarik liburan ke Curug Malela? Buat kamu yang doyan bertualang dan selfie, coba saja liburan ke air terjun di Bandung Barat ini!