Menikmati Suasana Magis Aan Secret Waterfall, Wisata Bali yang Pesonanya Nggak Pernah Habis

11 June 2019, at 08:00
0
0
Menikmati Suasana Magis Aan Secret Waterfall, Wisata Bali yang Pesonanya Nggak Pernah Habis

Dulu mungkin kebanyakan orang berpikir kalau Bali cuma punya pantai-pantai yang cantik. Tapi seiring berjalannya waktu, banyak wisata baru di Bali yang mulai bermunculan. Salah satunya adalah Aan Secret Waterfall.

Air terjun di Bali ini pasti masih asing buat para traveler. Wajar saja, soalnya memang Aan Secret Waterfall baru saja ditemukan.

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja yang disuguhkan air terjun di kawasan Klungkung ini, lanjut baca info dari Qupas ya!

Baca juga: 4 Wisata Sejarah di Klungkung Ini Siap Bikin Liburanmu Bermakna

1. Wisata baru di Klungkung

aan secret waterfall klungkung
instagram.com/putra_ariwibawa

Adalah I Nyoman Kariasa atau biasa disebut Pak Dira yang menemukan keberadaan air terjun cantik di Bali ini. Kemudian pada 15 Mei 2018, ia dan empat orang lainnya nekat turun ke tebing curam setinggi 40 meter untuk menelusuri suara gemericik yang sering terdengar dari rumah Pak Dira.

Setelah tiga bulan berlalu, akhirnya air terjun di Klungkung ini mulai dikunjungi wisatawan. Selain itu, grand opening juga dilakukan pada 10 sampai 16 Desember 2018 lalu.

2. Wisata Bali untuk pecinta ketenangan

aan secret waterfall
instagram.com/edi.andhika

Aan Secret Waterfall dulu cuma kawasan yang diabaikan. Bahkan banyak warga setempat yang membuang sampah rumah tangga, sisa-sisa upacara, sampai bangkai hewan di sini.

Setelah dibenahi secara swadaya oleh warga sekitar, tempat wisata di Klungkung ini mulai dikunjungi wisatawan, yaitu sekitar 100 orang per harinya. Suasana tenang, asri, dan masih alami mungkin adalah alasan utama kenapa mereka datang ke wisata air terjun ini.

Baca juga: Pantai di Klungkung Ini Cantik, Bahkan Ada Tempat Berendam di Atas Tebing Lho!

3. Suasana magis di Air Terjun Aan

lokasi aan secret waterfall
instagram.com/parroodlestudiosphotography

Tapi di balik keindahannya, Aan Secret Waterfall konon menyimpan aura magis. Menurut penuturan warga sekitar, dulu area ini bukan cuma dijadikan tempat pembuangan sampah rumah tangga.

Bahkan kawasan yang dulu disebut sebagai Ulun Pangkung ini juga masih mencakup daerah pekuburan dan tempat kremasi bagi sebagian masyarakat Desa Aan, lho.

Nggak sampai di situ. Warga juga mengatakan bahwa di foto-foto yang mereka ambil sering terpampang penampakan batu-batu mirip binatang, seperti macan tidur, buaya tidur, dan lainnya.

aan secret waterfall bali
instagram.com/pancadh

Diceritakan pula kalau di area air terjun yang tersembunyi di balik tebing ini sering terdengar orang ramai, seperti aktivitas di pasar. Konon terkadang juga ada kepulan asap layaknya orang memasak.

Entah benar atau nggak, semua itu nggak bakal mengganggu aktivitas liburan di Aan Secret Waterfall. Apalagi keindahan alam sekitar air terjun di Bali ini bisa dibilang ampuh mengusir rasa takut akan cerita-cerita mistis tersebut.

4. Cara ke Aan Secret Waterfall

air terjun secret
instagram.com/jefri.yunikson

Lokasi Aan Secret Waterfall ada di Desa Aan, Banjarangkan. Dari pusat Kota Klungkung, jaraknya cuma sekitar 6,2 kilometer dengan estimasi waktu 13 menit berkendara.

Saat opening beberapa bulan lalu, pengelola menyebar kupon seharga Rp15.000,00 per lembar. Dengan tarif ini, pengunjung bukan cuma bisa menikmati panorama air terjun. Kuliner tradisional seperti laklak, teh, atau kopi juga bisa dicicipi.

warung secret
instagram.com/aanswf

Kalau soal retribusi, sementara ini belum dikenai tiket masuk. Cukup membayar donasi seikhlasnya, kamu sudah bisa liburan di Air Terjun Aan. Mampir di Warung Secret pun juga asyik, apalagi setelah puas menikmati panorama air terjun.

Sejatinya, Aan Secret Waterfall memang terbilang baru. Tapi tempat wisata di Bali ini nggak kalah cantik dan mungkin bakal jadi calon destinasi favoritnya para traveler. Jadi, kapan nih kamu mampir?

0 Comment