Qupas Travel

Menikmati Suasana Pedesaan di Kampoeng Djawi Jombang, Damainya Sampai ke Hati!

28 March 2020, at 05:00
Menikmati Suasana Pedesaan di Kampoeng Djawi Jombang, Damainya Sampai ke Hati!

Jombang mungkin dikenal sebagai Kota Santri, karena saking banyaknya sekolah pendidikan Islam. Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja yang menarik dari kabupaten ini.

Meski nggak sebanyak Malang, 'tetangga' Mojokerto ini juga memiliki sejumlah wisata yang menarik. Kampoeng Djawi adalah salah satu contohnya.

Nah, buat kamu yang sudah mulai penasaran tentang destinasi satu ini, simak deh ulasan Qupas berikut ini! Siapa tahu bisa jadi referensi tempat liburan saat wabah corona mereda nanti.

1. Wisata Jombang bernuansa Jawa tempo dulu

Kampoeng Djawi Wonosalam (Foto: instagram.com/wandha19)
instagram.com/wandha19

Seperti namanya, berada di wisata Jombang ini rasanya seperti melihat Jawa tempo dulu. Arsitekturnya yang 'kejawen' akan kamu temukan mulai dari pintu masuk hingga memasuki berbagai tempat serta fasilitasnya.

Dengan adanya wisata sekaligus penginapan ini, menjadi salah satu cara untuk melestarikan arsitektur dan budaya Jawa, khususnya di Jawa Timur.

2. Destinasi lengkap di Jombang

Kolam Renang Kampoeng Djawi (Foto: instagram.com/azharkhuluq)
instagram.com/azharkhuluq

Kampoeng Djawi bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata di Jombang yang lengkap. Berada di sini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan menarik.

Misalnya saja seperti kolam renang yang masih dihiasi dengan ornamen Jawa. Latar belakang berupa pemandangan hamparan sawah dan hutan juga siap memanjakan matamu.

Paintball Kampoeng Djawi (Foto: instagram.com/kampoengdjawi)
instagram.com/kampoengdjawi

Suka tantangan? Di destinasi juga disediakan wahana outdoor seperti flying fox, arung jeram, mountain bike, motor cross high rop, hingga paintball gun yang akan membuat nyalimu tertantang.

Baca juga: Menyusuri Kedung Cinet, Sungai yang Dikelilingi Tebing Berukir di Jombang

3. Menginap di Kampoeng Djawi

Kampoeng Djawi (Foto: instagram.com/gregoricha.cahaya)
instagram.com/gregoricha.cahaya

Selain menikmati segudang kegiatan seru, kamu juga bisa bermalam di penginapan khas Jawa yang berada di ketinggian sekitar 750 mdpl ini.

Untuk menginap, kamu bisa memilih beberapa paket yang disediakan dan sudah meliputi ruang tidur, makan, kolam renang, hingga fasilitas lainnya. Tarifnya cukup hemat, yaitu mulai Rp330 ribuan.

Beda lagi untuk yang nggak menginap. Kamu cuma perlu menyediakan budget senilai Rp50 ribu. Tarif ini sudah termasuk fasilitas kolam renang, lho.

4. Kulineran di Kampoeng Djawi

Kuliner Kampoeng Djawi (Foto: instagram.com/kampoengdjawi)
instagram.com/kampoengdjawi

Jangankan menginap di akomodasi dengan desain Jawa tempo dulu. Di penginapan yang terletak di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam ini, kamu bisa menikmati kuliner khas ndeso.

Menu yang dimaksud seperti urap-urap, bothok, sayur asem, ikan asin, tumis pepaya, sayur lodeh, hingga tumis kangkung. Selain enak, makanan-makanan tersebut tentunya murah meriah.

Wah, Kampoeng Djawi ternyata lengkap juga ya? Setelah pandemi Covid-19 ini berakhir, kamu bisa berkunjung dan puas nyebur di kolam renang tempat wisata Jombang ini.